Pencarian populer

Beppu Beach Sand Bath, Sensasi Berendam Pasir di Pinggir Pantai Jepang

Deretan tamu yang menguburkan tubuh di Beppu Beach Foto: Flickr/Thilo Hilberer

Aktivitas menarik yang patut dicoba saat berada di Jepang adalah berendam air panas atau yang lebih dikenal sebagai onsen. Berendam dalam air panas dengan kandungan mineral ini menjadi salah satu tradisi lokal yang jadi daya tarik wisata Jepang.

Menariknya, di Jepang, ternyata bukan hanya air saja, lho, yang dijadikan media untuk merendam manusia sebagai cara relaksasi, tapi juga pasir. Ya, di Kota Beppu, Prefektur Oita, terdapat sebuah cara relaksasi unik yang dikenal sebagai sand bath.

Takegawara Spa, rumah pemandian yang paling populer di Beppu yang dibangun pada 1879 silam. Foto: Shutter Stock

Konon, Beppu bahkan menjadi rumah bagi lebih dari 3000 onsen di Jepang. Tak heran, Beppu juga kerap dijuluki sebagai ibu kota pemandian air panas.

Dengan reputasinya sebagai kota penyedia onsen terbanyak di Jepang dan aktivitas vulkanik di kotanya, pasir pantai Beppu nyatanya juga memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Di Beppu Beach Sand Bath misalnya, kamu bisa menikmati sensasi berendam dalam pasir hangat di pinggir pantai sambil menikmati lanskap laut dan langit yang indah.

Pengunjung akan dikubur dengan pasir di Beppu Beach, Jepang Foto: Shutter Stock

Selama 15 menit, kamu akan diberikan kesempatan untuk menenangkan otot-otot tubuh yang tegang karena terlalu lelah bekerja. Caranya, tubuh kamu akan 'dikubur' di dalam lubang pasir vulkanik yang hangat.

Berbeda dengan onsen pada umumnya, sebelum dikubur dalam pasir, kamu akan disuruh untuk mengganti pakaianmu dengan pakaian khusus. Kemudian staf akan memandu kamu menuju tempat pembaringan, yang telah dilengkapi dengan bantal kayu.

Lebih dari sebagian tubuh pengunjung akan dikubur menggunakan pasir berwarna hitam di Beppu Beach Foto: Shutter Stock

Staf kemudian akan menutupi tubuhmu dengan pasir sedikit demi sedikit menggunakan cangkul. Ia kemudian akan melanjutkannya hingga ke bagian leher menggunakan tangan dan hanya meninggalkan wajahmu saja.

Sepanjang 15 menit, kamu akan menikmati sensasi hangat panas bumi melalui pasir yang ditimbun ke seluruh tubuhmu. Setelah selesai berendam dalam pasir, kamu akan diajak untuk membersihkan diri dan menikmati hangatnya onsen, sebelum mengakhiri 'pamperingmu'. Seru, kan

Sand bath atau berendam dengan menggunakan pasir bukanlah hal baru bagi penduduk Jepang. Sama seperti onsen, sand bath juga sudah menjadi tradisi yang dilakukan penduduk setempat secara turun-temurun untuk mengobati beragam penyakit di tubuh dengan memanfaatkan kekuatan alam. Tradisi sand bath bahkan dipercaya sudah ada sebelum Perang Dunia II tercetus.

Para perempuan berpakaian kimono menguburkan tubuh di dalam pasir pantai Beppu Foto: Flickr/born1945

Sand bath di Beppu, Jepang, dipercaya bisa mengeluarkan racun dalam tubuh, mengurangi kekakuan otot dan persendian, mengobati bahu kaku, memar, keseleo, memperbaiki fungsi pencernaan, asma atau emfisema ringan, nyeri wasir, ketidakseimbangan saraf otonon, diabetes, meringankan depresi, menyembuhkan luka, hingga menyeimbangkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mendapatkan layanan unik dan menarik tersebut, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 1000 Yen atau setara dengan Rp 128 ribu per orangnya, kamu akan mendapatkan fasilitas berupa bak untuk berendam, sandbath, sabun mandi, sampo, kondisioner, handuk, hair cap, loker, dan pengering rambut.

Tertarik untuk merasakan sensasi berendam pasir hangat di ibu kota onsen Jepang ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: