Pencarian populer

Foto: Melihat Kesiapan Bandara Baru Yogyakarta

Bandara NYIA Kulon Progo Foto: Dok. Angkasa Pura I

Pembangunan bandara baru Yogyakarta yang kemudian dinamai Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta masih terus dilakukan. Kini pembangunan YIA telah mencapai tahap penyelesaian beberapa bagian bandara.

Saat beroperasi nanti, bandara baru Yogyakarta yang panjangnya mencapai 3.250 meter ini akan menjadi bandara terbesar ketiga di Indonesia setelah Bandara Soekarno Hatta dan I Gusti Ngurah Rai.

Untuk memastikan keselamatan, kemanan, dan kenyamanan pengoperasian YIA pada 29 April mendatang, PT Angkasa Pura I (Persero) juga telah melakukan serangkaian simulasi terkait operasional bandara.

Masjid Al Akbar di Bandara NYIA Kulon Progo Foto: Dok. Angkasa Pura I

"Simulasi ini untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan menjelang dioperasikannnya Bandara Internasional Yogyakarta. Hal ini mengingat tingginya trafik penerbangan di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi berdasarkan keterangan resmi yang diterima kumparan pada Kamis (25/4).

Rangkaian simulasi tersebut untuk memastikan kesiapan bandara baru Yogyakarta. Mulai dari moda transportasi penunjang dari dan ke bandara hingga kelayakan infrastruktur penunjang pelayanan bandara.

Selain itu bandara baru Yogyakarta, YIA, juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi para traveler, seperti ruang tunggu bandara, tempat ibadah, dan fasilitas penunjang lainnya.

Ruang tunggu di Bandara NYIA Kulon Progo Foto: Dok. Angkasa Pura I

Untuk pengoperasian penerbangan internasional pada akhir April 2019 telah hampir tuntas 100 persen. Sementara untuk keseluruhan pembangunan bandara yang ditargetkan rampung akhir 2019 telah mencapai 47 persen.

Menjelang dioperasikannya bandara baru Yogyakarta, YIA, AP I juga telah memastikan sejumlah kesiapan berbagai moda transportasi untuk menunjang konektivitas bandara.

Nantinya, traveler akan bisa menggunakan beberapa moda transportasi untuk menuju bandara baru Yogyakarta, YIA. Mulai dari bus Damri, taksi bandara, kereta api, dan lainnya.

Bandara Kulon Progo. Foto: dok. PT Angkasa Pura 1

Bagi traveler yang ingin menggunakan Bus Damri, akan tersedia empat trayek pada tahap awal, yaitu YIA - Yogyakarta, YIA - Stasiun Wojo, YIA - Magelang (Candi Borobudur) dan YIA - Kebumen via Purworejo (Hotel Patra) PP.

Sedangkan untuk shuttle bus lainnya, terdapat sekitar sembilan bus yang melayani tiga rute, yaitu Banjarnegara - Wonosobo - Purworejo - YIA - Bandara Adisutjipto, Cilacap - YIA - Bandara Adisutjipto, dan Purwokerto - YIA - Bandara Adisutjipto PP.

Bandara Kulon Progo. Foto: dok. PT Angkasa Pura 1

Sementara bagi kamu yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api, KAI menyiapkan enam rute perjalanan. KAI juga menyiapkan satu rangkaian kereta yaitu KA Solo Ekspres yang akan melayani perjalanan dari Stasiun Maguwo - Stasiun Wojo. Dari Stasiun Wojo, penumpang dapat melanjutkan perjalanan menuju NYIA menggunakan bus Damri) yang tersedia, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21