kumparan
12 Apr 2018 8:06 WIB

Jiuzhaigou, Lembah Cantik seperti di Negeri Dongeng

Danau di Lembah Jiuzhaigou (Foto: Flickr/Jubjang Peerabool)
Berkunjung ke China jangan hanya menengok indahnya Tembok China saja, tapi sempatkan juga untuk eksplorasi pesona alam yang indah. Jika kamu suka dengan petualangan sekaligus ingin menikmati indahnya alam Negeri Tirai Bambu, kamu bisa berkunjung ke Jiuzhaigou yang ada di Provinsi Sichuan. Tempat ini berada di batas utara Provinsi Sichuan dan bagian dari pegunungan Min Shan di ujung dataran tinggi Tibet.
ADVERTISEMENT
Lembah indah seperti di negeri dongeng itu memiliki pemandangan indah dan eksotis, pesona indahnya akan menyapa turis yang datang. Banyaknya air terjun, pegunungan karst yang ditutupi salju, hingga danau bening terdapat di lembah ini.
Danau di Lembah Jiuzhaigou (Foto: Flickr/saturnism)
Sejak menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1992 silam, lembah ini kian dibanjiri wisatawan yang datang. Tak hanya dari China, turis yang datang juga berasal dari seluruh penjuru dunia. Semua datang karena penasaran dengan keindahan Lembah Jiuzhaigou.
Memiliki luas hingga 72 ribu hektare, taman nasional ini berada di ketinggian 4.800 meter. Namun, untuk daerah wisata utamanya berada di 1.980 hingga 3.100 mdpl.
Pemandangan di Lembah Jiuzhaigou (Foto: Flickr/Andy Yao)
Waktu terbaik mengunjungi Lembah Jiuzhaigou adalah saat musim gugur. Ketika itu, pemandangan yang dilihat akan ditutupi warna jingga, merah, dan kuning keemasan.
ADVERTISEMENT
Selain memiliki panorama yang indah, lembah ini juga dihuni oleh 2.576 spesies tanaman dengan 24 jenis yang dilindungi, 400 spesies tumbuhan, 141 spesies burung, 170 spesies vertebrata, dan 17 hewan langka. Untuk daerah pinggir lembah lebih dominan didiami vegetasi yang padat dan beragam jenis hewan, seperti monyet emas, panda, hingga berang-berang.
Wisatawan di Lembah Jiuzhaigou (Foto: Flickr/Sue & Danny Yee)
Selain memiliki flora dan fauna yang kaya, Lembah Jiuzhaigou juga memiliki danau yang unik. Salah satunya adalah Danau Wuhua Hai, yang merupakan satu dari 118 danau cantik yang ada di taman nasional ini.
Wuhua Hai sendiri berarti lima bunga. Air danau di sini sangat jernih dan berwarna hijau kebiruan. Saking jernihnya, bahkan ranting yang ada di dasar danau bisa terlihat dengan jelas. Selain jernih dan indah, uniknya danau yang berada di ketinggian 2.995 meter ini tak pernah membeku.
Danau di Lembah Jiuzhaigou (Foto: Flickr/saturnism)
Kemudian, ada juga Danau Bambu yang dikelilingi hutan bambu yang sangat unik. Danau unik ini berada di ketinggian 2.680 mdpl dan lanskap indah juga bisa kamu temukan di sini.
ADVERTISEMENT
Danau-danau ini dikelilingi pepohonan yang sangat rindang, dengan pemandangan sekitar berupa pegunungan yang puncaknya ditutupi salju. Lingkungan di Lembah Jiuzhaigou juga sangat tenang dan udaranya tentu sangat segar.
Transportasi untuk menuju Lembah Jiuzhaigou juga sangat mudah. Sementara itu soal penginapan pun tak perlu khawatir. Pasalnya, di sekitar lembah sudah banyak hotel yang berdiri dengan berbagai macam harga yang ditawarkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·