Pencarian populer

Fakta di Balik Megahnya Patung Pancoran

Tak bisa dipungkiri, seluruh ruas jalanan ibu kota Jakarta memang tak pernah terhindar dari kemacetan. Pagi, siang, dan malam rasanya sangat mudah untuk melihat kemacetan di Jakarta.

Jumlah kendaraan dengan lebar jalanan tak sebanding, pengendara yang tidak menaati aturan, hingga kurang sadarnya masyarakat yang belum beralih ke transportasi umum adalah sedikit alasan mengapa Jakarta begitu 'sesak' oleh kendaraan.

Kawasan Pancoran adalah satu dari sekian banyak ruas jalan yang menjadi saksi bisu ganasnya kendaraan. Namun, di balik kemacetan yang ada di ruas Pancoran, rupanya ada sebuah patung yang seolah menjadi saksi bagaimana keadaan Pancoran, bahkan Jakarta setiap harinya.

Patung Pancoran sudah ada sejak tahun 1965. Patung yang di gagas oleh Sang Proklamator ini menghabiskan biaya hingga Rp 12 juta kala itu.

Bahkan, ketika proses pemasangannya pun, presiden pertama itu selalu mengawasinya dan melihatnya dari bawah. Kini, Patung Pancoran menjadi salah satu landmark Jakarta yang selalu menarik untuk dilihat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20