Pencarian populer
Ini 6 Hal Paling Kotor di Kamar Hotel
Ilustrasi Kamar Hotel. (Foto: Flickr/KiD01)
Menginap di hotel memang menjadi hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Tamu akan dimanjakan dengan fasilitas yang lengkap, kasur empuk, AC dingin, hingga makanan yang lezat.
Namun, nyatanya bermalam di sebuah kamar hotel pun ada sisi buruknya. Walau selalu dibersihkan setiap hari, sebuah kamar tetap memiliki benda-benda kotor yang mungkin kamu tidak sadari.
Penyebabnya pun jelas, benda-benda itu dianggap paling kotor karena digunakan secara bersama-sama dan bergantian dengan orang lain. Lantas benda apa saja kah itu? Berikut ulasannya.

1. Shower atau Bathub
Iustrasi bathup (Foto: Pixabay)
Shower atau bathub menjadi salah satu benda yang memiliki banyak kuman. Kondisinya yang lembab menjadi faktor utama mengapa kamar mandi menjadi sarang bakteri.
Philip Tierno, seorang ahli mikrobiologi dan profesor klinis dan patologi di NYU School of Medicine, menyarankan untuk manyalakan air panas terlebih dahulu selama satu menit sambil menyemprotkan sabun ke permukaan bak. Sedangkan untuk yang menggunakan shower, sebaiknya nyalakan air panas selama satu atau dua menit sebelum menggunakannya.

2. Toilet
Ilustrasi Toilet Hotel. (Foto: Flickr/Kariem)
Toilet juga masuk ke dalam list benda paling kotor di kamar hotel. Jika suatu kali kamu menginap di sebuah hotel dan mendapatkan toilet yang kotor sebaiknya pindah kamar atau mencari hotel baru.
Tierno menyarankan jika sedang berpelesir sebaiknya membawa tisu basah. Bahkan jika bisa turut menyertakan lysol (cairan untuk membersihkan kamar mandi dari bau atau bibit penyakit) untuk membersihkan dudukan dan pegangan flush.
"Risiko penyakitnya memang rendah, namun paparan partikel tinja dapat membawa norovirus yang berbahaya bagi kesehatan pencernaan," katanya

3. Remote Control
Remote Control TV (Foto: Dok. Thinkstock)
Remote merupakan salah satu benda yang dipegang oleh banyak tangan. Sekaligus menjadi salah satu barang yang menampung segala macam bakteri dan kotoran di celah-celahnya.
"Ada rambut manusia, ekskresi tubuh berdasarkan apa yang mereka sentuh sebelum menyentuh remote, serangga, debu ruangan, kosmetik bahkan makanan," uap Tierno. Lebih lanjut, Tierno menyarankan, sebelum menggunakannya sebaiknya remote dimasukkan ke dalam plastik zip ukuran besar.
4. Tempat Tidur
Ilustrasi Tempat Tidur (Foto: Pixabay)
Jangan terlena dengan kasur empuk hotel, sebab kasur diduga juga menyimpan banyak bakter. Diduga tempat tidur juga menjadi salah satu benda yang 'menampung' air seni, tungau atau debu.

5. Karpet
Com-Pilih Karpet Garis-Garis (Foto: Thinkstocks)
Tungau dan debu juga bersarang di karpet. Dr. Cliffor Bassett, direktur medis di Allergy & Asthma Care of New York, mengatakan jika sebaiknya kamu mencari hotel dengan ruang hipoalergenik dengan permurnian udara medis di kamar. Serta memiliki sarung bantal microfiber.
Sedangkan Tierno merekomendasikan untuk selalu menggunakan sendal selama berada di kamar hotel. Sebab kondisinya yang lembab, penyebab jamur bisa tumbuh.

6. Sofa atau Kursi
Ilustrasi Sofa di Kamar Hotel. (Foto: Flickr/Johnny Prime)
Kursi dan sofa yang nyaman juga menjadi salah satu benda tempat bersarangnya bakteri. "Orang-orang duduk di sana (dalam keadaan) telanjang," kata Tierno.
Hal itu menjadi penyebab dan berpotensi menyebarkan bakteri staphylococcus melalui ketiak atau dubur. Hal ini menjadi faktor penyebab infeksi staph.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: