Pencarian populer

Senang Road Trip? Datangi 6 Tempat Terbaik di Australia Barat Ini

Museum Maritim Australia Barat. (Foto: Flickr/ChrisJS2)
Bagi kamu yang senang traveling, road trip menjadi aktivitas menarik yang pastinya disukai untuk oleh para petualang yang senang dengan perjalanan darat. Karena dengan road trip, kamu bisa melihat tujuan wisatamu secara sempurna dari setiap jalan yang dilalui.
ADVERTISEMENT
Dengan road trip, kamu bisa melihat lanskap alam yang rupawan, kekayaan wisata, hingga penduduk setempat dengan kearifan lokalnya. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan sensasi liburan yang berbeda dalam setiap perjalanan.
Australia misalnya, Negeri Kanguru ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk melakukan road trip, khususnya di kawasan Australia barat. Negara bagian terbesar di Australia yang beribu kota Perth itu memiliki berbagai destinasi wisata dengan panorama menarik dan beragam untuk dijelajahi.
Ilustrasi Road Trip di Australia Barat (Foto: Tourism Western Australia)
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima kumparanTRAVEL dari Tourism Western Australia, wisatawan Indonesia menyukai panorama Australia yang menampilkan elemen perairan dan pesisir. Terutama alam liar dan satwa-satwanya yang beraktivitas bebas.
Sehingga tak heran, Australia Barat saat ini dijadikan sebagai preferensi terdepan sebagai destinasi wisata yang wajib dituju turis asal Indonesia, terutama untuk perjalanan darat. Karena letak rute road tripnya yang berada di sepanjang garis tepi pantai.
ADVERTISEMENT
Dengan rute yang berada di tepi pantai, road trip di Australia Barat memungkinkan kamu untuk menikmati lanskap indah pantai-pantai tersembunyi yang masih 'perawan' dan belum terjamah. Jadi, nantinya meski harus melakukan perjalanan darat dalam kurun waktu lama, kamu tak akan bosan.
Ingin tahu apa saja destinasi menarik yang bisa kamu datangi untuk menikmati Australia Barat saat road trip? Yuk, simak ulasan berikut!
1. Rockingham
Lanskap indah Rockingham yang menawan (Foto: Tourism Western Australia)
Berlokasi sekitar 40 menit dari Perth, di Rockingham kamu bisa berenang bersama lumba-lumba, menyelam untuk melihat bangkai kapal selam, dan snorkeling untuk melihat kawanan ikan berwarna-warni.
Pasalnya, Rockingham menjadi tempat pertemuan ekosistem laut dan buatan manusia yang menawan. Di sini, kamu bisa menikmati terumbu karang di Shoalwater Islands Marine Park dan bertemu 1.200 penguin lucu di Penguin Island.
ADVERTISEMENT
Jika tidak terlalu senang dengan aktivitas air, kamu bisa hopping island menggunakan kapal feri dan singgah ke berbagai pulau perawan. Menariknya lagi, meski tak menyelami lautan di pantai barat Australia tersebut, kamu masih bisa melihat kawanan lumba-lumba berenang di sekitar kapal. Menarik, kan?
2. Mandurah
Hidangan seafood di Mandurah (Foto: Tourism Western Australia)
Setelah lelah beraktivitas, kamu pastinya butuh asupan makanan. Untuk itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Mandurah. Terkenal sebagai pusat seafood di Australia Barat, Mandurah menyuguhkan beragam hidangan seafood yang menggiurkan, lho.
Dengan jangka waktu perjalanan 55 menit dari Perth, kamu bisa menikmati hasil laut yang lezat. Misalnya kepiting blue swimmer, udang karang, ikan dhufish yang menjadi ikon Australia Barat, ikan kakap, dan ikan groper.
ADVERTISEMENT
3. Freemantle
Pemandangan Freemantle (Foto: Tourism Western Australia)
Bernuansa klasik ala abad ke-19, kota pelabuhan Freemantle harus kamu masukkan dalam daftar tempat yang wajib disambangi saat road trip. Sebab, bukan hanya menawarkan lanskap kota tepi pantai yang menawan, Freemantle juga penuh dengan sejarah.
Di Freemantle, kamu bisa mengunjungi Freemantle Prison, yaitu sebuah bangunan terbesar yang dibangun oleh narapidana, menemukan bangkai kapal Batavia Belanda dari abad 17, dan melihat yacht pemenang America´s Cup, Australia II, dan kapal selam kelas Oberon.
Tak hanya itu saja, kamu juga bisa berkunjung ke Western Australia Maritime Museum yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Di Freemantle, kamu bisa juga menikmati suguhan kopi terbaik, berbelanja di butik unik, mengunjungi pabrik bir Little Creatures atau bertemu dengan komunitas seni dan festival.
ADVERTISEMENT
4. The Pinnacles
Batu di Pinnacles yang menjulang tinggi (Foto: Flickr/Matt)
Ingin lebih dekat dengan alam? Kamu bisa berkunjung ke Nambung National Park. Di taman nasional Australia Barat ini, kamu akan menemukan pesona lanskap kuno gurun yang terbentuk akibat erupsi vulkanis 23 juta tahun yang lalu.
Gurun yang dikenal sebagai Pinnacles itu dihuni satwa liar khas Australia, seperti kanguru, burung kondor, kelelawar, lebah, dan katak.
Malam di The Pinnacles (Foto: Tourism Western Australia)
Jika datang pada bulan Juli dan Oktober, kamu akan melihat pemandangan yang berbeda dari Pinnacles. Karena, pada rentang waktu itu bunga-bunga liar akan bersemi dan menampilkan pesonanya lewat ragam warna yang mereka miliki.
Berjarak tempuh 2,5 jam dari pusat kota Perth, Pinnacles juga menawarkan pengalaman sandboarding yang seru di pesisir kota Lancelinnya. Saat di Pinnacles, jangan lupa juga untuk mencicipi kelezatan lobster western rock yang khas dari Australia Barat, ya.
ADVERTISEMENT
5. Swan Valley and Perth Hills
Senja di Swan Valley (Foto: Tourism Western Australia)
Australia barat dikenal sebagai salah satu penghasil wine terbaik. Untuk itu, saat road trip di tempat ini, jangan lupa untuk berkunjung ke Swan Valley. Karena di Swan Valley, kamu bisa menemukan hamparan kebun anggur tertua di Australia Barat, winery, dan tentunya pabrik bir pemenang penghargaan.
Lanskap indah di Perth Hills (Foto: Tourism Western Australia)
Hanya berjarak 25 menit dari Perth, kamu juga bisa berkunjung ke studio seni, penyulingan, dan membeli kerajinan tangan di Swan Valley. Masih kurang?Tenang saja, kamu bisa melanjutkan road trip hingga ke Perth Hills untuk menyambangi kota-kota Kalamunda dan Armadale.
6. Margareth River
Margareth River di Australia Barat (Foto: Western Australia Tourism Board)
Kota kecil yang terletak di kawasan selatan Perth ini menyabet predikat sebagai penghasil wine kelas dunia yang memiliki lebih dari 150 kilang anggur.
ADVERTISEMENT
Menawarkan pemandangan pantai yang indah, ombak tinggi yang asyik untuk berselancar, dan wisata gua populer dengan hiasan stalaktit yang menawan, Margareth River pastinya tidak boleh kamu lewatkan saat hendak road trip di Australia Barat.
Bukan itu saja, di Margareth River kamu juga bisa menyaksikan paus berenang di tengah lautnya, mendaki di Cape to Cape track, ataupun piknik bersama yang terkasih di Boranup Forest. Senang dengan karya seni? Margareth River juga punya beragam galeri seni yang bisa kamu datangi.
Seru sekali bukan? Berencana road trip ke Australia Barat?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81