Pencarian populer

Danau Open Pit, Surga Terpendam di Belitung Timur

Open Pit, Belitung Timur. (Foto: Instagram @zulfikrishiba)

Belitung memang memiliki kekayaan tambang yang tersebar diberbagai tempat. Walau ada yang sudah tak aktif, namun sisa kekayaannya masih bisa dinikmati lewat bekas penggaliannya.

Tak hanya Danau Kaolin saja yang menyisakan keindahan, untuk menemukan sensasi berbeda dan pesona yang tak kalah cantik, cobalah tengok Belitung Timur. Di sana kamu akan menemukan area bekas penambangan bernama Open Pit.

Loading Instagram...

Di kawasan Open Pit ada sebuah danau yang menjadi daya tarik tersendiri. Memiliki kedalaman 30-50 meter, kabarnya semakin dalam danau, warna airnya pun akan berubah menjadi biru.

"Semakin dalam (danaunya), airnya akan semakin biru," ujar salah seorang petugas yang ada di booth Belitung, dalam acara Gebyar Wisata dan Budaya Nusatara, ketika ditemui kumparanTRAVEL beberapa waktu lalu.

Loading Instagram...

Meskipun warna air di Open Pit terlihat menyegarkan, sayangnya pengunjung tidak bisa menggunakannya untuk berenang. Kamu juga tidak disarankan untuk melihat danau dengan jarak yang lebih dekat.

"Sangat tidak dianjurkan untuk berenang, karena ada senyawa kimia yang kita belum tahu dan efeknya apa," ujar Ilwan, Staff Promosi Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam kesempatan yang sama.

Loading Instagram...

Ilwan juga menuturkan bahwa alasan agar pengunjung tidak mendekati danau, karena tanah yang berada di sekelilingnya masih sangat lembut seperti es krim. Selain itu, dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Danau Open Pit sendiri dikelilingi bukit batuan cadas. Hal inilah yang semakin menambah keindahan bukit tersebut. Apalagi bebatuan itu dilengkapi dengan pepohonan dan rumput yang tumbuh subur.

Loading Instagram...

Open Pit bukanlah wisata baru di Belitung, namun perlu diakui namanya belum setenar tempat wisata yang lain. Maka dari itu, pemerintah setempat tengah berupaya untuk menggenjot Open Pit agar namanya kian melambung.

Sayangnya di sisi lain, Open Pit belum memiliki fasilitas yang memadai. Maka, wajar saja jika danau ini belum banyak dikunjungi wisatawa, seperti objek wisata lainnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: