kumparan
1 Mei 2018 9:01 WIB

7 Daerah Wisata Favorit Wisatawan Mancanegara di Indonesia

Biota laut di Raja Ampat (Foto: Instagram @grantthomasphotography)
Indonesia saat ini menjadi salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan. Setiap tahunnya, wisatawan dari berbagai negara datang ke Indonesia untuk menikmati kekayaan alam dan budaya Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Tak hanya sekadar menikmati alam dan budayanya, banyak wisatawan asing yang jatuh cinta dengan Indonesia karena keramahan masyarakatnya. Hal ini jugalah yang membuat jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya.
Lalu sebenarnya, daerah mana saja di Indonesia yang jadi favorit wisatawan asing untuk berlibur? Berikut ulasannya:
1. Bali
Danau Tamblingan, Bali (Foto: Flickr @alex hanoko)
Bukan hanya menjadi tujuan favorit turis mancanegara, Bali juga menjadi tujuan favorit turis domestik. Keindahan pulau dan pantainya menjadikan Bali sebagai salah satu pulau yang paling sering dikunjungi di Asia Tenggara. Bukan hanya itu, Bali juga menjadi tujuan favorit untuk bulan madu di Asia.
Beragam tradisi dan budaya Hindu yang berpadu dengan keramahan penduduk, serta pengemasan pariwisata oleh pemerintah Bali menjadikan turis betah di Pulau Dewata ini. Belum lagi indahnya pantai dengan air laut biru, kemudahan akomodasi dan transportasi, Kuta yang 'tak pernah tidur', atau ombak bagi pencinta surfing adalah alasan Bali menjadi tujuan wisata Indonesia yang paling terkenal.
ADVERTISEMENT
2. Sumatera
Danau Singkarak, Sumatera Barat (Foto: Flickr/Sugiri)
Pulau terbesar ketiga di Indonesia ini merupakan salah satu tujuan favorit turis mancanegara karena keindahannya. Mulai dari Sabang yang terkenal karena keindahan bawah laut dan kulinernya, hingga danau vulkanik terbesar di Sumatera Utara yaitu Danau Toba.
Beragam budaya yang hidup berdampingan di pulau ini menjadikan Sumatera sebagai pulau dengan kekayaan alam dan budaya. Sumatera juga menjadi pulau, selain Kalimantan, yang memberikan kamu kesempatan untuk menjelajah hutan tropis dan menemukan orangutan liar langsung di habitatnya.
3. Lombok
Sawah di Bukit Pergasingan, Lombok. (Foto: Instagram @ekiwidiyan)
Birunya air laut yang menggugah, keindahan bawah laut, dan kehadiran Gunung Rinjani menjadikan Lombok memiliki berbagai atraksi menarik untuk dikunjungi. Ditambah lagi lokasinya yang dekat dengan Bali, serta pulaunya yang masih asri membuat Lombok menjadi salah satu destinasi wisata favorit turis.
ADVERTISEMENT
Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, dan berbagai pulau kecil di sekitarnya membuat Lombok semakin mempesona. Belum lagi ombaknya yang tinggi, sangat cocok bagi pecinta ombak yang ingin surfing di pantai yang indah, namun tidak terlalu ramai.
4. Yogyakarta
Candi di Yogyakarta (Foto: Booking.com)
Lengkap. Kata tersebut dianggap mampu mewakili Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pantai, gunung, air terjun, danau, kuliner, kota yang modern, hingga budaya ada di tempat ini.
Berkunjung ke keraton, menyusuri gua bawah tanah, menyambangi Goa Pindul, surfing di pantai Wediombo, hingga mendaki gunung api purba Nglanggeran bisa dilakukan di Yogya. Selain itu, kotanya yang asri, teratur, dan bersih juga membuat Yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit turis mancanegara.
ADVERTISEMENT
5. Nusa Tenggara Timur
Wisatawan di Pantai Walakiri (Foto: Flickr/Zulfikar Aleksandri)
Pulau yang menjadi tempat tinggal komodo ini menjadi favorit turis, karena masih sangat alami. Belum banyaknya pembangunan, alam yang masih perawan, dan keindahan eksotisme khas Indonesia Timur menjadi andalan provinsi ini.
Selain Taman Nasional Komodo, para turis juga akan dipuaskan lewat pemandangan eksotisme Pulau Padar. Selain itu, berenang bersama ikan Pari Manta di Labuan Bajo, menikmati bawah laut Pulau Alor, dan danau tiga warna di Gunung Kelimutu adalah deretan aktivitas yang pastinya akan memanjakan turis dunia.
6. Toraja
Ritual Suku Toraja (Foto: REUTERS/Darren Whiteside)
Budaya dari suku asli yang berada di Tana Toraja memang mampu mengundang rasa penasaran wisatawan asing. Berbagai bentuk upacara adat, seperti Rambu Solo, Ma'nene, hingga penguburan bayi di Pohon Tarra adalah contoh budaya masyarakat Toraja yang masih terjaga hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Keunikan budaya asli ini juga yang mengantarkan Tana Toraja menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Tidak heran lagi kan, kenapa Tana Toraja layak menjadi tempat wisata favorit turis dunia?
7. Kepulauan Raja Ampat
Pulau Raja Ampat (Foto: Instgram @explore.raja.ampat)
Meski membutuhkan biaya yang besar, berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat menjadi tujuan favorit turis mancanegara yang hobi menyelam. Keragaman biota lautnya yang indah, pemukiman yang masih asri, eksotisme hutan tropis, dan keramahan penduduk aslinya membuat turis mancanegara merasakan pengalaman yang berbeda, dibandingkan dengan berkunjung ke kota-kota yang sudah mendapat sentuhan metropolis.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·