kumparan
29 Des 2017 11:04 WIB

Menyepi Sejenak di Pulau Kadidiri yang Tersembunyi

Suasana pantai di Pulau Kadidiri yang masih sepi (Foto: Instagram/@frogandbean)
Memulai awal tahun dengan menjauhi hiruk pikuk kota bisa jadi ide liburan yang menarik. Jika kamu tipe traveler yang tidak suka keramaian, Pulau Kadidiri merupakan destinasi sempurna.
ADVERTISEMENT
Pulau Kadidiri merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togeandan, Sulawesi Tengah. Banyak yang menyebut pulau ini masih perawan karena masih sepi, bebas polusi, dan letaknya tersembunyi.
Pulau ini bisa ditempuh dengan kapal feri menuju Gorontalo dan transit di Pulau Wakai. Dari Pulau Wakai, bisa melanjutkan dengan speedboat. Total lama perjalanan sekitar 8 jam.
Saat bertandang ke Pulau Kadidiri, kamu harus siap rehat sejenak dari media sosial dan koneksi terhadap dunia luar. Sebab, sinyal ponsel akan susah ditangkap gadget-mu di Pulau Kadidiri. Bahkan, sumber air tawar juga tidak ada!
Lalu apa yang membuat Pulau Kadidiri patut dijadikan destinasi?
Laut di sekitar Pulau Kadidiri (Foto: Instagram/@gerardsainz)
Kawasan bawah laut sekitar Pulau Kadidiri punya keindahan yang mencengangkan. Bahkan kamu tak perlu memakai peralatan snorkeling atau diving untuk menikmati kecantikan taman laut Kadidiri. Pasalnya, hanya berenang 5 meter dari bibir pantai, kamu sudah bisa melihat terumbu karang yang masih terjaga.
ADVERTISEMENT
Tentunya kamu butuh peralatan yang memadai untuk menyelam lebih jauh. Ikan warna-warni dan penyu akan menyapamu di bawah sana. Untuk mencapai titik penyelaman yang sempurna, kamu bisa menyewa speedboat seharga Rp 300 – 500 ribu per hari.
Sekitar 16 kilometer ke arah timur laut dari bibir pantai Kadidiri, kamu bisa menemui puing pesawat B-24 yang berasal dari Perang Dunia II. Karena sudah puluhan tahun karam di dasar laut, bangkai pesawat itu telah menjadi rumah terumbu karang dan berbagai biota laut.
Selain lautnya yang mempesona, kamu juga bisa melakukan banyak hal di darat Pulau Kadidiri. Seperti berjemur, trekking di kawasan hutan Pulau Kadidiri, atau sekadar bersantai di pantai untuk menyegarkan pikiran.
Keindahan bawah laut Kadidiri (Foto: Instagram/@mynameis.travel)
Tak jauh dari Pulau Kadidiri, kamu juga bisa mengeksplor pulau-pulau di sekitarnya. Misalnya Pulau Taipi yang hanya 4 km jauhnya dari Kadidiri atau Pulau Una-Una yang punya Gunung Colo.
ADVERTISEMENT
Tak perlu khawatir soal akomodasi jika berkunjung ke Kadidiri. Sudah banyak penginapan yang bisa kamu pilih sesuai dengan bujetmu. Mulai dari penginapan Rp 200 ribuan per malam, hingga cottage mewah yang dikelola asing.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan