Pencarian populer

Serunya Menghabiskan Masa Liburan Sekolah di Ancol

com-Program Camping Under The Sea dari Ancol Foto: Dok. Ancol
Berkemah lazimnya dilakukan di kawasan pegunungan atau pinggir pantai. Namun kini, Ancol memiliki kegiatan kemah yang berbeda dengan berkemah di dalam kawasan wisata akuarium terbesar di Indonesia, Sea World Ancol. Acara kemah bertajuk "Camping Under The Sea" ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 6-7 Juli 2019.
ADVERTISEMENT
Program ini menggabungkan aktivitas rekreasi, edukasi, dan konservasi dalam satu rangkaian kegiatan yang menyenangkan. Pesertanya adalah anak-anak dengan rentang usia 6-12 tahun. Selama 2 hari 1 malam peserta akan menjelajahi kawasan Sea World, Ocean Dream Samudra dan pantai Ancol, yang pasti seru dan menantang.
Dalam acara ini, seluruh peserta ditemani langsung oleh Komunitas Teens Go Green Indonesia, sehingga para orang tua pun bisa tenang di rumah. Lalu, seperti apa kegiatan kemah di dalam Sea World Ancol?
Hari Pertama
com-Memberi makan penguin di Ocean Dream Samudra Ancol Foto: Dok. Ancol
Ada beragam kegiatan seru yang dilakukan oleh para peserta selama menjalani program ini. Acara dibuka dengan kunjungan para peserta ke Ocean Dream Samudra Ancol. Di sini, mereka diajak untuk mengenal dan berinteraksi lebih dekat biota laut yang ada di sana seperti lumba-lumba, penguin, dan singa laut. Tak lupa, mereka pun turut menyaksikan keseruan sinema 5D.
ADVERTISEMENT
Setelah seru-seruan di Ocean Dream Samudera Ancol, sore harinya peserta diajak untuk mengelilingi kawasan Sea World Ancol dan melihat ribuan koleksi ikan dan biota laut yang ada di dalamnya. Keseruan belum berakhir karena pada malam harinya, peserta diajak untuk berlomba mencari harta karun yang diakhiri dengan bermalam di dalam tenda sambil ditemani ribuan ekor ikan.
com-Program Camping Under The Sea dari Ancol Foto: Dok. Ancol
Hari Kedua
Membuka pagi, seluruh peserta langsung diajak untuk meninjau area konservasi air laut dengan metode restorasi kerang hijau. Lewat kegiatan yang didampingi langsung oleh Tim Konservasi Ancol ini, seluruh peserta diajak menebarkan kulit kerang hijau dan belajar melestarikan lingkungan mulai dari hal yang paling sederhana.
“Kami berharap anak-anak akan lebih memahami dan meningkatkan kepedulian akan pentingnya konservasi ekosistem laut serta mulai bisa mencintai lingkungan sejak dini,” ungkap Rika Sudranto, Division Head Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol.
ADVERTISEMENT
Konservasi kerang hijau merupakan salah satu upaya manajemen Ancol untuk meningkatkan kualitas air laut di kawasan pantai Ancol. Lewat kegiatan ini, Ancol berencana untuk melakukan restorasi wilayah pesisir dengan metode kerang hijau, yang merupakan filter alami dari perairan laut yang dapat memperbaiki kualitas air.
com-Menebarkan kulit kerang hijau untuk konservasi air laut Foto: Dok. Ancol
Pada tahun 2019 ini Ancol berencana untuk dapat merestorasi minimal 1.000 kg kerang hijau atau setara dengan 50.000 kerang hijau di laut Ancol. Restorasi sebanyak 1.000 kg kerang hijau yang setiap jam-nya akan menyaring 10.000 liter air laut yang kotor menjadi air bersih ini akan mengeliminasi 2.020 mg nitrogen dalam Air. Dengan kata lain, setiap minggunya, kerang-kerang hijau tersebut dapat memfiltrasi sebanyak 1.680.000 liter air.
Program "Restorasi Kerang Hijau di Laut Ancol" sebenarnya sudah dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahun 2018. Ancol telah melakukan Aquarium Experiment pada Februari 2018, mapping dasar danau dan penempatan marker buoy di Agustus 2018, penentuan lokasi mussel bed di November 2018, dan peletakan media tumbuh mussel bed di Desember 2018.
ADVERTISEMENT
Selain rangkaian kegiatan “Camping Under The Sea” Ancol juga memiliki beberapa wahana-wahana terbaru yang akan menemani liburan anak sekolah. Sebut saja Dunia Fantasi (Dufan) yang sejak 5 Juni 2019 lalu telah meluncurkan zona terbarunya “Dunia Kartun”. Di zona Dunia Kartun, telah diluncurkan 7 dari 9 wahana terbaru — wahana Baling-Baling pertama di Asia untuk remaja, dan enam wahana anak dan keluarga yakni Kolibri, Paralayang, Karavel, Turbo Drop, Zig-Zag, dan New Ontang-Anting.
Ocean Dream Samudera Ancol juga menawarkan kegiatan seru seperti memberi makan gerombolan penguin di wahana Istana Penguin, dan Cinema 5 Dimensi yang akan membawa kamu untuk menonton sebuah film dan merasakan langsung sensasi selayaknya masuk ke dalam film tersebut. Sea World Ancol pun tidak mau kalah. Di momen liburan ini, Sea World menawarkan pengalaman unik yakni pertunjukkan pemberian makan ikan piranha. Dalam pertunjukkan tersebut, 6 kg ikan kembung akan cepat dilahap habis oleh piranha hanya dalam 26 detik saja!
ADVERTISEMENT
Terakhir, Atlantis Water Adventures Ancol juga menawarkan wahana permainan air terbaru dan terbesar bernama Asthatirta. Di wahana seluas 1000 meter persegi, kamu akan menemukan berbagai macam seluncur dengan sensasi yang berbeda-beda.
Wah, seru sekali bukan menghabiskan waktu liburan sekolah di Ancol! Maka dari itu, daripada harus jauh-jauh mencari keseruan berlibur, datang saja ke Ancol dan nikmati berbagai wahana baru yang ada di dalamnya!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Ancol.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81