Pencarian populer

7 Tips dari Instruktur Bagi Anda yang Baru Mulai Yoga

Ilustrasi latihan yoga Foto: Shutterstock
Setiap tahunnya, Yoga menjadi salah satu olahraga olah tubuh yang makin banyak diminati. Hal ini terbukti dari menjamurnya studio Yoga di berbagai kota di seluruh Indonesia. Bahkan, banyak pula festival-festival Yoga yang digelar di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bali.
ADVERTISEMENT
Meski banyaknya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap olahraga yang satu ini, tetapi masih banyak pula mereka yang belum pernah melakukan Yoga. Apakah Anda salah satunya?
Jika iya, jangan khawatir. Berikut tujuh hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai melakukan Yoga untuk pertama kalinya:
1. Ikuti kelas dengan instruktur yang bersertifikat
Ilustrasi latihan yoga Foto: Shutterstock
Instruktur Yoga Lisa Namuri mengatakan, bagi Anda yang baru pertama kali mengikuti Yoga, ada baiknya mengikuti kelas dengan instruktur yang telah memiliki sertifikat. "Jangan asal mengikuti gerakan dari YouTube atau buku. Baiknya ikut kelas dengan instruktur dulu dan pada saat berlatih benar-benar mengikuti arahan dari instruktur," tutur Lisa saat dihubungi kumparanWOMAN, Kamis (20/6).
2. Siapkan perlengkapan Yoga
Stretching Straps Foto: Lululemon
Meski dilakukan di dalam ruangan, Anda tetap memerlukan matras untuk melakukan Yoga. Biasanya, banyak studio yang menyediakan matras yoga untuk pengunjung yang ingin berlatih, tetapi banyak pula orang-orang yang membawa sendiri. Matras Yoga memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda, semakin tebal, matras semakin empuk dan membuat Anda nyaman untuk bergerak di atasnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, siapkan pula handuk kecil untuk membasuh keringat Anda. Bila diperlukan, Anda bisa menaruh botol minum di samping matras.
3. Jangan memaksakan diri dalam melakukan gerakan
Gerakan bikram yoga. Foto: Shutterstock
Selain membuat tubuh lebih rileks, melakukan Yoga juga membuat tubuh lebih lentur sekaligus memperbaiki postur tubuh. Tetapi Anda jangan langsung memaksakan kehendak dalam melakukan gerakan, usahakanlah sesuaikan dengan kemampuan Anda.
"Seandainya ada satu gerakan yang sudah membuat kita merasa tidak nyaman di awal, baiknya segera dihentikan. Kemudian tanya pada instruktur apakah ada posisi yang kurang tepat," lanjut Lisa lagi.
4. Fokus dengan diri sendiri
Sphinx Pose yoga Foto: Shutterstock
Karena membutuhkan konsentrasi yang tinggi saat melakukan Yoga, Anda diwajibkan fokus kepada diri sendiri.
"Usahakan jangan memikirkan masalah apapun selama selama Yoga. Just let go everything, karena inilah waktu nya untuk mendengarkan diri dan kenali diri lebih dalam," tutur Riezki Aisyah, founder Curvy Yoga sekaligus instruktur Yoga di Purinawa Yoga School Cibubur, saat dihubungi kumparanWOMAN, Kamis (20/6).
ADVERTISEMENT
5. Bernapas dengan teratur
Ilustrasi Kundalini Yoga. Foto: Shutter Stock
Selain fokus dengan diri sendiri, Anda juga diharuskan untuk fokus dalam mengatur napas. Karena Yoga sangat mengandalkan kekuatan bernapas, Riezki menganjurkan untuk melakukan teknik pernapasan dengan teratur.
Lisa Namuri menambahkan, bernapas dengan teratur perlu dilakukan agar Anda juga bisa lebih fokus pada gerakan-gerakan tertentu. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menghindari ketegangan pada area leher dan wajah.
6. Sebaiknya jangan konsumsi makanan berat
Ilustrasi Buah-buahan Foto: Shutterstock/Pixel-Shot
Banyak gerakan Yoga yang mengharuskan Anda untuk 'melipat' tubuh dengan berbagai jenis pose. Untuk itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan berat sebelum Yoga.
"Banyak gerakan Yoga yang lebih sulit dilakukan jika perut dalam keadaan terisi. Yoga mampu mengaktifkan indera perasa, jadi sebaiknya sehabis Yoga konsumsi makanan natural dengan pengolahan paling minim seperti buah-buahan," tambah Lisa Namuri.
ADVERTISEMENT
7. Tidak perlu malu apabila tidak bisa mengikuti gerakan dengan benar
Lisa Namuri Instruktur Yoga dan Pilates Foto: dok.Instagram @lisanamuri
Untuk bisa melakukan gerakan Yoga dengan sempurna membutuhkan latihan yang tidak sebentar. Jadi, Anda tidak perlu malu atau khawatir jika ada gerakan yang tidak bisa Anda ikuti dengan mudah. Yoga bukanlah olahraga yang dilakukan untuk berkompetisi, tetapi fokus melatih pernapasan sekaligus melatih tubuh agar lebih lentur dan tidak kaku.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80