Pencarian populer

Pesona Pulau Piugus, Pulau Cantik bak Maldives versi Indonesia

Pulau Piugus, Kabupaten Anambas (Foto: Elma Lisa Bancin/kumparan)

Jika ingin merasakan liburan tanpa diganggu banyak orang, mungkin Pulau Piugus di Anambas bisa menjadi salah satu alternatif pilihan kamu. Berada di kawasan Pal Matak, kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Piugus merupakan pulau yang masih bersih, sepi, alami, dan banyak dihiasi hijaunya pepohonan.

Deburan ombaknya mampu menentramkan pikiran dan jiwa siapa pun yang melihatnya. Semua rasa lelah dan penat setelah menjalani rutinitas di kota yang padat, dijamin akan hilang saat berlibur di pulau ini.

Meskipun demikian, untuk menuju Pulau Piugus, wisatawan harus menempuh perjalanan lewat udara, darat, dan laut. Bila dari Jakarta, kamu bisa menggunakan pesawat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit menuju Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang. Setelah itu, kamu kembali harus melanjutkan perjalanan selama satu jam menggunakan pesawat kecil, Express Air hingga Bandara Matak, yang terdapat di Matak, Kepulauan Anambas.

Pemandangan Pulau Piugus (Foto: Elma Lisa Bancin/kumparan)

Dari bandar Matak, kamu dapat menyewa transportasi darat milik penduduk lokal menuju pelabuhan matak. Waktu yang diperlukan dari Bandara ke pelabuhan menggunakan jalur darat sekitar 20-30 menit.

Sesampainya di Pelabuhan Matak, perjalanan kembali dilanjutkan dengan menggunakan transportasi laut. Biasanya para penduduk lokal akan menyediakan jasa boat yang bisa digunakan menuju Pulau Piugus dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit saja. Meskipun harus melewati perjalanan panjang, tetapi rasa lelah akan langsung terobati melihat eloknya pemandangan Pulau Piugus.

Selain itu, pulau ini merupakan kawasan yang cocok untuk melakukan snorkeling dan diving. Airnya yang masih bersih jernih, membuat para pengunjung bisa dengan jelas melihat biota laut, mulai dari terumbu karang, ikan-ikan lucu dengan warna-warna menggemaskan, hingga kuda laut.

Resort di Pulau Piugus (Foto: Elma Lisa Bancin/kumparan)

Ombaknya yang stabil dan tidak terlalu kuat membuat para pemula bisa dengan mudahnya belajar snorkeling di sini. Selain itu pengunjung juga dapat menemukan kerang-kerang dengan bentuk yang beragam di Pulau Piugus.

Bak pulau pribadi, Piugus tidak memiliki penduduk dan hanya digunakan sebagai objek wisata. Pulau ini hanya akan ramai jika banyak wisatawan yang berkunjung dan menginap di resort yang terdapat di pulau tersebut.

Semua pengelola resort biasanya akan pulang ke rumah masih-masing pada malam hari jika mereka telah selesai melayani para tamu, sehingga hanya pengunjung resort saja yang tinggal di Pulau Piugus.

Jembatan menuju resort di Pulau Piugus (Foto: Elma Lisa Bancin/kumparan)

Selain itu, karena belum tersedianya aliran listrik, setiap resort di pulau ini akan memutuskan aliran listrik mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 17.30 WIB. Pasalnya pihak pengelola penginapan masih menggunakan tenaga genset untuk mendistribusikan energi listrik.

Ingin tahu pesona Pulau Piugus yang sering juga disebut Maldives versi Indonesia? Yuk, simak video di bawah ini!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: