Pencarian populer
Berlibur ke Pulau Bangka, Jangan Lupa Kunjungi 5 Tempat Wisata Ini
26 September 2018 12:34 WIB
0
0
Danau Kaolin di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung (Foto: Shutter Stock)
Pulau Bangka adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Sumatera dan termasuk ke dalam wilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kebanyakan orang berpikiran bahwa Bangka itu sama dengan Belitung atau Belitung sama dengan Bangka, padahal kedua pulau tersebut memiliki tempat wisata yang berbeda walau berada dalam satu provinsi yang sama.
Berikut ini adalah 5 tempat wisata yang ada di Pulau Bangka.
1. Danau Kaolin Air Bara
Danau Kaolin Air Bara atau yang juga dikenal Danau Camoi Aek Biru merupakan danau bekas galian tambang kaolin yang berada di Desa Nibung, Bangka Tengah. Danau ini memiliki dua warna air danau yaitu warna biru dan hijau yang semakin menambah cantiknya danau tersebut. Pasir putih yang indah di sekitar danau semakin menambah keindahan danau tersebut. Apalagi kamu juga dapat mengabadikan momenmu dengan latar belakang danau dengan dua warna air yang indah. Jika kamu ingin merasakan suasana yang berbeda, kamu dapat mengunjungi danau tersebut ketika senja sembari melihat indahnya matahari tenggelam.
2. Batu Belimbing
Batu yang sangat unik ini berada di Bangka Barat. Mengapa batu ini dinamakan Batu Belimbing oleh masyarakat sekitar, karena batu ini bentuknya mirip dengan buah belimbing. Batu ini tercipta karena adanya fenomena alam yang terjadi. Bentuk motif garis-garis pada bebatuan tersebut disebabkan karena adanya pengikisan oleh air hujan yang telah terjadi sejak ratusan tahun lalu. Kehadiran batu ini dapat dilihat di dua tempat yaitu di Toboali Bangka Selatan dan Parit Tiga Bangka Barat. Dengan pemandangan tersebut, kamu dapat mengabadikan momen-momenmu di sana dengan latar belakang pemandangan batu yang indah dan anti-mainstream.
3. Pantai Penyusuk
Pantai Penyusuk adalah salah satu pantai cantik yang ada di Kecamatan Belinyu. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Bangka, pantai ini masih sangat alami. Pantai yang berada di bagian utara Pulau Bangka, menjadikan pantai ini sangat cocok untuk dijadikan spot berburu sunset. Pasirnya yang indah ditambah deburan ombak di pantai tersebut akan membuatmu ingin berlama-lama di sana. Selain menikmati deburan ombak dan dapat bermain pasir di pantai, kamu juga dapat berfoto di padang ilalang sekitar pantai yang instagramable.
4. Wisata Bukit Merah atau Red Hill
Red Hill atau Bukit Merah yang ada di Bangka ini bentuknya mirip dengan Grand Canyon namun dalam ukuran yang lebih kecil. Bukit yang berwarna kemerahan ini juga merupakan bekas peninggalan tambang timah. Red Hill merupakan tebing yang mengelilingi Danau Ampar. Karena keunikannya, bukit ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan.
5. Museum Timah Muntok
Berkunjung ke Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung kurang lengkap rasanya bila belum mengunjungi Museum Timah Indonesia Muntok. Museum ini merefleksikan sejarah Kota Muntok yang tak lepas dari pertambangan timah. Bangunan museum yang memiliki arsitektur khas Eropa ini dibuat pada masa zaman kolonial Belanda. Museum ini seolah menjadi saksi bisu perjalanan tambang timah di Bangka Belitung. Oleh karena itu, museum ini dapat menjadi alternatif wisata di Bangka karena selain dapat berwisata di tempat ini, kamu juga dapat belajar mengenai sejarah pertambangan timah di sana.
Bagaimana, apakah kamu tertarik ingin berkunjung ke sana?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: