Pencarian populer

7 Tips Memilih Hostel yang Tepat saat Traveling

Tips hostel. (Foto: Thinkstock)

Selain mencari tiket, penginapan menjadi hal selanjutnya yang perlu dipikirkan ketika ingin traveling ke suatu daerah atau negara. Lamanya waktu yang dihabiskan saat traveling menuntut setiap orang untuk mencari penginapan yang tepat, termasuk juga jarak penginapan dari pusat kota.

Namun, terkadang bujet yang disediakan menuntut seseorang mencari penginapan yang tepat, dan tentunya strategis. Jika sudah begini, hostel merupakan pilihan tepat untuk tempat bermalam ketika traveling ke daerah atau negara lain.

Selain harga yang murah, menginap di hostel memberi keuntungan karena memungkinkan kamu untuk berkenalan dengan traveler dari negara lain. Untuk itu, kumparanTravel merangkum tujuh tips memilih hostel agar perjalanan liburan kamu semakin menyenangkan:

1. Lokasi Hostel

Ilustrasi peta. (Foto: Thinkstock)

Pilih hostel yang berlokasi dekat dengan tujuan berlibur kamu, sehingga kamu bisa hemat biaya saat melakukan traveling. Atau setidaknya cari hostel yang memiliki akses dekat dengan transportasi umum.

Akan lebih baik lagi apabila kamu mendapat hostel yang terletak di tengah kota, sehingga dekat dengan minimarket, laundry, atau pasar tradisional. Selain menghemat, kamu bisa belajar dan melihat kebiasaan masyarakat di kota tersebut.

2. Loker

Ilustrasi loker. (Foto: Flickr/Agustín García)

Pilihlah hostel yang menyediakan loker di setiap kamar yang mereka sediakan. Hal ini bisa meminimalisir kemungkinan barang kamu hilang atau dicuri.

Setidaknya untuk menyimpan peralatan atau perlengkapan pribadi seperti peralatan mandi, perlengkapan make up, atau pakaian. Tidak mau kesulitan karena ada barang-barang yang hilang, bukan?

3. Koneksi Internet atau WiFi

Ilustrasi Internet. (Foto: FirmBee via Pixabay)

Hostel yang menawarkan WiFi atau koneksi internet akan memudahkan kamu dalam melakukan traveling. Misalnya ketika ingin berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga yang berada di rumah, mencari informasi tentang tempat yang kamu tuju, hingga mengupload momen terbaik yang kamu dapatkan selama traveling ke media sosial.

Biasanya hostel yang menawarkan WiFi akan memberikan harga yang lebih mahal. Kamu bisa membandingkannya terlebih dahulu dengan opsi yang lain, seperti membeli kartu provider di tempat tujuan atau menyewa WiFi yang banyak tersedia di bandara.

4. Sarapan

Ilustrasi menu sarapan. (Foto: Thinkstock)

Hostel yang menawarkan sarapan patut kamu pertimbangkan. Pasalnya, selain menghemat waktu dan tenaga, sarapan yang disediakan oleh hostel juga dapat menghemat uang 'jajan' kamu ketika traveling. Sarapan di hostel juga memungkinkan kamu untuk makan makanan khas daerah tempat yang dituju, sekaligus melihat kebiasaan masyarakat di daerah tersebut.

5. Handuk

Handuk (Foto: Pixabay)

Handuk memang menjadi salah satu item penting, karena berkaitan dengan kenyamanan dan kebersihan tubuh. Untuk perjalanan yang memakan waktu lama biasanya kita akan membawa handuk pribadi.

Cari tahu apakah hostel yang ingin dituju menyediakan handuk secara gratis bagi pengunjung atau harus disewa, dan jika mereka menyediakan penyewaan handuk, ketahui prosedur dan biayanya. Ini akan sangat membantu jika kamu traveling dalam waktu singkat dan tidak ingin membawa barang dalam jumlah banyak agar tidak berat.

6. Jam Operasional Hostel

Ilustrasi jam. (Foto: Flickr/Werner Thorenz Fotografie)

Ketika mencari hostel yang tepat, cari tahu jam operasional dari hostel tersebut. Terkadang penerbangan yang ditunda atau terlambat bisa membuat kamu terlambat tiba di kota tujuan.

Pastikan juga memiliki kontak hostel yang sudah kamu booking, agar mudah melakukan konfirmasi, sehingga kamu tetap mendapatkan kamar menginap seperti yang sudah direncanakan sebelumnya.

7. Kebijakan Pembatalan Reservasi

Resepsionis. (Foto: Thinkstock)

Ketika membuat rencana perjalanan, bukan tidak mungkin kamu melakukan perubahan rencana karena berbagai alasan. Menemukan hostel yang memiliki kebijakan pembatalan reservasi yang fleksibel membuat kamu mudah untuk mengatur perjalanan ketika ada perubahan baik menjelang atau saat traveling.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57