Pencarian populer

Citilink Buka Rute Semarang-Surabaya untuk Dukung Wisata Dalam Negeri

Pesawat Citilink (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Citilink Indonesia, maskapai bintang empat versi Skytrax membuka rute penerbangan baru Semarang-Surabaya. Mulai 15 Mei 2018, konsumen dapat melakukan reservasi pada rute penerbangan ini. Rute baru ini diluncurkan untuk menghubungkan dua kota yang dianggap memiliki potensi wisata yang besar.

Menurut data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini selama 2017 dapat mencapai 24 juta orang. Sedangkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Semarang dalam satu tahun bisa mencapai angka 5,65 juta wisatawan.

Ketika ditemui kumparanTRAVEL (kumparan.com) di Surabaya, Senin (14/5), Andy Adrian, Direktur Niaga Citilink Indonesia menuturkan bahwa baik Semarang maupun Surabaya memiliki tujuan wisata dengan keunikannya masing-masing.

Seragam Baru Citilink (Foto: Ageng Wibowo/Citilink)

"Citilink Indonesia connecting the dots antara Semarang dengan Surabaya. Tempat wisata seperti Masjid Cheng Ho di Surabaya dan Klenteng Sam Po Kong di Semarang jadi keunikan tersendiri. Hal ini memberikan peran strategis dalam pengembangan pariwisata," tutur Andy.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo menuturkan rute penerbangan Semarang-Surabaya diharapkan kelak dapat menjadi titik connecting flight bagi penumpang yang ingin menuju Indonesia Timur.

"Kita harapkan nantinya bisa connect ke Makassar dan Jayapura. Tetapi kalau untuk sebaliknya, enggak, karena sampai di Semarang sudah penerbangan terakhir," katanya.

Ia juga berharap adanya rute ini menjadi awal untuk membuka rute baru. "Semoga rute ini memberi hasil traffic yang baik, sehingga kita bisa menambah rute yang lain," tutur Juliandra.

Rute Semarang-Surabaya akan menjadi salah satu rute penerbangan reguler maskapai LCC berbintang empat versi Skytrax ini. Menggunakan pesawat Airbus A320, penerbangan Semarang-Surabaya dapat diisi hingga 180 penumpang dalam satu kali perjalanan.

Penerbangan dengan kode QG 807 ini dijadwalkan berangkat pada pukul 18.45 WIB dari Semarang dan sampai di Surabaya pada pukul 20.00 WIB. Sedangkan untuk penerbangan dari Surabaya dengan kode QG 806 akan berangkat pada pukul 20.20 dan tiba di Semarang pada 21.30 WIB.

Seragam Pramugari Hijab Citilink. (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)

Dengan adanya penambahan rute ini, diharapkan Citilink Indonesia dapat membantu program pemerintah untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing sebanyak 120 juta orang hingga tahun 2019.

Selain itu, untuk menyambut bulan suci Ramadan, maskapai Citilink Indonesia juga tengah menyiapkan penambahan intensitas penerbangan. Penambahan jadwal penerbangan ini mencapai 86.400 seat atau sebanyak 480 flight mulai tanggal 8 hingga 20 Juni 2018.

Penambahan ini dilakukan untuk mengatasi lonjakan penumpang pada rute-rute yang dianggap memiliki traffic yang baik. Misalnya Jakarta-Solo, Jakarta-Semarang, Jakarta-Yogyakarta, dan Jakarta-Denpasar.

Selain menambah jumlah flight pada penerbangan yang berangkat dari Jakarta, Citilink juga menambah jadwal penerbangan dari luar Jakarta, yaitu pada rute penerbangan Yogyakarta-Medan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32