kumparan
7 Feb 2018 12:05 WIB

Infografik: 6 Fakta Unik Islandia

Fakta unik Islandia (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)
Pernahkah kamu merasa terganggu dengan nyamuk atau sering digigit nyamuk? kumparan yakin hampir seluruh masyarakat Indonesia pernah merasakan gangguan ini.
ADVERTISEMENT
Sebagai negara tropis, Indonesia memang dikelilingi oleh hutan yang memungkinkan banyaknya gangguan nyamuk yang datang. Namun, tahukah kamu bahwa ada juga negara yang bebas nyamuk?
Beberapa negara yang memiliki suhu ekstrem memungkinkan terbebas dari gangguan nyamuk. Salah satunya adalah Islandia.
Islandia dikenal sebagai Land of Fire and Ice, karena negara ini punya banyak gunung api dan gletser. Sebut saja Blue Lagoon, sebuah pemandian air panas yang berasal dari panas bumi dan dikelilingi hamparan salju.
Tak hanya dihiasi dengan pemandangan salju yang indah, Islandia juga memiliki perdana menteri perempuan pertama Jóhanna Sigurdardóttir, pada tahun 2009.
Yang unik lagi dari negara ini, sebuah lembaga bernama deCODE Genetics dan University of Iceland’s School of Engineering and Natural Sciences, menantang mahasiswa di Islandia untuk membuat aplikasi berbasis genetika yang dapat mencegah terjadinya pernikahan sedarah.
ADVERTISEMENT
Aplikasi ini dinamakan IslendingaApp, yang merupakan versi aplikasi ponsel pintar dari web yang bernama Íslendingabók atau yang diartikan sebagai 'The Book of Icelanders'.
Selain fakta-fakta tersebut, Islandia juga masih banyak menyimpan fakta lainnya yang unik dan menarik. Apa saja? Simak infografik berikut.
Fakta unik Islandia (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan