Pencarian populer

Dengan Bujet Rp 1 Juta, Bisa Liburan ke Mana Saja dari Jakarta?

Traveling Ramah Kantong (Foto: Dok: Shutterstock)

Sebagai warga Indonesia, rasanya kita perlu bersyukur sesekali. Terutama bagi kalian yang sangat suka traveling.

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk terbang ke luar negeri. Indonesia punya semuanya.

Hanya dengan bujet Rp 1 juta, kamu bisa berwisata budaya, plesiran ke barisan pantai selatan, bahkan menginap di sebuah resort di pulau pribadi. Tentunya jika tidak terikat waktu, kamu bisa mengeksplorasi destinasi wisata dalam negeri dengan bujet terhemat.

Enggak percaya? Berikut tujuh destinasi yang bisa kamu tuju dengan bujet Rp 1 juta jika berangkat dari Jakarta:

1. Yogyakarta

Malioboro. (Foto: Flickr/heri fadli)

Rasanya Rp 1 juta cukup banyak jika tujuannya Yogyakarta. Untuk transportasi paling murah, kamu bisa naik kereta ekonomi Bengawan seharga Rp 74 ribu sekali jalan atau Rp 148 ribu pulang pergi. Perjalanan membutuhkan sembilan jam, sehingga pastikan kamu membawa bantal leher untuk membantumu sedikit nyaman.

Tugu Jogja (Foto: CEphoto, Uwe Aranas via Wikimedia Commons)

Dengan sisa uang yang ada, kamu bisa menginap di hostel dengan tarif di bawah Rp 100 ribu di kawasan Malioboro, seperti Setia Backpacker atau Pesona Artha Hostel.

Jika kamu menginap selama 3 malam, kamu masih punya Rp 552 ribu untuk belanja oleh-oleh di Pasar Beringharjo, makan kenyang di Raminten, dan menyewa motor untuk menyusuri pantai-pantai selatan di Gunung Kidul.

2. Surabaya

Jembatan Suramadu, Surabaya (Foto: Flickr / Ginanjar Munggaran)

Siapa sangka dengan Rp 300 ribu kamu bisa pulang pergi Jakarta-Surabaya? Ya, jawabannya adalah dengan naik kereta Kertajaya.

Kamu memang butuh badan prima untuk itu. Sebab, selama 12 jam kamu akan duduk tegak dengan ruang gerak yang terbatas di kursi kereta tersebut.

Suroboyo Carnival Park. (Foto: Dok. Suroboyo Carnival Park )

Namun, kamu masih punya Rp 700 ribu untuk menikmati gemerlap Kota Pahlawan. Kamu bisa menginap di hostel dengan tarif di bawah Rp 150 ribu, seperti Livinn Hostel atu Tab Capsule Hotel. Sisanya bisa kamu gunakan untuk masuk ke Suroboyo Carnival Park, makan ditemani langit senja di Surabaya North Quay, dan menyeberangi jembatan Suramadu.

3. Pulau Pahawang, Lampung

Pulau Pahawang Lampung (Foto: instagram/@tour_pahawang)

Ya, Pulau Pahawang adalah salah satu destinasi populer bagi traveler Jakarta. Banyak operatur tur yang membuka trip ke sana dengan harga terjangkau.

Mulai dari Rp 650 ribu, kamu akan dibawa ke pulau Pahawang Kecil dan Besar, Kelagian Kecil dan Besar, dan sejumlah snorkeling spot selama 3 hari 2 malam. Harga itu sudah termasuk penginapan dan makan. Praktis, bukan?

Kamu bisa pakai sisa Rp 350 ribu untuk beli oleh-oleh dan jajan.

4. Pulau Tunda, Banten

Pemandangan bawah laut Pulau Tunda, Banten (Foto: Instagram @mypermatawisata)

Banten punya spot snorkeling yang sayang untuk dilewatkan, yakni di sekitar Pulau Tunda. Mencapai pulau ini dari Jakarta juga bisa dibilang murah dan mudah.

Jika kamu memilih ikut open trip yang praktis, kamu hanya butuh mengeluarkan Rp 350 ribu untuk perjalanan dua hari satu malam. Biaya itu sudah termasuk homestay, makan 3 kali, peralatan snorkeling dan transportasi dari Terminal Pakupatan Serang. Nah, untuk menuju terminal itu, kamu bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan dengan tarif mulai Rp 28 ribu.

5. Banyuwangi

Banyuwangi. (Foto: Charles Brouwson/kumparan)

Banyuwangi makin naik daun sebagai destinasi wisata unggulan. Sudah ada penerbangan langsung ke sana, tapi sekali jalan kamu butuh mulai Rp 800 ribu.

Cara paling murah adalah dengan naik kereta. Karena tidak ada kereta langsung Jakarta-Banyuwangi, kamu perlu berpindah kereta.

Kawah Ijen. (Foto: Instagram @samsull_bahrii__)

Dari Stasiun Pasar Senen, naiklah kereta Bengawan menuju Stasiun Lempuyangan. Tiketnya Rp 74 ribu dan butuh 8,5 jam perjalanan. Lalu lanjut naik kereta Sri Tanjung menuju Stasiun Banyuwangi Baru seharga Rp 94 ribu. Siapkan punggungmu karena butuh 14 jam untuk sampai.

Dengan begitu, kamu hanya butuh Rp 298 ribu untuk pulang pergi Jakarta-Banyuwangi. Sisanya bisa kamu gunakan untuk ikut open trip ke Kawah Ijen Rp 200 ribu atau snorkeling di Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan Rp 275 ribu.

6. Pulau Ayer, Kepulauan Seribu

Pulau Ayer. (Foto: Instagram @emharis)

Ingin weekend getaway tapi tidak mau capek? Kamu bisa mempertimbangkan Pulau Ayer sebagai destinasi staycation. Ya, pulau ini telah dikelola pihak swasta yang membangun cottage dan floating cottage.

Kamu bisa mengajak temanmu untuk memilih paket 2 hari satu malam di Pulau Ayer yang dibanderol mulai Rp 859 ribu per orang. Harga itu sudah termasuk jemputan speedboat dari Marina Ancol, menginap semalam di cottage, dan tiga kali makan.

7. Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Sukabumi

Kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. (Foto: Muhammad Lutfan Darmawan/kumparan)

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu telah diresmikan sebagai UNESCO Global Geopark pada April 2018 lalu. Yakin tidak penasaran seberapa keren spot itu?

Nah mengeksplorasi geopark tersebut bisa dilakukan dengan bujet Rp 1 juta, lho!

Salah satu caranya adalah dengan ikut open trip dari Jakarta yang biasanya dihargai Rp 850 ribu. Selama 2 hari 2 malam, kamu akan menjelajahi Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Teluk Ciletuh, dan lain-lain. Sisanya bisa untuk beli oleh-oleh.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60