kumparan
7 Feb 2019 9:32 WIB

Rekomendasi Destinasi Wisata Tahun 2019 Sesuai Shio, Mana Shiomu?

Danau Tekapo, Selandia Baru Foto: Dok. AirAsia
Sesuai dengan Lunar Kalender yaitu kalender yang digunakan oleh orang-orang keturunan Tionghoa, maka tahun baru Imlek kali ini menandai pergantian tahun anjing tanah menjadi babi tanah. Bagi kamu yang senang berpetualang, menikmati destinasi baru di tahun yang baru tentunya menjadi salah satu aktivitas yang wajib masuk ke dalam to-do-list tahun ini. Nah, bagi kamu yang sedang menimbang dan merencanakan memilih tujuan wisata di tahun 2019, berikut ada rekomendasi negara menurut Lonely Planet yang bisa kamu kunjungi sesuai shiomu. Ada apa saja? Yuk, kita simak. 1. Shio Babi (1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, 2019)
Indahnya tebing di tepi Barat Daya dari wilayah Burren di Country Clare, Irlandia. Foto: Doc: Pixabay
Pemilik shio babi biasanya sangat mudah untuk mengambil hati orang lain, setiap tingkahnya membuat orang lain merasa senang. Apalagi, karena pada umumnya mereka juga memiliki sifat ingin tahu, bisa dipercaya dan santai. Orang-orang yang lahir pada tahun babi juga memiliki kemampuan hebat untuk merencanakan sesuatu dan beradaptasi dengan baik. Untuk itu, Irlandia jadi salah satu negara yang bisa kamu kunjungi.
Hutan The Dark Hedges di Irlandia Utara Foto: Flickr/Johan Wieland
Masyarakatnya yang hangat dan ramah, pemandangannya yang indah, serta banyaknya koleksi bangunan tua dan bernuansa klasik seperti kastil membuatmu seakan melakukan perjalanan waktu ke masa lalu. Bagi penggemar serial film Game of Thrones, kamu bisa menemukan beragam tempat ikonik yang dijadikan sebagai lokasi syuting. Salah satunya hutan bernuansa magis, The Dark Hedges yang menampilkan barisan pohon unik membentuk tunnel yang dikenal sebagai King's Road. 2. Shio Anjing (1946, 1958, 1970, 1982, 1994, 2006, 2018)
Rocky Mountains di Amerika Serikat Foto: Flickr/Peter Stabolepszy
Sama seperti sifat anjing yang setia, kamu yang lahir pada tahun anjing memang memiliki kepribadian yang manis, setia, dan juga menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Umumnya, pemilik shio anjing lebih senang untuk duduk diam bersama orang-orang yang ia senangi ketimbang melakukan solo traveling. Meski begitu, sifatnya yang sederhana, aktif, dan senang melakukan aktivitas outdoor membuat kamu yang bershio anjing sangat cocok untuk diajak berkemah. Karenanya, kamu bisa memilih daerah Colorado, Amerika Serikat, tepatnya di kawasan Rocky Mountains. Rasakan serunya berkemah, menikmati pemandangan indah pegunungan yang membentang, dan segarnya udara menerpa wajah. Wah, dijamin, liburanmu akan terasa makin berkesan. 3. Shio Ayam (1945, 1957, 1969, 1981, 1993, 2005, 2017)
Kawanan gajah liar di Namibia Foto: Flickr/Heribert Bechen
Bagi beberapa orang, pemillik shio ayam terlihat agak sombong karena kepribadiannya yang pemberani dan percaya diri. Memiliki mimpi yang besar dan pribadi yang cukup terorganisir membuat kamu memiliki kesempatan untuk mewujudkan impian-impianmu. Di tahun babi tanah, pemilik shio ayam memiliki hasrat tinggi untuk merasakan petualangan yang menantang. Namibia, bisa jadi solusinya.
