Pencarian populer

Makna di Balik Simbol Wonderful Indonesia

Logo Wonderful Indonesia. (Foto: kemenpar.go.id)

Gaung Wonderful Indonesia semakin mendunia. Di setiap tempat wisata Indonesia, bukan hal yang baru lagi melihat simbol Wonderful Indonesia ada di setiap sisinya.

Mulai dari banner, logo di pamflet nama tempat wisata, hingga transportasi wisata tidak luput dari simbol wisata Indonesia tersebut.

Bahkan yang lebih membanggakan lagi, simbol Wonderful Indonesia bisa kamu temukan 'wara-wiri' di luar negeri.

Bus dengan logo Wonderful Indonesia di Rusia. (Foto: Facebook/@kemenpar)

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menuturkan, ada 20 bus berhias simbol Wonderful Indonesia di Rusia untuk pertandingan akbar Piala Dunia 2018 dan pada 2016 silam pada pertandingan UEFA EURO di Paris.

Bus dengan logo Wonderful Indonesia di Rusia. (Foto: Facebook/@kemenpar)

Bukan tanpa sebab, penggunaan simbol Wonderful Indonesia di transportasi umum tersebut menjadi salah satu bentuk 'promosi' wisata Indonesia di mata dunia.

Namun di balik keindahan dan logo yang menjadi branding wisata Indonesia tersebut, tahukah kamu apa makna di baliknya?

Memiliki logogram yang sama, ternyata Pesona dan Wonderful Indonesia memiliki arti yang sama.

Menpar Arief Yahya di Youth x Public Figure (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)

Arief Yahya mengemukakan bahwa pemerintah bersepakat bahwa Wonderful dan Pesona Indonesia dianggap setara.

"Wonderful indonesia itu indah, mengagumkan setara dengan pesona indonesia. Kata 'pesona' sendiri sudah identik dengan pariwisata nasional kita," katanya.

Candi Borobudur, Magelang. (Foto: Flickr / AlGraChe)

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata, Wonderful atau Pesona Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia. Janji bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, dari alam maupun budayanya. Indonesia menjadi tempat bagi semua orang untuk menikmati 'World of Wonderful'.

Logo Pesona Indonesia. (Foto: kemenpar.go.id)

Mengambil bentuk burung sebagai logo, burung dianggap melambangkan hidup damai antar sesama. Senada dengan lambang bangsa, burung yang menjadi logogram Wonderful Indonesia adalah burung garuda yang merentangkan sayap. Rentangan sayap tersebut memberikan arti keterbukaan dan hasrat untuk terbang jauh melintasi batas.

Digambar dengan menggunakan lima warna yang berbeda, setiap warna pada bulu yang digurat pada logo Wonderful Indonesia memiliki makna tersendiri.

com-Nusa Penida 2 (Foto: Unsplash)

Warna hijau bermakna kreativitas, ramah pada alam dan keselarasan. Warna ungu berati kesatuan lahir batin, kmanan, dan imajinasi, jingga bermakna inovasi, semangat pembaruan dan keterbukaan. Sedangkan warna biru berarti kedamaian, keteguhan, kesemestaan, dan magenta melambangkan keseimbangan, sifat praktis dan akal yang sehat.

Dalam penggunaanya, simbol Wonderful Indonesia digunakan untuk media internasional yang ditujukan pada audiens internasional. Sedangkan Pesona Indonesia digunakan untuk media domestik untuk menyasar audiens domestik.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23