kumparan
2 Mei 2018 7:34 WIB

Caño Cristales, Sungai Pelangi nan Indah di Kolombia

Sungai Cano Cristales di kolombia (Foto: Youtube/ Prepare For Travel)
Sungai biasanya identik dengan aliran air berwarna jernih, hingga coklat, bahkan hitam. Semakin keruh warnanya, maka air sungai semakin tidak baik karena tercemar dan tercampur limbah. Apalagi jika sudah mengeluarkan bau tak sedap, maka sungai itu jelas sudah tidak baik.
ADVERTISEMENT
Namun, sungai yang identik dengan warna jernih atau coklat tak berlaku jika berkunjung ke Kolombia. Sebab, warna air di sungai yang berada di Taman Nasional Serranía de la Macarena ini berwarna-warni dan menjadi salah satu sungai yang indah.
Taman Nasional Serranía de la Macarena sendiri merupakan kawasan yang dilindungi dengan luas mencapai 6.200 kilometer.
Tanaman yang ada di Sungai Caño Cristales (Foto: Wikimedia Commons)
Adalah sungai Caño Cristales, sungai dengan panjang 100 kilometer dan lebar 20 meter yang memiliki lima warna. Dikenal juga sebagai Liquid Rainbow, sungai ini memiliki aneka macam warna, karena dihuni oleh spesies tanaman bernama Podostemaceae atau Macarenia Clavigera.
Tanaman inilah yang menghasilkan warna merah, kuning, hijau hingga oranye. Apalagi air di sungai Caño Cristales begitu jernih, semakin membuat warna-warna yang dihasilkan dari tanaman terlihat sangat jelas.
Wisatawan di Caño Cristales (Foto: Wikimedia Commons)
Meskipun cantik dan unik, sungai ini tak bisa dinikmati sepanjang tahun dan tak bisa dinikmati secara bebas. Sungai Caño Cristales hanya bisa diakses pada bulan Juni hingga November, tepatnya saat peralihan musim hujan ke musim kemarau. Dan, selain bulan itu, sungai ini nampak seperti sungai pada umumnya.
ADVERTISEMENT
Tentunya hal ini dilakukan untuk menjaga keindahan sungai lima warna. Bahkan, pemerintah hanya mengizinkan turis yang masuk harus menggunakan tur. Dan setiap harinya hanya 180 hingga 200 orang saja yang bisa memasukinya.
Sungai dengan tanaman berwarna merah (Foto: Wikimedia Commons)
Jika ingin melihat kecantikan sungai Caño Cristale, datanglah mulai 1 juni mendatang. Sungai Caño Cristales bisa didatangi melalui La Macarena atau Villavicencio.
Air Sungai berwarna merah dan kuning (Foto: Wikimedia Commons)
La Macarena adalah kota yang berada di luar Taman Nasional yang dilengkapi berbagai restoran dan hotel. Selanjutnya untuk mencapai Sungai Caño Cristales harus berjalan kakai atau menunggang kuda.
Dan jangan lupa siapkan baju renang, sebab kamu bisa berenang di beberapa titik. Tapi ingat, jangan menggunakan tabir surya atau lotion apa pun karena dikhawatirkan akan mencemari air.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·