kumparan
22 Nov 2018 11:01 WIB

Tips Jalan-jalan ke Luar Negeri dengan Anggaran Terbatas

Memotret Wanita Berpakaian Tradisional Korea. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jalan-jalan ke luar negeri tidak selalu harus keluar uang berlebih, lho. Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memangkas pengeluaran saat jalan-jalan ke luar negeri.
ADVERTISEMENT
Nah, kalau kamu masih bingung apa yang harus dilakukan untuk memangkas pengeluaran untuk dan saat jalan-jalan ke luar negeri, simak lima tips dari kumparan (kumparan.com) berikut ini:
Pesan Tiket Saat Promo
Saat berniat liburan ke luar negeri, kamu harus pintar melihat momen promo. Kebanyakan promo tiket pesawat ada di akhir tahun dan di saat-saat tertentu seperti Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Kamu juga jadi punya waktu menabung untuk beli tiket sambil menunggu momen promo.
Kebetulan, untuk kamu yang punya rencana liburan ke luar negeri, Traveloka memberikan promo tiket pesawat murah “GIRANG Save on 25th”. Promo ini memungkinkan kamu mendapatkan tiket pesawat keluar negeri lebih murah dari biasanya. Contohnya, tiket ke Jepang atau Korea Selatan bisa didapatkan mulai dari Rp 3 jutaan saja. Traveloka juga menyediakan metode pembayaran yang memudahkan kamu, yaitu cicilan 0% kartu kredit dan PayLater.
ADVERTISEMENT
GIRANG Save on 25th berlangsung mulai tanggal 25 November hingga 5 Desember 2018. Kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk rencana liburan berikutnya bersama teman, keluarga, atau pasangan!
Hindari High Season
Ada momen-momen tertentu ketika banyak orang pergi liburan, khususnya pertengahan tahun atau akhir tahun yang disebut sebagai periode high season. Sudah bukan rahasia lagi jika high season bisa membuat harga transportasi dan akomodasi naik.
Tidak hanya harga tersebut yang naik, destinasi wisata juga akan lebih ramai oleh pengunjung. Jika kamu hanya punya kesempatan berlibur saat high season, manfaatkan promo tiket pesawat dan hotel, juga kunjungi tempat-tempat anti mainstream untuk menghindari keramaian.
Untungnya, di Traveloka App ada fitur untuk pengguna mengecek harga tiket pesawat terendah dengan melihat tanggal. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mencari tahu harga terendah di tanggal-tanggal yang kamu inginkan.
ADVERTISEMENT
Cari Penginapan Murah dan Layak
VR Hostel (Foto: Youtube/Виктория Шевченко)
Banyak jenis penginapan yang tersedia di destinasi wisata seluruh dunia. Jika kamu ingin menekan pengeluaran, pilih penginapan dengan harga yang murah namun tetap layak. Selain itu, pilih penginapan dengan rating dan review yang bagus. Jadi walaupun murah, tetap pelayanan dan kebersihannya terjaga. Liburan dengan teman juga bisa memotong pengeluaran karena harga penginapan dibagi beberapa orang.
Model penginapan yang murah seperti dormitory hostel juga bisa kamu pilih, jika kamu berjiwa petualang. Jangan takut tidur dalam satu kamar beramai-ramai bersama turis lain. Siapa tahu kamu malah punya teman baru atau bahkan menemukan destinasi yang oke dan belum diketahui banyak orang.
Pangkas Uang Makan
Street food di Phnom Penh, Kamboja (Foto: Shutter Stock)
Tanpa disadari, street food yang kamu beli dengan kalap bisa membuat pengeluaran membengkak. Apalagi, jika negara yang dikunjungi biaya hidupnya lebih tinggi daripada Indonesia. Cemilan yang kamu makan bisa jadi seharga satu piring nasi dan lauk jika di Indonesia. Jadi, walaupun sekadar jajan kamu harus tetap menghitung berapa harganya. Lebih baik mengeluarkan uang untuk makan besar dibanding hanya untuk jajan jika bujet kamu terbatas.
ADVERTISEMENT
Hindari juga tergiur dengan makanan viral yang ternyata harganya selangit. Cari alternatif makanan enak dengan harga terjangkau. Perbanyak browsing makanan enak yang justru lebih sering didatangi warga lokal. Bisa jadi makanan tersebut lebih murah, hanya saja tidak viral.
Hitung Uang Transportasi dalam Anggaran
Ilustrasi MRT (Foto: kumparan)
Sebelum berangkat, pastikan kamu paham dengan sistem transportasi umum di negara tujuan. Salah-salah, kamu malah keluar banyak uang cuma untuk transportasi. Cek berapa biaya perjalanan dari destinasi satu dan lainnya, serta apa transportasi termurah untuk mencapai tujuan. Pilihlah berjalan kaki jika memungkinkan. Hitung-hitung kamu olahraga setelah menyantap makanan.
Di beberapa negara, membeli tiket kereta terusan biasanya lebih murah. Daripada kamu harus membeli tiket tiap turun dan naik kereta atau bus, lebih baik langsung membeli tiket terusan. Jika sudah membeli tiket terusan, jangan sia-siakan fasilitas ini dan jelajahilah tiap sudut yang bisa dijangkau oleh moda transportasi yang kamu pilih.
ADVERTISEMENT
Mudah, bukan? Yang terpenting saat menekan pengeluaran untuk jalan-jalan ke luar negeri adalah disiplin dan komitmen kamu. Kamu bisa spontan menjelajahi berbagai wisata, tapi urusan pengeluaran kamu harus mengikuti rencana keuangan yang sudah dipersiapkan dengan matang. Kamu tidak mau kan, kembali dari liburan malah stres dengan pengeluaran?
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Traveloka
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan