Pencarian populer

Begini Ketentuan Menyimpan Barang dalam Kabin Pesawat

Ilustrasi menyimpan barang dalam kabin pesawat (Foto: Shutter Stock)
Pesawat menjadi salah satu moda transportasi yang dijadikan prioritas saat hendak berlibur ke tempat jauh. Waktu tempuh yang singkat meskipun bepergian dengan jarak yang jauh menjadi alasan utama mengapa banyak masyarakat menggunakan pesawat.
ADVERTISEMENT
Tak hanya waktu tempuh yang singkat, saat menggunakan pesawat kamu juga dapat membawa barang bawaan dalam jumlah banyak dan besar. Hal ini karena pesawat memberikan ruang penyimpanan seperti kabin dan bagasi bagi penumpang.
Untuk penyimpanan dalam bagasi, setiap maskapai biasanya memberikan ketentuan spesifik dan berbeda. Misalnya saja batas maksimal massa bagasi Citilink sebesar 20 kilogram untuk penerbangan dalam negeri kelas ekonomi, sedangkan NAM Air hanya memberikan batas maksimal 10 kilogram.
com-Bagasi Tambahan (Foto: AirAsia)
Sedangkan untuk kabin, Transportation Security Administration (TSA) menetapkan bahwa setiap penumpang diperbolehkan membawa satu koper dan satu tas kecil atau ransel. Transportation Security Administration adalah badan yang mengatur keamanan sistem transportasi yang berpusat di U.S. Department of Homeland Security.
ADVERTISEMENT
Umumnya batas maksimal barang bawaan yang diperbolehkan hanya sekitar tujuh kilogram, dengan ukuran koper mulai 18 hingga 20 inch. Sedangkan batas massa maksimal tas ransel adalah 40 liter.
Ketentuan ini dibenarkan oleh pihak Angkasa Pura dalam cuitan di akun media sosial Twitternya.
Meski begitu, tidak semua maskapai penerbangan memberikan ketentuan yang sama, karena tergantung pada kebijakan masing-masing maskapai.
Bagi kamu yang sering melakukan pemesanan secara online, ketentuan terkait batas massa maksimal kabin dan bagasi bisa didapatkan di dalam detail informasi tiket.
Ilustrasi informasi penerbangan (Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana)
Jika kamu tidak menemukan informasi spesifik terkait batas massa maksimal barang bawaan, lebih baik menyesuaikan dengan ketentuan secara umum. Agar tidak overload dan harus membayar biaya tambahan saat diperiksa oleh petugas check-in serta aviation security ketika uji kelayakan barang bawaan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80