Pencarian populer

Chand Baori, Sumur Cantik di India yang Dihiasi 3.500 Tangga

Chand Baori. (Foto: Dok. AirAsia X)

Taj Mahal, Hawa Mahal, Amer Fort, Makam Humayum, hingga Benteng Agra adalah sedikit dari banyakanya keindahan bangunan yang terdapat di India. Namun selain itu, masih banyak bangunan indah yang bertebaran di negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia itu.

Salah satunya ada sebuah sumur yang memiliki pesona indah, bernama Chand Baori. Sumur itu berada di Desa Abhaneri, di timur Rajasthan, India. Sumur ini sangat terkenal di India, namun namanya meroket bukan karena memiliki air yang bisa menyembuhkan penyakit atau adanya cerita mistis yang melekat.

Namun, sumur Chand Baori memiliki penampilan yang sangat indah. Saking indahnya, saat menilik pertama kali mungkin tak ada yang menyangka jika bangunan ini sebenarnya adalah sebuah sumur.

Jika di Indonesia bentuk sumur bulat dan menjorok ke dalam, serta saat mengambil air diperlukan sebuah ember yang dipadangi tali, berbeda dengan sumur ini. Justru, sumur Chand Baori memiliki anak tangga untuk bisa sampai ke dasarnya.

Chand Baori. (Foto: Dok. AirAsia X)

Sumur Chand Baori dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9 pada masa Dinasi Nikumbha, atas perintah dari King Chanda. Dahulu, sumur ini berfungsi sebagai cadangan air dan untuk menyediakan pasokan air sepanjang tahun. Kala itu, sumur Chand Baori sangat berarti karena berfungsi sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar.

Namun, lambat laun sumur ini sudah tak digunakan lagi, lantaran masyarakat sudah mengetahui sistem pengairan yang lebih modern. Walau sudah ditinggalkan, pesona keindahannya tak pernah pudar.

Justru karena indah dan cantik, sumur Chad Baori banyak didatangi wisatawan yang penasaran. Bahkan, setiap sudut sumur selalu menarik wisatawan untuk membidik kameranya.

Turis yang datang juga bisa masuk ke dalam sumur, namun demi keamanan 4 undakan terbawah di tutupi pagar yang mengelilinginya. Sumur ini memiliki dinding berupa anak tangga yang membentuk segitiga yang disebut bawdi atau baori.

Chand Baori. (Foto: Dok. AirAsia X)

Ada 3.500 anak tangga yang diatur dalam sebuah simetri hingga kebagian dasar sumur sedalam 20 meter. Total ada 13 undakan hingga kebagian dasar sumur yang harus wisatawan lewati jika ingin mencapai dasar sumur.

Sumur Chad Baori juga digadang-gadanag sebagai sumur terindah dan terbesar di dunia. Usianya juga sudah lebih dari seribu tahun. Meskipun sudah sangat tua, namun pesona indahnya tak pernah pudar.

Bahkan, keindahan sumur Chad Baori menginspirasi sutradara Christopher Nolan untuk mengabadikan dalam film Dark Knight Rises.

Tertarik memasukkan sumur Chand Baori ke dalam destinasi liburanmu selanjutnya?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23