kumparan
5 Sep 2019 9:02 WIB

Pangeran Harry Luncurkan Proyek Dukung Traveling Ramah Lingkungan

Pangeran Harry, Chairwoman Booking.com Gillian Tans, CEO Ctrip Jane Sun, President Hotels of TripAdvisor Kanika Soni, Global Head Merchant Sales & Acquiring Visa Suzan Kereere, dan CEO Skyscanner Bryan Dove Foto: Dok. Booking.com
Pangeran Harry sudah lama dikenal sebagai bangsawan Inggris pecinta traveling yang sangat peduli dengan alam maupun lingkungan. Kabarnya, Duke of Sussex itu bahkan tidak mau menggunakan peralatan maupun perabotan berbahan dasar plastik yang disediakan oleh hotel ketika tengah menginap.
ADVERTISEMENT
Sejak kecil ia telah diajarkan oleh sang ayah untuk mencintai lingkungan, tak heran perjalanan liburannya pun sering kali membawa ia ke alam bebas dan liar. Seiring waktu, traveling kini menjadi bagian hidup bagi hampir seluruh masyarakat dunia, bukan hanya bagi Pangeran Harry saja.
Ilustrasi overtourism yang melanda dunia saat ini Foto: Dok. Booking.com
Menurut penelitian yang dilakukan oleh World Tourism Organization (UNWTO), dalam 10 tahun terakhir jumlah turis yang berkunjung ke negara-negara berkembang akan mencapai 1 miliar per tahunnya. Jumlah ini bahkan mencakup 57% seluruh perjalanan internasional yang dilakukan oleh warga dunia.
UNWTO juga mencatat bahwa jumlah traveler yang melakukan perjalanan internasional juga terus meningkat dan akan mencapai angka 1,8 miliar orang sebelum tahun 2030. Sehingga tidak heran banyak destinasi wisata yang saat ini mulai menghadapi banyak permasalahan akibat wisata itu sendiri.
Ilustrasi binatang liar kehilangan tempat tinggal Foto: Dok. Booking.com
Mulai dari soal sampah yang mulai tak terkontrol, overtourism yang mengganggu penduduk lokal hingga munculnya kekhawatiran akan keberlangsungan situs penting karena terlalu banyak pengunjung yang datang. Belum lagi soal satwa langka dan juga penduduk lokal yang semakin sulit mendapatkan 'ruang' bagi diri mereka sendiri.
ADVERTISEMENT
Melihat kondisi wisata saat ini yang kian membahayakan bagi lingkungan, Pangeran Harry kemudian membuat sebuah proyek kemitraan.
Pangeran Harry dan berbagai institusi penyedia perjalanan dalam launching Travalyst Foto: Dok. Booking.com
Pangeran Harry dan berbagai institusi penyedia perjalanan dalam launching Travalyst Foto: Dok. Booking.com
Menggaet berbagai instistusi penyedia perjalanan seperti Booking.com, Ctrip, Skyscanner, Visa dan Trip Advisor, Pangeran Harry berharap nantinya Travalyst bukan hanya dapat membantu para pecinta lingkungan untuk mendapatkan perjalanan wisata yang menyenangkan, tetapi juga jadi penggerak perubahan bagi industri pariwisata itu sendiri.
Dalam rilis resmi yang diterima kumparan, proyek kerja sama Travalyst bertujuan untuk meningkatkan konservasi serta perlindungan lingkungan, mengembangkan pembangunan ekonomi dan komunitas lokal melalui praktik pariwisata yang berkelanjutan dari sisi wisata.
"Traveling memiliki kekuatan yang tak tertandingi untuk membuka pikiran orang tentang budaya lain, pengalaman baru, dan kesempatan mengapresiasi apa yang ditawarkan dunia.
ADVERTISEMENT
Dengan semakin bertumbuhnya pariwisata, sangat penting juga untuk mempercepat adopsi praktik wisata berkelanjutan di seluruh dunia, agar bisa mengimbangi pertumbuhan ini dengan kebutuhan lingkungan maupun populasi setempat," kata suami dari Meghan Markle ini dalam pidatonya saat meluncurkan proyek ini di Amsterdam, Belanda.
Pangeran Harry memberikan pidato dalam peluncuran Travalyst Foto: Dok. Booking.com
Inisiatif perdana yang dipimpin oleh Pangeran Harry ini nantinya akan mempertemukan para pebisnis global yang menghubungkan pelanggan dengan operator dalam pasar, meningkatkan kesadaran akan lingkungan, mengedukasi, sekaligus melakukan promosi atas perubahan positif yang telah dilakukan.
Sehingga nantinya eksplorasi wisata yang dilakukan oleh traveler tidak akan berdampak negatif bagi lingkungan, tetapi justru dapat melindungi tempat, penduduk lokal, satwa liar, menangani perubahan iklim dan kerusakan lingkungan, serta mengurangi dampak pariwisata yang berlebihan.
ADVERTISEMENT
Gimana, kamu setuju dengan proyek milik Pangeran Harry ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·