kumparan
27 Jan 2018 7:12 WIB

Tips untuk Kamu yang Ingin Solo Traveling ke China

Solo travelling China (Foto: Pixabay)
China merupakan negara besar yang menyimpan sejuta misteri pariwisata. Mulai dari kota besar seperti Beijing yang menyuguhkan wisata arsitektur khas China sampai pemandangan seperti lembah dan gunung dengan jembatan kacanya.
ADVERTISEMENT
Hal inilah yang membuat kamu tak boleh melewatkan liburan ke negeri Tirai Bambu ini, meskipun sendirian. Bukan hanya murah, kamu juga bisa wisata lengkap di China. Mulai dari wisata kuliner, religi, bahasa, hingga wisata kekayaan alam.
Solo travelling China (Foto: Pixabay)
Jika kamu berminat untuk solo traveling ke China, berikut kumparan rangkum tipsnya agar bisa menikmati liburanmu, seperti dilansir The Culture Trip:
1. China Negara yang Aman
Kejahatan bisa terjadi di mana saja, termasuk juga di China. Namun, secara keseluruhan, China merupakan negara yang aman untuk pelancong.
Jika kamu berniat untuk berlibur sendirian, tentu kamu harus selalu berhati-hati. Tapi tidak perlu khawatir yang berlebihan.
2. Kamu Tidak Perlu Paham Bahasa China untuk Bertahan Hidup
ADVERTISEMENT
Belajar beberapa bahasa dari guidebook tak ada salahnya. Namun, sudah banyak orang di kota-kota besar China, terutama yang berhubungan dengan pariwisata dapat memahami bahasa Inggris meski sedikit.
Berusaha berkomunikasi dengan bahasa China memang dapat memperlihatkan rasa hormat terhadap bahasa setempat. Namun jika kamu khawatir dengan pelafalannya, maka bahasa Inggris pun tak jadi masalah.
3. Download Aplikasi asal China
Pernahkah kamu mendengar bahwa China memblokir beberapa situs dunia? Jika kamu tidak memiliki VPN, maka cobalah untuk mengunduh aplikasi alternatif buatan China. Contohnya, Didi Chuxing, alternatif yang paling pas untuk Uber.
4. Rencanakan dengan Matang
Dalam sebuah perjalanan, akan selalu ada hal yang di luar kendalimu. Mulai dari hotel yang belum terbangun (hal itu bisa terjadi di China), sampai handphone yang hilang.
ADVERTISEMENT
Pastikan kamu sudah memesan hotel dengan benar. Cek ulasan dari hotel yang akan kamu pilih, sehingga kebenarannya dapat lebih terjamin.
Perhatikan juga lokasi dari akomodasi yang kamu pilih, jangan lupa untuk selalu menyiapkan nama hotelmu dalam bahasa China. Untuk jaga-jaga akan kemungkinan pengemudi
5. Gunakan Kereta
Kereta yang lebih murah, cepat, dan nyaman juga bisa membuat kamu bertemu dengan solo traveler lainnya.
Namun, kamu juga perlu mempelajari bahwa terdapat beberapa jenis kereta yang beroperasi di China. Mulai dari kereta biasa, kereta cepat, hingga kereta antar daerah.
6. Selalu Membawa Tisu
Meski China memiliki teknologi yang canggih, sayangnya toilet yang dihadirkan tak secanggih teknologinya. Maka dari itu, selalu sedia tisu. Baik tisu kering maupun tisu basah. Tentunya, hal ini menyangkut kebersihan diri.
ADVERTISEMENT
7. Jangkan Sungkan untuk Bertanya
Meski tak semua orang biasa untuk menyapa orang asing, namun hal inilah yang paling mudah untuk membuatmu bertahan hidup di negara asing. Tak ada salahnya bertanya dalam bahasa Inggris kepada orang asing, siapa tahu mereka yang kamu tanya justru bahagia disapa oleh orang asing.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·