Pencarian populer

5 Tips Agar Terhindar dari Pencurian saat Traveling

Ilustrasi perempuan membawa tas Foto: Dok. Pixabay
Saat traveling, hendaknya kamu selalu waspada menjaga barang-barang berhargamu. Kalau tidak, bisa saja kamu menjadi korban pencurian seperti yang dialami oleh turis asal Thailand berikut ini.
ADVERTISEMENT
Video
Ya, video itu memperlihatkan dua orang turis Thailand yang mengalami pencurian saat sedang traveling di London. Dalam video tersebut, turis bernama Nina Spencer dan Toi McGurran ini dicopet oleh tiga orang pencuri.
Pencurian ini berhasil terekam oleh kamera miliknya sendiri ketika mereka sedang berjalan melalui Cambridge Circus menuju Palace Theatre. Akibat kejadian tersebut, salah seorang turis yang bernama Toi harus kehilangan uang sekitar 400 Poundsterling atau Rp 7 juta dan kartu kreditnya.
Dilansir berbagai sumber, berikut kumparan berikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari pencurian saat traveling.
  1. Taruh Barang Berharga di Bagian Depan
Ilustrasi tas traveler Foto: Shutter Stock
Jangan pernah menaruh dompet atau barang-barang berhargamu di saku bagian belakang. Karena, bagian ini merupakan tempat yang tidak terjangkau oleh penglihatanmu.
ADVERTISEMENT
Jika kamu berpergian dengan menggunakan tas selempang ataupun backpack. Usahakan menggunakan tas dengan model ritsleting, hal ini memberikan keamanan yang lebih ketimbang tas yang tidak mengggunakan ritsleting.
2. Simpan Barang Berhargamu di Tempat Rahasia
Ilustrasi barang bawaan dalam koper Foto: Shutter Stock
Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyembunyikan barang-barang berharga di tempat rahasia yang tidak mudah ditemukan.
Sebaiknya kamu juga tidak menyatukan barang-barang berhargamu di dalam satu tas yang sama. Hal ini tentunya juga bisa meminimalisir kerugian yang kamu alami jika memang nasib buruk terjadi.
3. Menghindari Pengalihan
Ilustrasi Wisatawan Asing Foto: Shutter Stock
Para pencuri akan menggunakan seribu cara untuk bisa mengambil barang-barang berhargamu. Sehingga tak jarang, para pencuri akan bekerja sama saat melancarkan aksinya terhadap para korbannya.
Hal yang paling sering terjadi adalah biasanya para pencuri menggunakan umpan ataupun pengalihan untuk membuat korbannya lengah.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, biasakan untuk mengamankan tas dan barang berharga setiap kali terjadi sesuatu hal yang tak terduga. Sebisa mungkin kamu juga jangan pernah meninggalkan barang berhargamu di tempat terbuka.
4. Mempersiapkan Hal Terburuk
Ilustrasi merapikan barang ke dalam koper Foto: Shutter Stock
Sebelum pergi dari hotel atau tempat penginapan. Kamu sebaiknya bersiap-siap untuk hal-hal terburuk yang bisa saja terjadi.
Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan kerugian saat terjadi hal yang tak diinginkan seperti pencopetan. Misalnya dengan membuat salinan dokumen-dokumen penting seperti paspor, tiket kereta api, resep dokter, dan lainnya.
Kamu bisa memfoto atau me-scan dokumen-dokumen tersebut dan menyimpannya di layanan penyimpanan secara online seperti Google Drive dan sebagainnya.
Untuk barang-barang berharga seperti alat-alat elektronik, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengasuransikan barang-barang tersebut.
ADVERTISEMENT
5. Menggunakan Perlindungan Tambahan
Gembok Travel Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan barang-barang antimaling. Misalnya dengan menggunakan money belt atau kantong serba guna untuk menyimpan barang-barang berharga.
Kamu juga bisa menggunakan gembok tambahan atau cable lock bag yang dikaitkan di ritsleting tas yang kamu gunakan. Dengan begitu, pencuri akan kesulitan untuk membongkar tasmu hingga akhirnya kamu menyadarinya.
Be safe!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86