Pencarian populer

Alasan Tempat Duduk di Pesawat Terkadang Berbeda dengan saat Booking

Penumpang pesawat. (Foto: Thinkstock @kasto80)

Saat bepergian dengan pesawat, apakah kamu tipe penumpang yang senang dengan kursi menghadap jendela? Atau kamu senang duduk di bagian gang pesawat? Beberapa penumpang ada yang senang dengan tempat duduk tertentu hingga terkadang mereka mau membayar harga khusus untuk kursi yang mereka inginkan.

Sayangnya, meski kadang sudah membayar dengan harga tertentu, tempat duduk tersebut bisa saja berubah karena perubahan yang dilakukan oleh maskapai.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah perubahan armada pesawat yang akan digunakan. Ketika maskapai mengubah pesawat untuk perjalanan, maka layout dari kabin penumpang juga akan turut berubah. Hal ini termasuk juga dengan susunan tempat duduk penumpang.

Ilustrasi Kabin Pesawat (Foto: Pixabay)

Dilansir Travel and Leisure, terkadang perubahan susunan ini dilakukan untuk mengakomodir keinginan penumpang yang membawa keluarga untuk berada di tempat yang berdekatan. Alhasil, bisa saja ada ruang lebih di kelas premium ekonomi atau bangku yang digunakan dalam pesawat tersebut memiliki ruang lebih untuk mengistirahatkan kaki.

Ketika membeli tiket pesawat, secara tidak langsung kamu juga menyetujui ketentuan bahwa maskapai dapat mengubah berbagai aspek, tanpa pemberitahuan.

Misalnya, kemungkinan terjadinya perubahan armada yang beroperasi karena keterlambatan atau pembatalan penerbangan, dan perubahan susunan tempat duduk. Perubahan lainnya juga dapat berupa mengubah atau menghilangkan tempat-tempat transit yang telah tertera dalam tiket.

Ilustrasi kursi pesawat. (Foto: Thinkstock)

Meski begitu, maskapai penerbangan pada umumnya tetap akan memastikan konsumennya dapat duduk di kursi yang mereka inginkan ataupun sesuai bentuk produk yang dibayarkan. Sehingga, jika kamu ternyata menemukan perubahan atau perbedaan tempat duduk saat akan 'terbang', kamu dapat menghubungi pihak layanan konsumen untuk mengklaim tempat dudukmu kembali.

Yang terpenting adalah kamu masih menyimpan bukti pembayaran tersebut dan mengecek secara rutin informasi penerbangan hingga tiba saatnya lepas landas.

Jika menemukan perubahan, kamu dapat meghubungi layanan konsumen, dan mereka akan membantu kamu. Mereka juga bahkan akan mau menawarkan kompensasi yang sesuai dengan masalah yang telah kamu dapatkan, asalkan kamu datang dengan membawa bukti dan berlaku sopan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53