Pencarian populer

7 Objek Wisata Bekas Lokasi Penambangan yang Miliki Pemandangan Indah

Danau Kaolin di Belitung. (Foto: Instagram @coemyarie)

Beberapa tahun terakhir lokasi penambangan kerap menjadi objek wisata baru bagi masyarakat. Alasannya, karena bekas lokasi penambangan dianggap mempunyai lanskap yang Instagramable.

Batu-batu berwarna coklat yang menjulang tinggi hingga danau yang terbentuk karena aktivitas penambangan selama bertahun-tahun menghasilkan pemandangan yang sedap di padang mata. Apa lagi di Indonesia sendiri banyak memiliki lokasi penambanagan yang sudah tak aktif maupun yang masih aktif.

Seperti tujuh lokasi penambangan berikut, yang menjadi objek wisata yang banyak digandrungi wisatan. Penasaran? Berikut ulasannya:

1. Bukit Jamur

Keindahan Bukit Jamur (Foto: Flickr / August Mushtofa)

Yang pertama ada Bukit Jamur, bekas lahan galian penambangan kapur ini berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Jawa Timur. Bukit jamur memiliki pemandangan tak biasa. Jika biasanya wisatawan di suguhkan dengan tebing-tebing berwarna coklat, di sini wisatawan akan disuguhkan tebing berbentuk jamur.

Bagian atasnya berbentuk seperti payung jamur yang menjadi atapnya dan bawahnya berukuran lebih kecil layaknya batang. Faktor alam lah yang menyebabkan tanah di Bukit Jamur bentuknya menyerupai jamur. Pemandangan bukit-bukit berwarna coklat dengan tinggi mencapai 7 meter ini akan membuat decak kagum wisatawan yang datang.

2. Tebing Breksi

Tebing Breksi (Foto: Flickr / mikirookie)

Selanjutnya ada Tebing Breksi yang berlokasi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Tebing Breksi berasal dari endapan gunung api purba yang usianya sudah ratusan tahun.

Tebing Breksi menjadi salah satu objek wisata yang ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun asing. Karena di beberapa spot tebing itu dipahat berbagai bentuk, misalnya wayang yang dipahat oleh seniman lokal.

Bahkan, keindahan Tebing Breksi tak jarang dijadikan sebagai lokasi prewedding. Selain itu, dari atas tebing, wisatawan yang datang juga bisa menikmati view Candi Prambanan, Candi Baron dengan background Gunung Merapi yang menambah keindahan.

3. Danau Quarry

Loading Instagram...

Ketiga ada Danau Quarry yang tercipta akibat sisa galian di Kampung Nanggaherang, Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeng, Kabupaten Bogor. Danau dengan air berwarna hijau toska itu akan menyambut wisatawan yang datang.

Pemandangan danau ini semakin indah karena di kelilingi tebing yang tinggi. Tentunya Danau Quarry membuat banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahannya atau sekadar melepas penat sesaat.

4. Brown Canyon

Brown Canyon kala sore hari. (Foto: Flickr/heribertusdeddy)

Kali ini berasal dari daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, ada sebuah proyek galian C yang usianya sudah lebih dari 10 tahun. Kini lokasi tersebut menjadi objek wisata yang tak kalah ramai dari objek wisata lain di Semarang.

Deretan bukit dan palung terbentuk dari penggalian dataran tinggi, yang akhirnya membentuk cekungan dan bukit-bukit cantik yang menjulang tinggi. Bahkan keindahnnya semakin bertambah berkat pohon yang tumbuh di bagian atas bukit-bukti itu.

5. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih. (Foto: Flickr/Bagus Herlambang)

Selain Brown Canyon, ada pula Bukit Jaddih yang berada di Bangkalan, Madura. Pesonanya tak kalah cantik, namun wisatawan yang datang belum terlalu banyak. Jalanan rusak hingga pungutan liar menjadi alasan masyarakat belum banyak yang menyambanginya.

Bukit Jaddih adalah bukit kapur yang berada di penambangan kapur. Beberapa tahun terakhir namanya melambung lantaran banyak wisatawan yang datang untuk berfoto dan mengunggahnya ke media sosial.

Sisa-sisa bekas penambangan kapur itu membentuk pemandangan yang indah, seperti gua, pahatan, atau ukiran yang unik. Selain itu ada juga sebuah kolam dengan air berwarna hijau yang ikut menghuni Bukit Jaddih.

6. Lubang Tambang Mbah Suro

Bekas lubang penambangan Mbah Suro (Foto: Flickr / Nita Sellya)

Lubang bekas penambangan batu bara ini berada di Tangsi Baru, Kelurahan Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawah Lunto. Lubang tambang ini menjadi saksi bisu betapa sadisnya penjajah terhadap kaum primbumi kala itu.

Namun, kini lubang bekas penamabangakan itu dijadikan sebuah objek wisata. Wisatawan yang masuk ke lokasi ini akan disambut dengan minimnya penerangan. Di tiap dinding lorong jika turis menyentuhnya masih ada kilapan hitam legam bekas batu bara dengan kualitas terbaik nomor tiga di dunia.

7. Danau Kaolin

Danau Kaolin di Belitung. (Foto: Instagram @aaronnhlo)

Terakhir ada Danau Kaolin yang kecantikannya sudah tak perlu diragukan lagi. Danau yang berada di Belitung ini terbentuk dari ceruk besar bekas penggalian kaolin.

Danau Kaolin yang berada di Desa Air Raya Tanjungpandan, Kubungan ini memiliki daya tarik dengan airnya yang berwarna biru muda dan dikelilingi daratan berwarna putih. Pemandangan unik ini yang menarik wisatawan untuk menyaksikan secara langsung indahnya Danau Kaolin.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20