kumparan
20 Sep 2019 11:00 WIB

Liburan ke Sulawesi, Jangan Lupa Kunjungi 4 Danau Instagramable Ini

Danau Matano di Sulawesi Selatan Foto: Shutter Stock
Saat mendengar nama Wakatobi atau Bunaken yang terlintas di benakmu tentu objek wisata indah di Sulawesi. Ya, memang keduanya menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan ketika liburan di pulau yang dijuluki Celebes itu.
ADVERTISEMENT
Tapi enggak cuma itu, ada destinasi wisata yang tak kalah menarik lainnya. Apalagi sebagai pulau terbesar keempat di Indonesia, Sulawesi menyimpan banyak destinasi wisata indah bagi wisatawan.
Salah satunya adalah danau-danau dengan panorama alam memukau. Mulai dari danau yang dinobatkan sebagai danau terdalam di Asia Tenggara, hingga danau yang punya air tiga warna. Berikut empat danau Instagramable di Sulawesi yang menarik untuk kamu kunjungi.
1. Danau Matano
Danau cantik pertama yang bisa kamu temukan saat liburan ke Pulau Sulawesi adalah Danau Matano. Danau ini terletak di kawasan Pegunungan Verbek, Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.
Selain indah, danau yang memiliki kedalaman hingga 590 meter ini menjadikan Matano sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan menempati peringkat ke-10 sebagai danau terdalam di dunia. Kedalaman danau Matano juga jadi habitat ikan purba, lho.
ADVERTISEMENT
Bicara soal keindahannya, danau Matano punya pemandangan yang asri dan Instagramable. Buktinya, tempat ini selalu dipadati wisatawan pada hari libur dan akhir pekan. Mereka biasanya hendak menyaksikan panorama senja atau mengabadikan momen dengan sunset yang memukau.
Menariknya, kamu juga bisa mengunjungi sejumlah pulau yang berada di tengah Danau Matano dengan menyewa perahu motor di sekitar danau. Tak sampai di situ, terdapat beberapa aktivitas yang bisa dijajal wisatawan, mulai dari naik perahu kano, bermain rafting, hingga snorkeling.
2. Danau Linow
Selain Matano, Danau Linow menjadi destinasi wisata selanjutnya yang enggak boleh kamu lewatkan saat berlibur di Pulau Besi. Danau Linow terletak di Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Tomohon yang berjarak sekitar 40 km dari kota Manado.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman Pesona Indonesia, nama "Linow" sendiri berasal dari kata "Lilinowan" yang berarti tempat berkumpulnya air. Di danau yang menjadi kebanggan masyarakat Sulut ini, kita bisa melihat warna air yang dapat berubah-ubah menjadi hijau, biru, dan kuning kecokelatan. Perubahan ini terjadi karena unsur belerang yang tertimbun di dalam danau, serta pembiasan dan pantulan sinar matahari yang menyebabkan warna air di Danau Linow bisa berubah.
Selain itu, Danau Linow juga menawarkan spot Instagramable, karena di sepanjang sisi danau wisatawan bisa berfoto sembari menikmati hawa sejuk. Apalagi, sisi danau telah diberi paving blok yang memudahkan wisatawan untuk menikmati keindahan Linow.
Berkeliling di tepian danau menjadi aktivitas yang dapat dilakukan di danau ini. Namun, kamu jangan coba-coba untuk berenang, karena kandungan belerang yang tinggi bisa membuat tubuh terluka dan berakibat fatal.
ADVERTISEMENT
3. Danau Moko
Selain danau Matano dan Linow, Danau Moko menjadi salah satu danau Instagramable berikutnya yang bisa kamu temukan di Sulawesi. Berada di Desa Walengkabola, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, danau ini punya panorama alam memukau dengan air birunya yang jernih. Walaupun mempunyai tiga danau, yaitu Danau Moko I, II, dan III, tetapi semuanya terletak berdekatan, kok.
Keindahan Danau Moko berasal dari air yang jernih bak kaca dan hutan rimbun yang mengelilingnya. Menariknya, di danau Moko hidup seekor penyu besar dan tua yang bahkan sangat jinak.
Saat kamu menyelam dan mendekati penyu tersebut, maka penyu akan menghampiri seolah menyapa. Hewan tersebut seolah sudah terbiasa dengan kedatangan manusia, sehingga kamu juga bisa berswafoto dengannya.
ADVERTISEMENT
4. Danau Tondano
Terakhir, Danau Tondano menambah deretan danau Instagramable di Sulawesi yang menarik dikunjungi. Danau Tondano merupakan danau terluas di Pulau Sulawesi yang terletak di Kabupaten Minahasa, Sulut.
Luasnya mencapai 4.278 hektare, serta dikelilingi oleh tiga gunung dan satu bukit, di antaranya Gunung Lembean, Gunung Kaweng, Gunung Masarang, dan Bukit Tampusu. Berada di ketinggian 684 mdpl, saat berada di tempat ini wisatawan bisa merasakan udara yang sangat sejuk.
Pemandangan perbukitan hijau di sekitarnya juga membuat Danau Tondano banyak diminati wisatawan. Tak heran bila Danau Tondano menjadi tempat wisata andalan di Sulawesi Utara setelah Taman Nasional Bunaken.
Salah satu daya tarik di danau ini adalah terdapatnya sebuah pulau kecil di bagian tengahnya, yaitu Pulau Likri. Uniknya, Pulau Likri mirip segumpal rumput yang mengambang di tengah danau.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa berfoto di sekitar danau dengan pemandangannya yang menakjubkan. Selain berfoto, memancing menjadi kegiatan yang bisa kamu lakukan, karena Danau Tondano terkenal kaya akan ikan tawar.
Gimana, siap liburan ke Sulawesi?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan