kumparan
21 Mar 2019 8:55 WIB

Tips Berkunjung ke Gua Gajah agar Liburanmu di Bali Makin Menyenangkan

Gua Gajah, Bali Foto: Flickr / Patrik M. Loeff
Gua Gajah atau Pura Gua Gajah, merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata yang patut didatangi kala berkunjung ke Bali. Selain menjadi objek wisata, gua yang berada di Gianyar ini juga merangkap sebagai tempat ibadah yang usianya hampir 100 tahun.
ADVERTISEMENT
Adapun salah satu daya tarik dari Gua Gajah terletak pada mulut gua. Ya, bagian pintu masuk gua dihiasi pahatan yang begitu rumit namun indah. Tak heran banyak yang memburunya dengan bidikan kamera.
Gua Gajah juga memiliki sebuah kolam pemandian. Agak menjorok ke bawah, pemandian tersebut makin sedap dipandang karena dilengkapi dengan enam buah arca.
Nah, bila kamu penasaran dan ingin berkunjung ke Gua Gajah, ada baiknya untuk mengikuti tips dari kumparan berikut ini:
1. Jangan Gunakan Pakaian Terbuka
Ilustrasi traveling di Yunani. Foto: Shutter stock
Mengingat Gua Gajah berada di alam terbuka, ada baiknya perhatikan pakaian yang kamu digunakan. Jangan memakai celana atau rok yang terlalu pendek, atau kaus yang terbuka, agar tak terkena gigitan serangga.
Di sisi lain, sebenarnya, petugas yang berjaga di gua ini juga akan meminjamkan kain untuk menutupi bagian bawah atau kaki. Walau dipinjamkan secara cuma-cuma, sehabis dipakai, jangan lupa untuk dikembalikan ya!
ADVERTISEMENT
2. Pakai Alas Kaki yang Nyaman
Sandal Gunung Foto: Shutter Stock
Seperti yang sudah dikatakan, Gua Gajah berada di luar ruangan dan beberapa tempat menarik lainnya pun berada di alam terbuka. Kamu juga diharuskan berjalanan kaki, serta naik dan menuruni anak tangga.
Jadi pastikan kamu menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman. Dan kamu bisa menjatuhkan pilihan pada sandal gunung atau sepatu olahraga.
3. Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak
Membawa Kopi dan Air Mineral Sendiri Foto: Unsplash
Tips ketiga adalah jangan terlalu banyak membawa barang bawaan. Sebab, kamu harus berjalan kaki, naik dan turun anak tangga untuk menyusuri salah satu gua tertua di Bali ini, bila bawaanmu terlalu banyak maka akan mudah lelah, pasti kamu tak ingin hal ini terjadi kan? Maka dari itu, cukup bawa barang yang perlu saja, misalnya; handuk kecil, tumblr minum, dompet dan handphone.
ADVERTISEMENT
4. Perhatikan Siklus Datang Bulan
Ilustrasi darah nifas atau lokia Foto: Thinkstockphotos
Bagi perempuan jangan lupa untuk memperhatikan siklus datang bulan. Pasalnya, jika kamu datang ke Gua Gajah atau tempat ibadah lainnya di Bali saat tengah menstruasi, maka kamu tidak diperkenankan untuk masuk.
Sudah jauh-jauh datang, masa tidak bisa masuk? sayang sekali bukan?
Selamat mecoba tips dari kumparan!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan