Pencarian populer

India Punya Destinasi Wisata Beratap Patung Burung Terbesar di Dunia

Menurut legenda, Jatayu Nature Park berlokasi di tempat matinya tokoh Jatayu Foto: Shutter Stock

Jika Bali dikenal sebagai Pulau Dewata atau Pulaunya Para Dewata, tahukah kamu bahwa India juga punya kota yang dikenal sebagai Negeri Milik Dewa atau God´s Own Country, yaitu Kerala.

Salah satu kisah mitos yang melatarbelakanginya adalah tentang elang raksasa milik Ramayana yang bernama Jatayu. Legenda mengatakan bahwa tokoh elang raksasa itu mati terhempas ke sebuah puncak berbatu di dekat Desa Chadayamangalam di distrik Kollam ketika membantu Ramayana kala melawan Rahwana.

Megahnya Jatayu Nature Park, India Foto: Shutter Stock

Sejak saat itu, puncak berbatu tersebut dikenal sebagai Jatayumangalam. Selama bertahun-tahun, kawasan tersebut masuk ke dalam wilayah Desa Chadayamangalam dan puncaknya dikenal sebagai Jatayupara, atau yang berarti batu Jatayu.

Terinspirasi dari kisah tersebut dan predikat yang disematkan pada Kerala, seorang sutradara film sekaligus seniman dan pematung ternama Rajiv Anchal, mencetuskan ide membuat sebuah destinasi wisata edukatif dengan atap berbentuk patung elang raksasa yang dikenal sebagai Jatayu dalam kisah Ramayana.

Kepala burung Jatayu di atap Jatayu Nature Park, India Foto: Shutter Stock

Jatayu Nature Park namanya. Dengan panjang 60,96 meter, lebar 45,72 meter, dan tinggi 21,33 meter, burung berbentuk tokoh kolosal bernama Jatayu itu terlihat sungguh gagah dan kokoh. Ditambah lagi ukuran reliefnya yang apik dan rapi, seakan memberikan kesan nyata dan realistis lewat detailnya.

Menariknya lagi, patung burung raksasa di Jatayu Nature Park bahkan dinobatkan sebagai patung burung fungsional terbesar di dunia dan masuk dalam Guinness World of Record. Dibuka pada Januari 2016 lalu, Jatayu Nature Park merupakan wisata BOT (build-operate-transfer) pertama di Kerala yang juga bentuk kerja sama antara pihak swasta dan pariwisata setempat.

Jatayu Nature Park di Kerala, India Foto: Shutter Stock

Jatayu Nature Park merupakan salah satu wisata edukatif yang mengusung konsep ramah lingkungan dan pariwisata berkelanjutan di India. Ia merupakan salah satu bagian dari Jatayu Earth's Center yang berada di lokasi yang sama. Lokasinya tak terlalu jauh, hanya sekitar 50 kilometer dari Bandara Trivandrum.

Cahaya di sekitarnya dibuat menggunakan panel surya yang dapat menangkap, menyimpan tenaga matahari, dan mengubahnya menjadi tenaga listrik. Untuk mendapatkan air, desainer bertugas membangun bendungan di antara dua lembah batu untuk menyimpan air dan menampung air hujan.

Tak sampai di situ saja, bukit, lembah, tua, dan tumbuh-tumbuhan yang tersebar di kawasan seluas 65 hektare tersebut pun tidak dihancurkan, tapi ditata rapi sesuai dengan kontur alamnya. Sehingga meski jadi destinasi wisata yang menarik perhatian, Jatayu Earth's Center tidak akan merusak alam.

Jatayu Nature Park menghadirkan alternatif wisata edukasi di India Foto: Shutter Stock

Rajiv Achal, penggagas konsep dan desain bangunan itu mengungkapkan, bahwa ia ingin agar lewat Jatayu Earth's Center, orang-orang dapat hidup saling peduli dan berdampingan bersama dengan alam secara damai.

Sebab menurutnya, Jatayu melambangkan era di masa lampau ketika manusia, hewan, dan makhluh hidup lainnya saling merawat satu dengan yang lain.

Jatayu Earth's Center di Jatayu Nature Park, India Foto: Shutter Stock

Jatayu adalah perwujudan keberanian dan sikap kesatria, karena mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan Sitha dari penculiknya. Oleh karena itu, selain perlambang harmonisasi dengan alam, Jatayu juga melambangkan apresiasi yang tinggi pada keselamatan dan kehormatan wanita, terutama karena tingkat kejahatan pada wanita kian meninggi.

Nah, di balik filosofisnya yang menarik dan patung elang raksasa yang mengagumkan, ada apa lagi di dalam Jatayu Earth's Center? Di dalam patung burungnya, kamu akan menemukan teater 6D dan museum digital berbasis audio-visual di dalamnya.

Kamu bisa menyaksikan langsung sekilas kisah Ramayana dan menikmati pemandangan dari mata burung elang raksasa di ketinggian 1000 kaki atau sekitar 304 meter di atas permukaan laut, dari dalam patung.

Sedangkan di dalam taman alamnya, kamu bisa mengasah dirimu lewat zona petualangan yang berisi 20 permainan seru. Seperti paint ball, laser tag, panahan, rifle shooting, panjat tebing, dan bouldering.

Cable Car di Jatayu Nature Park, India Foto: Shutter Stock

Mau melihat lanskapnya secara lengkap? Kamu bisa menaiki kereta gantung yang tersedia. Kereta gantung ini bahkan diklaim sebagai kereta gantung pertama di India Selatan. Menarik, kan?

Kamu yang berwisata ke Jatayu Nature Park juga bukan hanya bisa menikmati sajian seru di kawasan ini saja, tapi juga membeli hasil bumi terbaik yang dihasilkan penduduk sekitar di kios-kios Earths Center. Mulai dari sayuran organik hingga produk hasil peternakan bisa kamu temukan.

Tertarik menyambangi elang raksasa di India ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32