kumparan
9 Jan 2019 10:29 WIB

Jangan Salah Strategi, Berikut 5 Tips Hindari Stres saat Traveling

Kata siapa perempuan tak bisa traveling sendirian? (Foto: Thinkstock)
Kata siapa traveling hanya sekadar jalan-jalan dan cuma kesenangan saja? Salah bertindak saat traveling bahkan bisa membuat kamu merasa tertekan atau stres.
ADVERTISEMENT
Beberapa contoh kecilnya, antara lain salah mengemas barang, dan stres karena itinerary atau bucket list tak terpenuhi dengan baik. Dilansir New York Times, ada tips jitu yang bisa kamu gunakan untuk menghindari stres saat traveling. Apa saja?
1. Bersikap Fleksibel
Ilustrasi Generasi Milenial Traveling (Foto: Unsplash)
Riset dengan teliti untuk menyiapkan itinerary yang tepat sebelum traveling merupakan hal yang wajib dilakukan, terutama jika tujuan wisatamu berada di luar kota atau bahkan di luar negeri. Meski begitu, bukan berarti kamu harus bersikap kaku dengan rencana perjalanan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dari pada stres sendiri memikirkan setiap rentetan kegiatan yang mesti dilakukan atau destinasi wisata yang harus dikunjungi, lebih baik kamu menikmati setiap perjalanan secara maksimal. Tak usah stres dan terburu-buru, kamu bisa tinggal lebih lama di tempat yang disukai dan meninggalkan yang tidak disuka.
ADVERTISEMENT
2. Install Aplikasi yang Tepat
Aplikasi Waze dalam smartphone. (Foto: yangcanggih.com)
Untuk memudahkanmu saat traveling, kamu bisa meng-install aplikasi yang tepat sebelum atau saat berada di perjalanan. Mulai dari aplikasi pemesanan tiket dan hotel, penerjemah bahasa, transportasi online, hingga rute perjalanan transportasi umum.
Lebih baik lagi jika aplikasi itu bisa digunakan secara offline, jadi kamu masih tetap bisa menggunakannya walau ponsel kehabisan paket data atau tidak mendapat sinyal internet. Tapi, kalau memang tidak ada, aplikasi yang hanya bisa digunakan sambil online juga bukan masalah besar.
3. Packing Secara Efektif
Kemasi barang dengan cerdas saat bepergian (Foto: Thinkstock)
Salah satu prinsip traveling yang harus kamu tahu dan pegang dengan baik adalah travel light, atau traveling tanpa membawa barang yang terlalu banyak. Pasalnya, membawa barang terlalu banyak akan membuat mobilitasmu menjadi terbatas dan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika ekspolorasi.
ADVERTISEMENT
Jadi saat hendak traveling, ingat selalu hanya membawa barang-barang yang dibutuhkan saja, bukan yang diinginkan. Bawa beberapa pasang pakaian berbahan tipis yang bisa dipadu padankan, alas kaki, dan pelindung kepala, seperti topi atau scarf yang bisa juga digunakan saat cuaca dingin.
Waktunya Menggunakan Hair Dryer (Foto: Pixabay)
Tinggalkan hair dryer, catokan, atau barang-barang elektronik lainnya yang dapat mengganggu perjalanan. Dan kalau memang pakaian yang kamu bawa terlalu sedikit, anggarkan biaya untuk membeli sabun cuci dan mencuci sendiri pakaianmu, atau membawanya ke binatu terdekat.
4. Pastikan Ponselmu Senantiasa Berfungi dengan Baik
Power Bank (Foto: Thinkstock)
Demi menjamin keselamatan dan keamananmu saat traveling, selalu pastikan ponselmu dapat berfungsi dengan baik, mulai dari segi batere hingga kuota internetnya. Kamu bisa membawa power bank, charger, WiFi Portable, atau langsung membeli provider internet yang sesuai dan berlaku di tempat yang dituju.
ADVERTISEMENT
Ingat pula untuk selalu menyalakan ponsel, mengaktifkan akses internet, dan tidak menggunakan dayanya secara berlebihan. Malas mendengar suara pemberitahuan pekerjaan? Kamu bisa mematikan pemberitahuan email kantor untuk sementara waktu agar waktu cutimu pun tak terganggu.
5. Siapkan Akses Transportasi Digital dari Jauh-Jauh Hari
Ilustrasi Eurail Pass (Foto: Flickr/Nathaniel Sanders)
Di beberapa kota atau negara tertentu, ada beberapa transportasi umum yang hanya bisa digunakan dengan menggunakan sistem cashless. Misalnya saja dengan menggunakan tiket atau kartu.
Jadi, sebelum berangkat, kamu bisa membeli tiket atau paket kartu perjalanan sejak jauh hari, sehingga ketika berada di tempat tersebut, kamu tak perlu kerepotan, misalnya saja Eurail Pass atau JR Pass. Pembeliannya pun tidak sulit karena bisa dibeli secara online dan harganya lebih murah.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan