kumparan
3 Jun 2018 15:21 WIB

Menikmati Grand Canyon Versi Jerman dari Jembatan Bastei

Bastei di Jerman (Foto: Pixabay)
Kamu barangkali selama ini mengira Grand Canyon hanya ada di Amerika Serikat. Namun ternyata, Jerman juga memiliki taman nasional yang hampir mirip. Adalah Bastei di Taman Nasional Saxon Switzerland yang disebut-sebut sebagai Grand Canyon versi Jerman.
ADVERTISEMENT
Ya, taman nasional itu dipenuhi batuan raksasa yang berbaris bagaikan membentuk sebuah benteng. Menjulang tinggi hingga 200 meter seperti hendak menggandeng langit. Bastei sendiri berarti bastion atau benteng pertahanan dalam Bahasa Jerman, merupakan nama yang sangat mendeskripsikan bentuk lanskapnya.
Bastei di Jerman (Foto: Pixabay)
Sama halnya seperti Grand Canyon yang terbentuk karena aktivitas Sungai Colorado selama jutaan tahun, batuan Bastei terbentuk karena erosi Sungai Elbe yang mengalir di bawahnya.
Namun yang berbeda, Bastei tak tampak gersang seperti Grand Canyon. Kamu bisa melihat tumbuhan hijau bertahan hidup di antara sela batuan gamping itu.
Menariknya, kamu juga bisa menikmati panorama luar biasa itu dari atas Jembatan Bastei yang menghubungkan formasi batuan. Dibangun pada 1851, jembatan yang ada kini menggantikan jembatan kayu yang dianggap tidak layak mengakomodasi ribuan turis setiap harinya.
Bastei di Jerman (Foto: Pixabay)
Dilansir dari situs resmi Saxon Switzerland, Jembatan Bastei melintang sepanjang 76,5 meter. Menaiki jembatan ini bisa dilakukan kapan pun karena dibuka 24 jam. Namun, waktu terbaik mengunjunginya adalah setelah matahari terbit dan menjelang sunset.
ADVERTISEMENT
Dari Jembatan Bastei kamu juga bisa mampir ke reruntuhan Kastil Neurathen yang didirikan pada abad ke-11. Bangunan itu merupakan kastil batu terbesar di Taman Nasional Saxon Switzerland.
Indah sekali bukan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan