kumparan
21 Mar 2019 11:04 WIB

Di Finlandia Kamu Bisa Sewa Penduduk Lokal untuk Belajar Tips Bahagia

Sunset musim panas Finlandia di jam 3 pagi Foto: visitfinland.com
Finlandia diberi predikat sebagai negara terbahagia di dunia. Mengalahkan 155 negara, Finlandia selama dua tahun berturut-turut menjuarai kategori World Happiness Report, yaitu sebuah survei tentang kebahagiaan yang dilakukan oleh PBB.
ADVERTISEMENT
Nah, tahun ini, ada yang menarik dari Finlandia. Pasalnya, negara Nordik yang satu ini hendak membagikan 'resep' kebahagiaannya pada dunia luar melalui sebuah program 'Rent a Finn'.
Katedral di Finlandia jelang sunset Foto: Flickr/Giuseppe Milo
Program 'Rent a Finn' adalah program yang diinisiasi oleh pemerintah setempat yang memungkinkan kamu untuk bertemu dengan warga lokal, menghabiskan waktu bersama, dan belajar rahasia kebahagian yang otentik dari penduduk setempat.
Bagaimana mereka hidup menyatu dengan alam, hanya berbicara seperlunya, menikmati sauna khas di Finlandia, memetik buah beri, dan berenang di air es. Harapannya, agar kamu yang mengikuti program ini bisa turut merasa bahagia, sehingga 'tertular' gaya hidup mereka yang santai dan dekat dengan alam.
Tradisi sauna di Finlandia Foto: Shutter Stock
Dikutip dari laman resminya Visit Finlandia, ada delapan tuan rumah yang telah disiapkan untuk kamu 'sewa' dan kunjungi. Masing-masing mereka berada di sisi berbeda di seluruh Finlandia.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja, Esko. Esko adalah walikota Rovaniemi di Lapland, yang dikenal sebagai 'rumah' bagi Santa Claus. Bersama dengan sang istri, ia akan membagikan pengalaman menikmati musim panas yang indah di Lapland, seperti memetik buah beri, bermain mölkky (permainan khas Finlandia), memanggang, dan berperahu.
Desa Santa Claus di Lapland, Rovaniemi, Finlandia Foto: Shutter Stock
Lalu ada pula Katja, seorang pelajar yang juga berprofesi sebagai guru yoga. Ia dan sang pacar tinggal dalam sebuah kawasan pemukiman rumah kayu tua di tengah Ibu Kota Helsinki yang padat.
Katja akan mengajak kamu menikmati sejarah rumah kayu Finlandia, berada lebih dekat dengan alam, dan mengajarkan kamu bagaimana mengontrol kehidupan yang santai dan tenang di tengah hiruk pikuknya kota, terutama jika tinggal dalam ruangan yang terbatas.
ADVERTISEMENT
Selain Esko dan Katja, masih ada enam tuan rumah lainnya yang bisa kamu cari tahu dan pilih dari website resmi Visit Finlandia. Dan masing-masing dari mereka akan memberimu pengalaman berbeda setiap harinya.
Untuk bisa mengikuti program 'Rent a Finn', caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu merekam video berdurasi tiga menit untuk menggambarkan siapa dirimu, bagaimana hubunganmu dengan alam, serta tujuanmu datang ke Finlandia. Setelahnya, kamu mesti mengisi formulir yang tertera di dalam website.
Nantinya, pemerintah setempat akan memilih para pemenang. Para pemenang terpilih akan melakukan perjalanan ke Finlandia selama tiga hari. Seru, kan?
Masih ada lagi, lho. Walaupun nama program ini adalah 'Rent a Finn' yang dalam bahasa Indonesia berarti 'menyewa seorang Finlandia', nyatanya, semua biaya perjalanan dan akomodasimu akan ditanggung oleh pihak penyelenggara. Selain itu, kamu pun akan difilmkan di sepanjang kunjungan di Finlandia.
ADVERTISEMENT
Tertarik ke Finlandia?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan