kumparan
19 Sep 2019 7:35 WIB

Ini 5 Surga Wisata Bawah Laut di Pulau Sulawesi, Mana Favoritmu?

Indahnya alam bawah laut Pulau Kambing di Tanjung Bira Foto: Instagram/@janri_wanget
Pulau Sulawesi mungkin masih jarang kamu jadikan sebagai tujuan liburan. Tetapi bagi kamu yang mengaku mencintai alam bahari, liburan tanpa menyambangi pulau yang satu ini pasti terasa kurang lengkap.
ADVERTISEMENT
Sulawesi diberkahi dengan wisata alam bawah laut yang mempesona. Enggak heran, banyak wisatawan mancanegara datang ke Sulawesi hanya untuk menyaksikan sendiri keindahannya. Nah, kamu yang asli dari Indonesia, jangan mau kalah, dong.
Berikut kumparan menghadirkan lima surga wisata bahari di Pulau Sulawesi yang bisa kamu nikmati berdasarkan rekomendasi OYO Hotels and Homes:
1. Pulau Samalona
Pulau Samalona Foto: Wikimedia Commons
Menghadirkan pemandangan yang cantik dengan hamparan laut biru dan berpasir putih, Pulau Samalona yang berlokasi tak jauh dari Kota Makassar ini mungkin belum terdengar familiar di kalangan traveler Indonesia. Meski begitu, kamu mesti tahu, bahwa pulau yang luasnya hanya dua hektare ini punya lanskap bawah laut yang indah untuk snorkeling dan diving.
Lokasi Pulau Samalona terhitung cukup dekat dari Pantai Losari, hanya sekitar dua kilometer. Kamu bisa mencapai pulau ini hanya dalam waktu 30 menit menggunakan perahu motor. Untuk memudahkan perjalananmu, kamu bisa menginap di OYO 848 Hotel Sutomo yang berada di sekitar area Losari dan dekat dengan dermaga.
ADVERTISEMENT
2. Pulau Liukang Loe
Terletak di sekitaran kawasan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Pulau Liukang Loe terkenal sebagai tempat terbaik untuk melakukan snorkeling karena keindahan alam bawah lautnya dan juga aliran airnya yang tenang. Lautnya yang jernih bernuansa kebiruan berpadu dengan pasir putih halus bak bedak bayi di tepiannya.
Selain keindahan lanskap pantai dan lautnya, Pulau Liukang Loe juga memiliki penangkaran penyu, lho. Jadi, kamu bisa mendapatkan pengalaman menakjubkan dan sensasi berenang bersama penyu-penyu besar tersebut.
3. Pulau Kambing
Masih berada di kawasan Tanjung Bira, Pulau Kambing punya pesona yang tak kalah indah dari Pulau Liukang Loe. Tebing-tebing terjal di sekitarnya memberikan nuansa yang berbeda dari pantai-pantai sekitarnya. Nah, tebing-tebing inilah yang menjadikan Pulau Kambing terlihat sangat eksotis.
ADVERTISEMENT
Dari atas tebing, kamu bisa menikmati panorama pantai yang indah dengan air laut sebening kristal. Sementara di bawah lautnya, kamu bisa menyaksikan ikan hiu bersembunyi di balik batu karang dan ikat badut yang lucu beraktivitas riang.
4. Pulau Lembeh
Beranjak dari selatan, kini kita menuju bagian utara Pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Bitung, yakni Pulau Lembeh.
Pulau Lembeh dikenal sebagai surga bagi para pecinta diving, karena memiliki 92 titik penyelaman dan dihuni sekitar 300 famili binatang bawah laut yang terdiri dari ribuan spesies. Untuk bisa sampai ke Pulau Lembeh, kamu mesti menempuh jarak sekitar 1-2 jam dari Manado.
5. Pulau Lihaga
Pulau Lihaga memang kalah pamor dengan Pulau Bunaken atau Pulau Lembeh yang berada di Provinsi Sulawesi Utara. Tetapi soal pemandangan bawah lautnya, kamu tidak perlu khawatir.
ADVERTISEMENT
Barisan terumbu karang yang indah ditutupi air jernih bernuansa kebiruan dan pantai berpasir putih nan lembut seakan melengkapi pengalaman traveling di pulau yang satu ini. Sehingga tak heran, ada banyak fotografer yang datang hanya demi mengabadikan keindahannya.
Karena Pulau Lihaga tak berpenghuni, maka ada baiknya kamu menyewa penginapan di tengah kota Manado. Gimana, tertarik jalan-jalan ke Sulawesi dan menikmati langsung pesona bawah lautnya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan