kumparan
2 Jan 2018 14:13 WIB

Pria asal Yordania Sulap Mobil VW Menjadi Hotel Terkecil di Dunia

Hotel terkecil di dunia ada di Yordania. (Foto: Reuters/Muhammad Hamed)
Ada- ada saja akal manusia untuk berbisnis. Seorang pria berusia 64 tahun di Yordania, menyulap mobil Volkwagen (VW) Beetle tuanya menjadi hotel. Mohammad Al-Malahim, sang pemilik, mengklaim mobilnya sebagai hotel terkecil di dunia.
ADVERTISEMENT
Mobil berwarna putih itu diparkir di dekat Kastil Shobak yang terletak tak jauh dari Amman, ibu kota Yordania. Al-Malahim sendiri tinggal di dalam gua yang ia temukan di dekat area tersebut.
Mobil VW Beetle dijadikan hotel. (Foto: Reuters/Muhammad Hamed)
Dulunya Al-Malahim adalah seorang pegawai pemerintah yang kemudian pensiun pada 1990. Sayangnya, dana pensiun tersebut tidak cukup untuk menghidupi ia dan keluarganya, sehingga Al-Malahim harus memutar otak. Ia berjualan minuman, souvenir hingga pakaian tradisional untuk wisatawan Kastil Shobak.
Keluarganya sempat menemaninya tinggal di gua. Anaknya kemudian pindah dan istrinya meninggal, hingga tersisa hanya dia dan mobil VW yang kurang populer di Yordania.
Al-Malahim lalu menyulap mobilnya menjadi hotel. Ia memberi sentuhan khas kesenian Yordania pada interior mobil untuk menghidupkan suasana tradisional.
ADVERTISEMENT
Menginap di mobil VW milik Al-Malahim dikenai tarif 25 Dinar Yordania atau senilai Rp 477 ribu. Harga itu sudah termasuk sarapan dan makan malam. Tentunya kamu tak bisa mengajak banyak orang untuk menginap, karena mobil itu hanya muat untuk dua orang tamu.
Mohammed Al-Malahim, pemilik hotel terkecil. (Foto: Reuters/Muhammad Hamed)
“Saya tidak begitu ingin uang. Saya lebih ingin tamu,” ungkap Al-Malahim, dilansir Alex Mousan.
Ide kreatif pria tersebut telah banyak diberitakan media mancanegara. Bahkan, guanya telah dikunjungi banyak orang penting, seperti Perdana Menteri Prancis hingga Duta Besar Jepang.
Dekorasi gua yang ditinggali Al-Malahim juga tak kalah menarik. Ia menghiasi dinding gua dengan sertifikat penghargaan yang diterimanya, foto-foto pengunjung gua, hingga tanda tangan tamu yang pernah bermalam di mobil VW.
Interior hotel terkecil di dunia. (Foto: Reuters/Muhammad Hamed)
Meski sudah berusia senja, Mohammed Al-Malahim tampak bahagia dengan ide-ide kreatifnya berbisnis di sektor pariwisata. Berminat menginap di hotel miliknya?
ADVERTISEMENT
======
Kamu mau uang tunai untuk jalan-jalan? Silakan ikuti kompetisi menulis bersama tiket.com. Hadiah totalnya Rp 25 juta dan lomba berakhir pada 14 Januari 2018. Info selengkapnya bisa dilihat di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan