Pencarian populer

Istana di India yang Jadi Tempat Pernikahan Nick dan Priyanka Chopra

Taj Umaid Bhawan Palace di Jodhpur, India (Foto: Flickr/Dan Lundberg)

Pasangan berbahagia Priyanka Chopra dan Nick Jonas baru saja melangsungkan pernikahannya di India. Pasangan selebriti Hollywood itu melakukan pemberkatan secara Kristen pada tanggal 1 Desember yang kemudian dilanjutkan dengan resepsi bernuansa budaya India pada keesokan harinya,

Untuk mengenang momen berharganya tersebut, Priyanka dan Nick memilih kawasan bersejarah Taj Umaid Bhawan Palace sebagai lokasi pernikahan mereka.

Merupakan kediaman pribadi terbesar keenam di dunia, Taj Umaid Bhawan Palace adalah salah satu peninggalan sejarah milik Rajasthan, sekaligus simbol kemegahan Kota Jodhpur.

Priyanka Chopra dan Nick Jonas menikah. (Foto: instagram/priyankachopra)

Dibangun oleh Maharaja Umaid Singh dari Dinasti Rathore, Taj Umaid Bhawan Palace terbagi atas tiga bagian. Bagian pertama adalah istana yang dihuni oleh cucu Maharaja Umaid Singh, yaitu Maharaja Gaj Singh bersama dengan keluarganya.

Bagian kedua merupakan museum yang terbuka bagi kalangan umum. Museum di istana ini memamerkan beragam kerajinan porselen, memorabilia, kerajinan kaca, dan informasi sejarah pembangunan istana.

Ada juga mural, lukisan miniatur, koleksi langka perlengkapan rumah tangga mahal dari tahun 1930-an, hingga pemberian Ratu Victoria untuk Maharaja Jaswant Singh pada tahun 1877.

Sedangkan bagian ketiga dari istana mewah ini adalah hotel. Ya, hotel yang dioperasikan oleh The Taj Hotel Group.

Tetap mempertahankan pesona sejarah, area hotel di Taj Umaid Bhawan Palace memanjakan para tamunya dengan beragam potret keluarga bangsawan pemilik istana, kepala binatang yang dipajang, dan pemandangan taman yang indah lengkap dengan burung merak yang bebas beraktivitas di sekitarnya.

Tak lupa pula fasilitas spa dan studio yoga yang menenangkan serta minuman gourmet dari anggur berkualitas. Seakan memberikan pengalaman mewah di masa sejarah pada masa modern,

Taj Umaid Bhawan Palace di Jodhpur, India (Foto: Flickr/t z)

Dilansir dari berbagai sumber, Taj Umaid Bhawan Palace tadinya dibuat bukan untuk mempertunjukkan kemewahan semata. Tapi untuk memberikan pekerjaan yang layak kepada masyarakat ketika kelaparan melanda Jodhpur pada tahun 1920-an.

Pondasi dari istana mewah ini diletakkan pada tahun 1928 dan pembangunannya rampung pada 1943. Empat tahun setelah Taj Umaid Bhawan Palace selesai, India dinyatakan merdeka, memiliki kedaulatan penuh, dan tak lagi punya kerajaan.

Sejak saat itu pula Taj Umaid Bhawan Palace menjadi istana terakhir yang ada di India sekaligus rumah mewah yang didiami keluarga kerajaan. Serta destinasi wisata yang patut kamu kunjungi saat berada di Jodhpur.

Taj Umaid Bhawan Palace di Jodhpur, India (Foto: Flickr/travelwayoflife)

Apalagi setelah bangunan yang juga dijuluki sebagai Chittar Palace itu menambah catatan sejarahnya lewat momen bahagia Priyanka dan Nick Jonas.

Taj Umaid Bhawan Palace di Jodhpur, India (Foto: Flickr/Dan Lundberg)

Tak hanya memiliki sejarah yang menarik, Taj Umaid Bhawan Palace juga punya desain yang indah. Interiornya memadukan gaya Indo-Saracenic, Classic Revival, dan Western Art-Deco dengan menggunakan batu marmer Makrana. Batu marmer tersebut merupakan jenis batu yang sama dengan yang digunakan Taj Mahal di Agra.

Sedangkan untuk eksteriornya, Maharaja Umaid Singh, sang pemilik menyewa insinyur Inggris H.V. Lancaster, seniman kontemporer Sir Edward Lutyens yang juga merancang pembangunan komplek pemerintah di New Delhi.

Taj Umaid Bhawan Palace di Jodhpur, India (Foto: Flickr/Col Ford and Natasha de Vere)

Ia juga menggunakan kayu jati Myanmar dan menghias istananya dengan lukisan eksotis buatan seniman Polandia, J.S. Norblin. Uniknya, Taj Umaid Bahwan Palace memadukan memadukan dua gaya yang berbeda untuk bagian menara dan kubahnya.

Pasalnya, ia menggunakan gaya Rennaissance untuk kubah istananya. Kemudian tanpa melupakan tradisi Rajput, ia mengadopsi tradisi itu untuk menara istana megah miliknya.

Taj Umaid Bhawan Palace di Jodhpur, India (Foto: Flickr/Dan )

Memiliki lokasi yang strategis, bangunan yang didirikan di atas tanah seluas 26 hektare tersebut berdiri tegap di tengah Kota Rajasthan. Sekitar empat kilometer dari Bandara Jodhpur dan lima kilometer dari stasiun kereta api Jodhpur. Indah dan megah dalam sekali pandang.

Taj Umaid Bhawan Palace di Jodhpur, India (Foto: Flickr/Wesley & Brandon Rosenblum)

Karena keindahan dan kemegahannya, menginap di salah satu kamar dengan ruang standar saja di Taj Umaid Bahwan Palace akan dikenakan biaya sebesar USD 600, atau setara dengan Rrp 8,6 juta per malam.

Sedangkan bagi kamu yang ingin menikmati kamar mewah dengan beragam fasilitas, kamu akan dikenakan biaya mulai dari USD 12 ribu hingga USD 15 ribu per malam, atau setara dengan Rp 172 juta hingga Rp 215 juta untuk satu malam.

Berminat menambahkan istana megah ini ke dalam bucket list liburanmu ke India?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: