Pencarian populer

Polemik Gembok Cinta, Simbol Pasangan yang Dimabuk Asmara

Gembok Cinta di Namsan Tower, Korea Selatan Foto: Shutter Stock

Simbol cinta tak melulu soal bunga, cokelat atau boneka. Bisa juga digantikan dengan sebuah gembok.

Ya, gembok cinta, begitulah penyebutannya. Beberapa tahun kebelakang, benda satu ini tengah naik daun sebagai simbolis kasih sayang dari pasangan.

Mereka yang tengah di mabuk asmara biasanya akan menuliskan nama dirinya dan sang kekasih di gembok tersebut. Kemudian menguncinya di pagar jembatan atau kerangka besi yang dibuat sedemikian rupa.

Gembok Cinta di Pont des Arts, Paris, Prancis Foto: Shutter Stock

Namsan Tower di Korea Selatan dan Pont des Arts di Prancis, merupakan segelintir lokasi yang pernah dan masih menyediakan tempat untuk menggantung gembok cinta. Namun, keduanya punya nasib yang berbeda.

Menurut laporan CNN, tradisi gembok cinta masuk ke Prancis tahun 2008 dan Jembatan Pont des Arts adalah salah satu tempat yang dipenuhi gembok cinta. Sayang, 4 tahun kemudian, Lisa Anselmo, salah satu pendiri No Love Locks, mengatakan jika tren itu menimbulkan masalah.

Dilansir dari Reuter, akhirnya pada 2014 Kota Paris pun melarang wisatawan memasang gembok cinta di Jembatan Pont des Art. Kemudian setahun kemudian, pada 2015, pemerintah mengangkut dan memindahan gembok-gembok tersebut.

"Ini adalah akhir dari gembok cinta karena merusak estetika jembatan yang dapat menyebabkan kecelakaan,” kata Bruno Julliard, wakil walikota Paris.

Sebelum dipindahkan, setidaknya ditemukan hampir satu juta gembok, dengan total berat 45 ton atau setara dengan 20 gajah memenuhi Jembatan Pont des Art. Tak hanya itu, sebagian besar wisawatan yang menaruh gembok juga akan melempar kunci ke Sungai Seine yang berada di bawah jembatan.

Lain tempat lain cerita. Namsan Tower di Seoul, Korea Selatan juga punya pagar berhias gembok warna-warni.

“Penjualan kunci telah meningkat tajam setelah berita (tentang Namsan Tower) disiarkan,” jelas Lee Jung-hoon, seorang pegawai menara, seperti di kutip dari Korea Times.

Deretan Gembok Cinta di Namsan Tower, Korea Selatan Foto: Shutter Stock

Sejalan dengan penjualan gembok yang meningkat, jumlah gembok cinta yang terpasang di pagar Namsan Tower pun semakin penuh. Tentu, beragam masalah pun timbul seperti di Jembatan Pont des Arts.

Misalnya saja, pengunjung anak-anak akhirnya tidak bisa menikmati pemandangan karena tertutup gembok. Belum lagi dahulu pengunjung sering membuang kunci secara sembarangan yang kerap melukai orang lain, hingga beberapa pasangan menggantung kunci mereka di tempat yang tidak semestinya, seperti barikade jalan.

Pengunjung yang Memasang Gembok Cinta di Namsan Tower Foto: Shutter Stock

Lee juga berbagi cerita kala itu dirinya melihat seorang pria yang datang dengan wanita yang berbeda dalam kurun waktu 2 bulan.

“Saya cukup kaget karena saya melakukan (memasang gembok) hanya dengan pacar saya,” ungkapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23