Pencarian populer

Pertama Kali ke Karimunjawa? Yuk, Intip 7 Tips Jitu Liburan Seru Ini

Traveler sedang menikmati Karimunjawa yang eksotis (Foto: Shutter Stock)

Bagi penikmat laut, Karimunjawa menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi bersama keluarga atau pasangan tercinta. Ombak dan lautannya yang jauh dari kata ganas membuat daerah di pesisir Jawa Tengah yang berdekatan dengan Jepara ini juga aman untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Wajar saja, jika Karimunjawa dapat dipastikan selalu padat oleh pengunjung baik dari dalam atau luar negeri. Terutama setelah hadirnya bandara dan munculnya beberapa rute penerbangan dari Semarang menuju Karimunjawa dan sebaliknya dengan harga yang relatif terjangkau.

Apabila kamu salah satu traveler yang sedang merencanakan perjalanan liburan ke Karimunjawa, ada beberapa tips yang mesti kamu tahu dan perhatikan sebelum menyambanginya. Apa saja?

1. Pilih Waktu yang Tepat

Ilustrasi kalender (Foto: Shutter Stocks)

Sebelum mulai berpetualang, tentunya kamu mesti memilih waktu yang tepat. Karena pemilihan tanggal yang tepat dapat mempengaruhi jenis transportasi dan waktu tempuh yang akan dihabiskan untuk menyeberang.

Hindari berangkat pada musim penghujan untuk menghindari badai dan gelombang tinggi. Akan lebih baik lagi, kalau kamu mengecek perkiraan BMKG sebelum memulai keberangkatan. Sehingga nantinya kamu bisa menikmati indahnya Karimunjawa secara penuh.

Waktu terbaik yang direkomendasikan untuk liburan ke Karimunjawa antara lain Mei dan Agustus karena angin tidak terlalu kencang dan ombak laut juga tak terlalu tinggi.

2. Rencanakan Sematang Mungkin

com-Itinerary (Foto: Thinkstock)

Mungkin kamu tipikal traveler yang impulsif dan serba dadakan, yang bisa berangkat, kapanpun kamu mau. Meski begitu, untuk perjalanan ke Karimunjawa ada baiknya kamu lebih banyak melakukan riset terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Misalnya saja cuaca yang kurang baik atau kesalahan jadwal angkutan penyeberangan yang bisa saja membuat kamu mesti menunda rencana keberangkatan dan menunggu jadwal berikutnya yang belum tentu jelas.

Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk jalan sendiri atau dengan group tour. Sesuaikan itinerary yang disediakan dengan kebutuhanmu, preferensi yang kamu miliki, dan tentunya pundi-pundi dalam kocek, ya.

3. Bawa Tabir Surya, Sunglasses, dan Alas Kaki yang Memadai

Anak traveling ke pantai (Foto: Shutter Stock)

Tak hanya bertemu hiu-hiu lucu dan menikmati segarnya lautan biru, di Karimunjawa kamu bisa menemukan hutan mangrove dan gosong pasir yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu ada pula kawasan alun-alun yang menjual beragam hasil laut yang segar. Wah, jalan-jalanmu pasti akan terasa semakin seru.

Untuk itu, kamu mesti menggunakan alas kaki yang nyaman dan cocok untuk digunakan di berbagai kondisi, baik daratan maupun lautan. Jadi kamu tak akan kesulitan atau membuang waktu hanya untuk mengganti alas kaki.

Usahakan selalu membawa alas kaki untuk menghindarkan kakimu dari luka akibat terkena karang atau benda tajam lainnya. Sedangkan untuk melindungi kulit agar tidak terbakar sinar matahari yang terik, jangan lupa untuk senantiasa membawa tabir surya.

Terakhir, jangan lupakan sunglasses untuk membantu penglihatanmu di tengah silaunya mentari.

4. Penuhi Daya Batere Perangkat Elektronik Milikmu

Mengisi baterai smartphone di tempat umum (Foto: Thinkstock)

Bagi kamu yang menginap di hotel berbintang empat ke atas, listrik padam mestinya bukanlah permasalahan besar, karena biasanya penginapan memiliki genset yang bisa dinyalakan sesuai kebutuhan. Tapi jika kamu menginap di hotel bintang tiga ke bawah atau homestay, bersiaplah 'gelap-gelapan ria'.

Karenanya saat listrik sedang tersedia, usahakan untuk selalu mengisi penuh perangkat elektronikmu seperti ponsel, iPad, dan power bank milikmu. Biasanya listrik akan menyala pada pukul 18.00 - 06.00 WIB, jadi pada waktu tersebut kamu bisa mengisi daya perangkat elektronikmu.

Sehingga jika listrik padam, kamu tetap memiliki batere cadangan untuk berkomunikasi maupun ber-selfie ria sembari liburan.

5. Berbaurlah dengan Penduduk Lokal

Pelancong Berbaur dengan Masyarakat Lokal (Foto: PIXABAY)

Ke manapun kaki melangkah, baik di dalam atau di luar negeri, berbaur dengan penduduk lokal menjadi salah satu tips jitu terbaik yang wajib kamu tahu. Pasalnya dengan mengenal penduduk lokal dengan lebih baik dan lebih akrab, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar traveling di tempat yang kamu tuju.

Mulai dari sejarah, budaya, hingga kebiasaan para penduduknya. Dengan mengenal penduduk lokal, ada kemungkinan kamu juga bisa diajak berkeliling ke destinasi wisata tersembunyi yang jarang didatangi wisatawan, lho.

Apa lagi di saat-saat penting ketika kamu membutuhkan pertolongan, mereka pasti tidak akan segan-segan untuk membantu kamu. Walau begitu, jangan pula terlalu akrab dan mudah percaya dengan orang lain, ya. Keamanan dan keselamatanmu jauh lebih diperlukan, lho.

6. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Uang Tunai (Foto: Thinkstock)

Sebelum menyeberang ke Karimunjawa, siapkan uang tunai sesuai kebutuhanmu saat masih berada di Jepara. Keterbatasan fasilitas mesin ATM di Karimunjawa akan menyulitkanmu saat hendak mengambil uang.

Sebab di Karimunjawa hanya tersedia beberapa mesin ATM saja, itu pun belum tentu sama dengan bank yang kamu gunakan. Yang pastinya akan membuat kamu kena charge tersendiri dari bank. Di luar itu, masih ada pula kemungkinan uang yang tersedia dalam ATM habis, ATM rusak, atau antrean panjang wisatawan yang mesti kamu antisipasi.

7. Bawa Perlengkapan Tambahan Sendiri Sesuai Kebutuhan

Clown fish di bawah laut Karimunjawa (Foto: Shutter Stock)

Perlengkapan tambahan ini perlu tapi bukan menjadi hal yang wajib. Jadi hanya disesuaikan dengan kebutuhanmu saja. Misalnya kamu berencana liburan tanpa group tour dan ingin snorkeling, kamu bisa membawa alat snorkel sendiri, terutama jika kamu memang lebih suka menggunakan peralatanmu sendiri.

Ilustrasi Hammock (Foto: www.rei.com)

Bagi kamu yang berniat liburan bersama teman-teman atau keluarga tercinta, kamu bisa membawa tikar atau matras yang simpel untuk dijadikan alas duduk saat piknik bersama. Kamu bisa juga membawa hammock untuk dijadikan tempat bersantai ria, dan tenda kalau memang berniat untuk kemping bersama.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35