kumparan
15 Jan 2019 20:54 WIB

Tak Hanya Putih, 4 Pantai Ini Sajikan Pasir Berwarna Hijau nan Unik

Pantai Papakolea (Foto: Shutter Stock)
Umumnya sebuah pantai memiliki pasir berwarna kecokelatan atau putih yang menawan. Tapi tidak dengan deretan pantai-pantai unik nan cantik ini.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja pantai pink yang tersebar di berbagai belahan dunia, yang salah satunya berada di Lombok. Namun, tak hanya pink, ternyata ada pantai berwarna hijau yang tak kalah cantiknya, lho.
Pantai-pantai ini memiliki pasir berwarna hijau karena mengandung partikel kristal yang disebut olivin. Ingin tahu pantai mana saja yang memiliki pasir berwarna hijau?
Dilansir Travel and Leisure, berikut empat pantai yang menyajikan pasir hijau nan cantik:
1. Pantai Papakolea, Hawaii
Terletak di sekitar gunung berapi Mauna Loa (Foto: Shutter Stock)
Berada tidak jauh dari South Point di Pulau Big Island, Hawaii, terdapat sebuah pantai unik dengan pasirnya yang berwarna hijau. Adalah Pantai Papakolea yang memiliki panorama indah.
Pantai hijau ini diperkirakan terbentuk akibat erupsi gunung berapi Mauna Kea sekitar 49 ribu tahun lalu. Karena posisinya yang berada di lereng gunung berapi, untuk mencapai Pantai Papakolea kamu harus naik dan turun bukit yang cukup terjal.
Eksotisme Pantai Papakolea (Foto: Shutter Stock)
Ketika tiba di sana, kamu akan menemukan butiran partikel-partikel olivin yang membuat pasir di sekitar pantai dipenuhi warna hijau. Partikel olivin tersebut diperkirakan berasal dari aliran lava kuno Puu Mahana.
ADVERTISEMENT
2. Pantai Talofofo, Guam
Pantai Talofofo (Foto: Flickr/melanzane1013)
Pantai berpasir hijau selanjutnya dapat kamu temui di Pulau Guam, Pasifik. Pantai tersebut ialah Pantai Talofofo.
Menurut para traveler, pasir hijau yang ada di Pantai Talofofo hanya terlihat selama kondisi cuaca dan matahari yang ideal. Karena seringkali pasir hijau tersebut tertutupi endapan pasir yang lebih gelap serta berlumpur.
Loading Instagram...
Tak hanya keindahan pantai dan keunikannya, Pantai Talofofo juga dianggap sebagai salah satu tempat selancar terbaik di Guam. Selain itu, tebing kapur di sekitarnya membuat pemandangan di sana menjadi sangat indah.
3. Punta Cormorant, Ekuador
Punta Cormorant (Foto: Shutter Stock)
Kepulauan Galapagos adalah salah satu dari pulau paling terisolasi dan terunik di dunia. Terbentuk akibat gunung berapi di masa lampau, pulau ini memiliki spesies endemik yang tidak ditemukan di tempat lain.
ADVERTISEMENT
Bahkan di Pulau Floreana di sekitar Taman Nasional Punta Comorant yang ada di Ekuador, terdapat sebuah pantai unik yang memiliki pasir berwarna hijau.
Loading Instagram...
Olivin yang terbentuk dari proses vulkanik gunung berapi bercampur dengan air pantai selama bertahun-tahun. Hal tersebut membuat pantai ini memiliki pasir berwarna hijau.
Selain pasirnya yang berwarna hijau, di perairan pantai juga menjadi habitat bagi ikan pari dan penyu laut yang menjadi daya tarik para turis.
4. Hornindalsvatnet, Norwegia
Hornindalsvatnet (Foto: Shutter Stock)
Hornindalsvatnet mungkin adalah salah satu situs paling hijau di Eropa. Pasalnya, tepian Danau Hornindalsvatnet merupakan satu-satunya tempat di Bumi yang mempunyai pasir hijau alami.
Pasir tersebut terbentuk oleh pergerakan glasial ribuan tahun lalu yang membuat tepi danau dipenuhi dengan endapan mineral hijau. Bagi yang ingin berlibur di tempat ini, kamu tidak perlu menggunakan tabir surya, karena udara di sekitar danau sudah terasa sejuk.
ADVERTISEMENT
Tertarik untuk berkunjung?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan