Pencarian populer

Hindari Antrean, Ini 5 Tips Agar Nyaman saat Mendaki Gunung Merbabu

Gunung Merbabu Foto: Wikimedia Commons

Baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan jalur pendakian Gunung Merbabu melalui jalur Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, penuh sesak oleh para pendaki.

Pada postingan video akun @riaaanpostman di Instagram, tampak antrian para pendaki yang mengular hingga puluhan meter di jalur pendakian Gunung Merbabu. Hal ini pun membuat perjalanan pendaki saat turun dan naik gunung nyaris terhenti.

Menurut Plh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Johan Setiawan, pada Sabtu dan Minggu pekan lalu, jumlah pendaki melalui jalur Selo meningkat. Hal tersebut karena terdapat dua event besar yang bersamaan di kawasan tersebut.

"Kemarin itu ada dua bahkan tiga event besar dari simaksi di sekitar jalur Selo dan karena akan memasuki bulan puasa juga ya. Jadi, mereka ingin mendaki sebelum bulan puasa," ujar Johan Setiawan saat dihubungi kumparan belum lama ini.

Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi padamu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, lho, sebelum mendaki Gunung Merbabu. Apa saja?

Berikut kumparan rangkum lima tips agar kamu tetap nyaman saat mendaki Gunung Merbabu.

1. Jangan mendaki saat weekend

Pendaki gunung Foto: Shutter Stock

Menurut salah satu guide di Gunung Merbabu yang akrab disapa Boim ini, ia mengatakan sebaiknya kita menghindari mendaki gunung saat weekend.

"Kalau kejadian kemarin di Merbabu,dibilang menumpuk sebenarnya enggak juga sih, ya mungkin karena musim liburan jadi ramai. Nah, kalau bisa hindari saat liburan dan weekend," ujarnya.

Biasanya saat liburan jalur pendakian di Gunung Merbabu terutama via jalur Selo memang cukup dipadati oleh para pendaki yang ingin menuju puncak. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menghindari hari libur atau weekend jika memang ingin mendaki dengan nyaman. Kamu bisa coba mendaki gunung saat hari biasa atau weekdays.

Hal tersebut juga disampaikan oleh salah satu pendaki yang pernah mendaki Gunung Merbabu yaitu Sandy Firdaus. "Tips paling utama sih jangan mendaki ketika libur panjang, atau akhir pekan. Kecuali memang mau cari ramai," cerita Sandy.

2. Bawa perlengkapan yang memadai

Memilih gunung dan jalur pendakian yang aman menjadi langkah awal sebelum mendaki gunung Foto: Dok. Pixabay

Sebelum mendaki gunung kamu tentunya juga harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Lakukan persiapan yang matang baik secara jasmani, rohani dan perlengkapan.

Karena dengan begitu kamu bisa mendaki dengan rasa aman dan nyaman. "Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya, seperti cari tahu tentang medan dari gunung tersebut dan apa saja yang dibutuhkan, estimasi waktu untuk mengukur perbekalan juga," ujar Boim.

Kamu bisa gunakan tas semi-carrier agar tak membawa terlalu banyak barang. Bawalah barang yang bermanfaat dan lebih efisien. Selain itu, mendakilah dalam kondisi yang sehat.

Untuk soal fisik, lebih baik lakukan latihan rutin seperti jogging --beberapa hari sebelum pendakian--, jaga kesehatan, banyak minum air putih, rutin mengonsumsi vitamin, pastikan kondisi perlengkapan yang dibawa dalam kondisi baik.

3. Memilih jalur alternatif

Pendaki gunung Foto: Shutter Stock

Setiap gunung tentunya memiliki jalur pendakian favorit bagi para pendaki. Nah, agar terhindar dari keramaian atau penumpukan pendaki, kamu bisa memilih jalur alternatif lainnya akan tetapi kamu harus tetap berada di jalur resmi ya.

Dalam hal ini, misalnya ketika kamu mendaki Gunung Merbabu, jalur Selo via Boyolali adalah salah satu jalur favorit pendaki. Nah, kamu bisa mencoba jalur lainnya karena terdapat sekitar lima jalur pendakian di Gunung Merbabu.

Jalur pendakian via Wekas, Suwanting, Chuntel, atau Tekelan melalui Magelang.

"Saat ini jalur Selo menjadi jalur favorit pendaki di Merbabu, sedangkan tahun 2000-an itu jalur Wekas dulu yang sering dilalui oleh para pendaki," cerita Boim.

4. Menentukan waktu yang tepat ketika mendaki

Carilah lokasi yang rimbun dan aman sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Foto: Dok. Pixabay

Sebelum mendaki kamu juga perlu memperhatikan waktu yang pas. Misalnya saja yang telah disebutkan di atas tadi, seperti tidak mendaki ketika weekend atau hari libur.

Kamu juga perlu memperhatikan hari perayaan besar seperti tahun baru, ketika momen 17 Agustus dan sebagainya. Karena biasanya jalur pendakian akan menjadi ramai ketika hari libur nasional tiba.

"Karena saat itu gunung pasti penuh, apalagi gunung-gunung yang dianggap mudah didaki seperti Gunung Prau atau Andong," cerita Sandy.

5. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya atau bertanya ke pengelola

Puncak Gunung Merbabu Foto: Wikimedia Commons

Tips terakhir agar pendakianmu semakin nyaman, kamu bisa bertanya ke pengelola untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap terkait kondisi jalur pendakian di gunung tersebut. Atau kalau kamu memiliki bujet lebih kamu bisa menyewa guide yang tentunya lebih paham dengan medan dan kondisi di gunung yang akan kamu daki.

Kamu juga bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya terhadap gunung yang akan kamu daki agar lebih jelas. Meskipun kamu akan di-briefing sebelum mendaki nantinya, ini akan membuatmu jauh lebih siap dari segi pengetahuan tentang medan, jalur, waktu tempuh, jarak antar pos, dan sebagainya. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi kamu saat melakukan pendakian.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21