Pencarian populer

Liburan ke Kota Lama Semarang? Jangan Lewatkan 7 Spot Foto Kece Ini

Gedung Marba Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Traveling ke Semarang kurang lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Kawasan Kota Lama Semarang.
ADVERTISEMENT
Kawasan Kota Lama Semarang merupakan kompleks bangunan lama peninggalan Belanda. Tak heran, jika di tempat ini kamu akan menemukan banyak sekali bangunan-bangunan tua bersejarah.
Hal itulah yang juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Kota Lama Semarang. Pasalnya, bangunan-bangunan bersejarah tersebut menjadi spot foto yang menarik.
Berikut kumparan rangkum tujuh spot menarik di Kota Lama Semarang yang sayang untuk dilewatkan.
1. Taman Srigunting
Taman Sri Gunting Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Berada tak jauh dari Gereja Blenduk—salah satu gereja tua bersejarah di Semarang, Taman Srigunting menawarkan spot foto yang patut dicoba.
Taman Srigunting juga sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya macam-macam komunitas di Semarang, sehingga taman ini kadang disulap menjadi sedemikian rupa dengan berbagai pernak-pernik properti yang juga menjadi spot foto yang menarik.
ADVERTISEMENT
Biasanya wisatawan kerap mengabadikan foto di tangga sekitar taman dengan latar belakang Gereja Blenduk yang ikonik.
Selain berfoto, kamu juga bisa duduk-duduk atau beristirahat di kala lelah menjelajahi Kota Lama Semarang. Kemudian, kamu pun juga bisa menjajal kuliner khas Semarang yang dijual di sekitar taman.
2. Gereja Blenduk
Gereja Blenduk di Kota Lama, Semarang Foto: Shutter Stock
Gereja Blenduk yang menjadi ikon kota Semarang tentunya tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Belum sah rasanya jika berkunjung ke Semarang belum mengabadikan foto di gereja dengan atapnya yang unik ini.
Gereja yang dibangun sekitar tahun 1753 ini merupakan salah satu landmark di Kota Lama Semarang. Gereja yang bernama GPIB Immanuel ini juga masih dipergunakan sebagai tempat peribadatan umat Kristen setiap hari Minggu.
ADVERTISEMENT
3. Gedung Marba
Gedung Marba, Semarang. Foto: Bella Cynthia / kumparan
Dari Gereja Blenduk kamu hanya perlu jalan beberapa meter saja untuk menuju ke Gedung Marba. Gedung yang punya arsitektur unik khas era Kolonial Belanda ini menjadi spot foto favorit di Kota Lama Semarang.
Bangunan berwarna putih serta memiliki corak berwarna kecokelatan ini hampir setiap sudutnya bisa kamu jadikan untuk berfoto, lho.
4. Spiegel Bistro
Gedung Spiegel Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Setelah Gedung Marba, kamu bisa mencoba spot foto lain yang tak kalah menarik yaitu di Gedung Spiegel. Spiegel Bistro merupakan salah satu cafe dengan bangunan cagar budaya.
Dulunya tempat ini merupakan sebuah bengkel mobil. Kemudian, tempat ini menjadi salah satu cafe yang Instagramable di Semarang.
Kamu bisa berfoto di luar gedung spiegel dengan tulisannya yang khas. Ataupun, berfoto di dalamnya sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang dijual di cafe tersebut.
ADVERTISEMENT
5. Rumah Akar
Wisatawan yang sedang berfoto di sekitar rumah akar Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Spot foto menarik selanjutnya di Kota Lama Semarang ialah rumah akar. Tempat ini bisa dibilang sebagai spot foto favorit.
Lokasinya berada tepat di seberang museum 3D Semarang tepatnya di sekitar lorong Keris Cafe. Saat menginjakkan kaki pertama kali di tempat ini kamu akan menemukan sebuah rumah tua berwarna kecokelatan, kusam, dengan atapnya yang tak lengkap. Di tengah rumah tersebut terdapat sebuah pohon besar yang akarnya menempel ke dinding.
Tak pelak, tempat ini pun jadi spot foto buruan wisatawan saat berlibur di Semarang. Bahkan, tak jarang rumah akar kerap dijadikan tempat untuk pengambilan gambar pre wedding pasangan yang akan menikah.
6. Galeri Seni Kontemporer Semarang
Semarang Contemporary Art Gallery Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Semarang Contemporary Art Gallery tak hanya menjadi rumah bagi puluhan bahkan ratusan karya seni para seniman. Galeri yang berada tidak jauh dari Gedung Spiegel ini juga bisa kamu jadikan sebagai spot untuk berfoto.
ADVERTISEMENT
Dari luar gedung ini saja sudah tampak menarik dan instagenic karena bangunannya yang khas. Di dalamnya pun kamu bisa berfoto dengan beragam karya seni yang kece untuk dijadikan latar foto.
Jangan lupa untuk mampir ke bagian belakang museum di mana terdapat sebuah patung yang berdiri agak miring. Patung ini menjadi spot favorit bagi para pengunjung dan seolah menjadi ikon Semarang Contemporary Art Gallery.
7. Oudetrap Theatre
Gedung Oudetrap Theatre Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Terakhir, Oudetrap Theatre merupakan sebuah ruang untuk seni pertunjukan atau teater.
Gedung Oudetrap adalah satu di antara gedung cagar budaya bernuansa bangunan Belanda di Kawasan Kota Lama Semarang yang difungsikan sebagai galeri kesenian dan kebudayaan di Kota Semarang.
Selain menikmati pertunjukkan seni yang digelar, tempat ini juga bisa kamu jadikan sebagai spot fotomu, lho.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, tertarik untuk mengabadikan fotomu di sana?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81