kumparan
7 Jul 2019 16:21 WIB

5 Fakta Terkait Acara Pembaptisan Putra Pangeran Harry & Meghan Markle

Pembaptisan Archie Harrison Foto: Instagram Sussex Royal
Keluarga Kerajaan Inggris baru saja memamerkan foto kebersamaan pasca-upacara pembaptisan putra dari Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie Harrison, Sabtu (6/7).
ADVERTISEMENT
Foto tersebut beredar setelah acara pembaptisan usai melalui akun Instagram resmi Sussex Royal. Dalam foto resmi tersebut terlihat The Duke and Duchess of Sussex tersenyum bahagia bersama putra mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor dikelilingi keluarga mereka.
Berbeda dengan acara pembaptisan anak-anak Pangeran William dan Kate Middleton yang diliput media dengan berbagai foto dan video yang tersebar luas, Pangeran Harry dan Meghan menunggu acara pembaptisan selesai hingga akhirnya mengunggah foto-foto resmi momen spesial tersebut.
Untuk Anda yang penasaran, berikut kami rangkum 5 cerita menarik terkait acara pembaptisan Archie Harrison,
1. Acara digelar tertutup
Acara pembaptisan Archie Harrison Foto: Instagram @sussexroyal
Upacara pembaptisan Archie Harrison Mountbatten-Windsor baru saja digelar di kapel pribadi, Kastil Windsor, Sabtu (6/7). Tampaknya Meghan Markle dan Pangeran Harry memilih lokasi tersebut karena mereka menginginkan suasana yang intim dan benar-benar tertutup.
ADVERTISEMENT
Lain halnya dengan anak-anak Pangeran William dan Kate Middelton, Pangeran George dan Pangeran Louis dibaptis di Kapel Kerajaan Istana St James, London. Dan Putri Charlotte dibaptis di tempat yang sama seperti Putri Diana, yaitu di Gereja St. Mary Magdalene.
Tak hanya itu, upacara pembaptisan baby Archie pun hanya dihadiri oleh sekitar 25 undangan yang terdiri dari anggota keluarga dan teman-teman terdekat mereka, termasuk ibu Meghan, Doria Ragland serta Pangeran William dan Kate Middleton.
2. Ratu Elizabeth tidak hadir di acara pembaptisan Archie
Ratu Elizabeth II menghadiri acara Trooping the Colour. Foto: DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP
Selain digelar secara tertutup, rupanya upacara pembaptisan baby Archie tidak dihadiri Ratu Elizabeth II. Elle mengabarkan, sang Ratu tidak bisa menghadiri pembaptisan cicitnya karena sudah memiliki jadwal sebelumnya ke Sandringham.
ADVERTISEMENT
Ketidakhadiran Ratu Elizabeth II dalam acaranya ini rupanya mengundang kritik dari beberapa anggota staf senior kerajaan. Mereka menyayangkan penjadwalan upacara pembaptisan yang harusnya disesuaikan dengan jadwal Ratu Elizabeth II.
“Ada dukungan besar bagi pasangan ini untuk tidak menyesuaikan diri dengan tradisi. Mereka masih muda, mereka menempuh jalan yang berbeda dari anggota Keluarga Kerajaan lainnya. Tetapi mereka tidak seharusnya melakukan itu tanpa memperhatikan tradisi. Yang Mulia sudah dijadwalkan berada di Skotlandia untuk Pekan Sucirood tahunannya dan memiliki perjanjian sebelumnya pada akhir pekan. Mereka seharusnya lebih memperhitungkan tentang tanggal yang lebih tepat," ujar seorang sumber kepada Daily Mail.
3. Gaun pembaptisan Archie replika dari gaun khusus yang berusia ratusan tahun
Sesuai dengan tradisi Kerajaan Inggris dan serupa dengan ketiga sepupunya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, Archie memakai replika gaun Honiton yakni busana yang dikenakan untuk upacara pemberkatan. Versi asli busana ini telah dipakaikan Ratu Victoria pada putrinya, Putri Victoria, ketika dibaptis di tahun 1841.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 2004, tepat 163 tahun setelahnya, karena kondisi gaun yang sudah terlalu riskan untuk dipakai, Ratu Elizabeth minta dibuatkan replikanya. Sejak itu, bayi keluarga Kerajaan Inggris memakai replika gaun Honiton saat pembaptisan. Selain memakai gaun Honiton, anak pertama Meghan Markle dan Pangeran Harry ini juga dibaptis memakai air dari Sungai Jordan yang dituangkan dari guci perak.
4. Tribute khusus untuk Putri Diana dari Kate Middleton
Kate Middleton tampaknya ingin memberikan penghormatan khusus kepada mendiang Putri Diana pada hari pembaptisan baby Archie. Menurut laporan Mirror, Kate Middleton memakai anting mutiara Collingwood milik Putri Diana. Menariknya, anting tersebut adalah anting sama yang dikenakan oleh Putri Diana saat upacara pembaptisan Pangeran Harry pada tahun 1984.
ADVERTISEMENT
Anting mutiara peninggalan Putri Diana tersebut terlihat begitu serasi saat disandingkan dengan rambut coklat Kate yang dibiarkan terurai ke belakang. Kate pun tampil anggun dengan gaun lansiran Stella McCartney berwarna merah muda selutut dengan detail dasi di area leher.
5. Dua saudara perempuan mendiang Putri Diana hadir dalam acara pembaptisan Archie
Selain melalui anting Putri Diana yang dikenakan oleh Kate Middleton, tampaknya tribute untuk mendiang Putri Diana tidak sampai di sana saja. Harry dan Meghan tampaknya secara khusus mengenai Putri Diana melalui kehadiran kedua kakak perempuannya, Lady Sarah McCorqudale dan Lady Jane Fellowes. Ini merupakan hal yang spesial, karena pada acara pembaptisan ketiga anak Pangeran William, tidak tampak kehadiran mereka dalam foto resminya.
ADVERTISEMENT
Dalam potret yang dibagikan melalui akun Instagram Sussex Royal terlihat Meghan Markle menggendong Archie dengan Pangeran Harry duduk di sebelahnya. Lalu di dua kursi bagian depan lainnya, terlihat Camilla Parker Bowles dan Kate Middleton.
Sedangkan di posisi belakang, terdapat Pangeran Charles, Ibu Meghan Markle, Doria Ragland dan Pangeran William serta dua saudara perempuan Putri Diana, Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellowes yang berdiri tepat di belakang Pangeran Harry dan Meghan Markle. Lady Sarah sendiri merupakan anak tertua dari keluarga Spencer, dalam foto tersebut ia memakai busana berwarna pink dengan warna topi yang senada. Sementara Lady Jane memakai pakaian bernuansa kuning dan hitam.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·