Lanskap alam di Namibia Foto: Flickr/Holger Wirth
Sebab, di Namibia kamu bisa merasakan tidur di bawah bintang-bintang malam, menjelajahi padang pasir yang luas, melihat secara langsung satwa liar di hutan, dan menyaksikan matahari terbit yang indah. 4. Shio Monyet (1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, 2016)
Pantai di Florida, Amerika Serikat Foto: Flickr/Ekaterina Vladinakova
Suka tertawa, lucu, penasaran, cepat belajar, dan dan nakal, adalah ciri-ciri pemilik shio monyet. Untuk memuaskan rasa ingin tahu kamu dan juga memberikan kamu ruang yang memadai untuk melakukan beragam aktivitas outdoor, kamu bisa menyambangi Florida, Amerika Serikat. Pasalnya di Florida kamu bisa bermain di taman hiburan, berenang, berselancar, berdansa di Miami, dan juga mencoba Everglades Grassland Airboat Tour. Tur menggunakan airboat yang memberikan kesempatan untuk melintasi padang rumput, sungai, dan laut dalam satu kali perjalanan dan melihat satwa liar seperti buaya dan burung secara langsung. 5. Shio Kambing (1943, 1955, 1967, 1979, 1991, 2003, 2015)
Gunung Taranaki, Selandia Baru Foto: Pixabay
Jalan-jalan bersama teman, membuat jaringan pertemanan yang baru saat traveling dan mendatangi kawasan hijau berudara segar memberikan pemilik shio kambing sebuah kenangan manis sepulang berpetualang. Bagi kamu yang lahir di tahun kambing, Lonely Planet merekomendasikan Selandia Baru sebagai destinasi wisata tujuanmu di tahun 2019 kali ini.
Suku Maori Foto: Pixabay
Lanskap alam yang indah, kota dan kawasan perumahannya yang tersusun rapi, keramahan penduduk setempat dan budaya Maori yang memukau dapat membuat pemilik shio kambing merasa tak sendirian di sepanjang perjalanan. Dan tentunya memuaskan wanderlust, jadi tunggu apa lagi? 6. Shio Kuda (1942, 1954, 1966, 1978, 1990, 2002, 2014)
Eropa - Exit Festival di Novi Sad, Serbia Foto: Flickr/Festival uličnih svirača
Sifatnya yang menyenangkan dan berhati hangat membuat kamu yang lahir pada tahun kuda sangat senang jika dilibatkan dalam acara-acara sosial. Kamu merasakan energi baru ketika sedang bersenang-senang dengan orang lain dan mendatangi acara-acara besar. Meski begitu, pemilik shio kuda terkadang punya sisi liar tak terduga dalam dirinya. Karena itu, untuk menikmati tahun 2019 kali ini, kamu harus pergi ke Novi Sad yang jadi tuan rumah festival terbesar Serbia dan salah satu festival keren di Eropa - Exit Festival.
Kota 'Mati' di Serbia Foto: REUTERS/Marko Djurica
Di Novi Sad, kamu bukan hanya bisa menyaksikan penampilan band-band keren yang bermain di 16 panggung berbeda, tapi juga mencoba zip-lining yang seru. Atau sekadar menikmati keramaian dan menjelajahi sudut tersembunyi Kota Balkan yang kecil. 7. Shio Ular (1941, 1953, 1965, 1977, 1989, 2001, 2013)
Dakar di Senegal Foto: Flickr/Jeff Attaway
Ular dikenal sebagai pemikir yang bijak dan intuitif. Memiliki jiwa seni atau artistik yang baik, pemilik shio ular senang untuk belajar sejarah, budaya, dan bahasa. Di Senegal, kamu bisa mendapatkan pengalaman menikmati arsitektur bersejarah, hotel butik, dan pasar lokal. Bagi kamu yang senang melihat adegan seni, kamu bisa berkunjung ke ibu kota, Dakar, yang juga jadi rumah seni kreativitas terkemuka di Afrika Barat dan Dak'Art Biennale. Sedangkan untuk kamu yang menginginkan kesunyian, kamu bisa mencari suaka margasatwa, taman nasional interior yang luas, dan pantai pasir kosong. 8. Shio Naga (1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000, 2012)
Pilar Karst di Zhangjiajie. Foto: Pixabay
Sebagai makhluk mitos terpenting dalam zodiak China, shio naga yang kuat menyimbolkan kepribadian yang berani, ideais, suka bergerak, dan juga tahan banting. Pemilik shio naga akan menghargai setiap kunjungannya dengan perasaan yang romantis. Hatinya yang peka membuat pemilik shio naga punya keinginan untuk mendapatkan pengalaman spiritual di tahun ini. Untuk itu, kamu bisa memasukkan China, terutama puncak karst Zhangjiajie di provinsi Hunan selatan ke dalam bucket list-mu tahun ini.
Zhangjiajie Glass Bridge di China Foto: Pixabay
Dengan mengunjungi Zhangjiajie, kamu bisa merasakan pengalaman yang sederhana dan memukau sekaligus di antara kabut, seperti yang dikisahkan dalam dongeng-dongeng masa lalu. Ingin mencoba yang ekstrem? Kamu bisa mencoba berjalan di atas jembatan kaca atau tebing di Zhangjiajie National Forest Park. Seru, kan? 9. Shio Kelinci (1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011)
Tehran Book Garden di Iran Foto: realiran.org
Untuk kamu yang lahir di tahun kelinci, Lonely Planet merekomendasikan Iran sebagai tujuan wisatamu di tahun 2019. Pasalnya di Iran, kamu bisa memuaskan rasa ingin tahu pada sejarah dan budaya di beragam tempat yang kamu kunjungi. Belum lagi kompleksitas seni yang bisa kamu temukan dalam beragam arsitektur dan kesederhanaan yang bisa kamu temukan dari para penduduk dan kebiasaan masyarakatnya. Apalagi kamu juga sangat perhatian terhadap hal-hal yang mendetail dan memiliki kepribadian yang lembut. 10. Shio Macan (1938, 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010)
Kaieteur Falls, Guyana Foto: Flickr/Jeremy Weate
Pemilik shio macan biasanya memiliki jiwa petualang, bersemangat, sangat menyukai hal-hal yang menantang adrenalin. Biasanya pemilik shio harimau tidak begitu suka dengan destinasi konvensional, untuk itu Guyana bisa jadi destinasi yang tepat untuk si macan. Karena di Guyana, kamu tak cuma disuguhi pemandangan yang berbeda saja, tapi juga melihat perjuangan politik dan ekonomi penduduk Amerika Selatan, hutan rimba yang liar lengkap dengan air terjunnya, dan menjelajah ibu kotanya yang unik, Georgetown. 11. Shio Kerbau (1937, 1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009)
Appalachian trail di Maine Foto: Flickr/Michael Stokes
Memiliki sifat yang jujur dan kemampuan merencanakan hal-hal yang hebat, serta mata yang tajam untuk melihat hal-hal yang detail membuat pemilik shio kerbau sangat cocok untuk melakukan perjalanan yang jauh. Apalagi kamu yang lahir pada tahun kerbau biasanya memiliki keteguhan hati yang tidak perlu dipertanyakan lagi.
Spivey Gap sign di Appalachian Trail Foto: Flickr/DM
Sehingga untuk memuaskan hasrat perjalanan pemilik shio kerbau, di tahun 2019, kamu bisa mencoba hiking dan trekking sendirian di Appalachian Trail di Amerika Serikat. Perjalanan seru dan memukau itu akan melintasi 14 negara bagian, dengan jarak perjalanan sekitar 3.500 kilometer mulai dari Maine ke Georgia selama lima hingga tujuh bulan. 12. Shio Tikus (1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008)
Palacio de Justicia di Kota Lima, Peru Foto: Flickr/Art DiNo
Sebagai hewan pertama dalam shio China, tikus digambarkan sebagai pribadi yang cerdik, banyak akal, cerdas, dan selalu penasaran. Kamu yang lahir di tahun tikus biasanya memiliki energi yang banyak dan cenderung tidak bisa diam. Karenanya, kamu yang memiliki shio tikus disarankan untuk melakukan perjalanan ke Lima, Peru, khususnya ke kawasan Barranco. Nikmati pasar malam yang menarik, mural jalanan yang unik, hidangan khas di kafe, koleksi indah galeri seni kontemporer, serta rumah-rumah kolonial yang telah diubah jadi bar trendi. Di antara ke-12 rekomendasi destinasi wisata di atas, mana yang sesuai dengan shio kamu?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·