kumparan
10 Nov 2018 7:54 WIB

Jelajahi 4 Destinasi di Surabaya Ini untuk Memperingati Hari Pahlawan

Tugu Pahlawan Surabaya (Foto: Fahrul Zainuddin/flickr)
Surabaya selama ini dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan, karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Perjuangan yang terjadi di Surabaya pada November 1945 bahkan hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan, nyatanya Surabaya juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menariknya dari daerah lain. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga kuliner bisa kamu dapatkan di Surabaya.
Untuk itu, berikut kumparanTRAVEL rangkum destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Surabaya untuk memperingati Hari Pahlawan, seperti dikutip dari keterangan resmi Agoda. Apa saja?
1. Napak Tilas Sejarah Perjuangan di Tugu Pahlawan
Kamu bisa memulai perjalanan wisata sejarah dari Tugu Pahlawan untuk menghargai dan mengenang keberanian para pejuang yang gugur di medan pertempuran. Kemudian, kunjungi Museum 10 November yang berada di kompleks yang sama, agar bisa lebih memahami sejarah Pertempuran Surabaya.
Untuk menyempurnakan napak tilas sejarah, kamu bisa menghabiskan malam di Hotel Majapahit Surabaya, yang dulunya bernama Hotel Yamato. Terletak di jantung kota Surabaya, hotel ini berperan penting dalam pertempuran Surabaya. Saat itu, para pemuda Indonesia yang marah, merobek bendera Belanda dan menggantinya dengan bendera Indonesia.
ADVERTISEMENT
2. Telusuri Sentuhan Kolonial di Pusat Kota
Ingin menyegarkan diri dari hiruk pikuk kota metropolitan? Cobalah ke Bumi Surabaya City Resort, di mana kamu dapat dengan mudah melanjutkan eksplorasi bersejarah di pusat kota. Kamu bisa menikmati pemandangan ala kota tua, yang arsitektur dan fasad gaya kolonial Belanda masih dapat ditemukan di sepanjang jalan.
Jangan lupa juga mampir ke Monumen Bambu Runcing di Jalan Panglima Sudirman. Bambu Runcing merupakan senjata sederhana yang terbuat dari bambu yang diruncingkan dan digunakan para pemuda untuk melawan musuh bersenjata api. Monumen yang berbentuk lima bambu itu dibangun untuk mengenang gigihnya perjuangan mereka.
3. Menikmati Suasana Metropolitan
Jika lelah mengunjungi situs-situs bersejarah, cobalah nikmati Kota Surabaya yang saat ini sudah bersalin rupa sejak perjuangan kemerdekaan. Jelajahi jalan-jalan utama Basuki Rahmat, Mayjen Sungkono, dan HR Muhammad, yang merupakan nama tiga tentara dan pahlawan nasional, sebelum kemudian masuk ke salah satu pusat belanja untuk berwisata kuliner atau berbelanja.
ADVERTISEMENT
4. Akhiri Hari dengan Berjalan-jalan di Tepi Sungai
Sungai Brantas merupakan sungai terbesar kedua di Pulau Jawa yang membelah Kota Surabaya, dari Jembatan Merah hingga Gunungsari. Jembatan Merah sendiri adalah salah satu lokasi pertempuran sengit pada Pertempuran Surabaya. Dinamakan Jembatan merah karena banyak darah para pejuang yang tertumpah saat itu.
Siap menikmati Kota Surabaya di Hari Pahlawan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·