kumparan
5 Sep 2019 13:32 WIB

Berkaca dari Isu Perceraian Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun

Ahn Jae Hyun dan Ku Hye Sun Foto: tvN
Selama beberapa pekan terakhir, dunia K-Pop tengah dihebohkan dengan berita mengenai kabar perceraian antara pasangan selebriti, Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun. Tak ada yang menduga bahwa pasangan yang terlihat serasi ini ternyata mengalami keretakan dalam rumah tangga mereka yang baru berusia sekitar tiga tahun.
ADVERTISEMENT
Kabar mengenai rencana perceraian mereka pertama kali diketahui melalui postingan Instagram Goo Hye Sun pada 18 Agustus 2019. Ketika itu, perempuan yang pernah berperan sebagai Geum Jan Di dalam drama 'Boys Before Flowers' ini mengatakan bahwa dia sengaja memberitahukan soal kabar ini terlebih dahulu, untuk membantah rilis pers yang akan diluncurkan oleh agensi yang menaungi suaminya, Ahn Jae Hyun. Dia mengatakan, meski suaminya ingin bercerai, dia tidak menginginkan hal tersebut.
Kabar ini tentu mengejutkan para banyak orang. Sebab, selama ini, Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun tampak sebagai pasangan suami istri ideal yang saling mencintai. Mereka dikenal sebagai pasangan 'cinlok' dalam drama 'Blood' (2015) yang melanjutkan hubungan hingga ke jenjang pernikahan pada Mei 2016. Pasangan pencinta binatang ini juga sempat menunjukkan kemesraan mereka lewat program TV berjudul 'Newlyweds Diary'.
ADVERTISEMENT
Namun, setelah kabar mengenai perceraian pertama berhembus, kini semakin banyak hal yang terungkap soal kisruh rumah tangga mereka. Goo Hye Sun terus mengunggah 'bukti-bukti' yang menuduh Ahn Jae Hyun, sementara pihak Ahn Jae Hyun berkeras bahwa mereka sebenarnya telah sepakat untuk bercerai.
Dari kekacauan ini, sebenarnya ada beberapa pelajaran mengenai percintaan yang dapat kita petik. Walau kita juga tidak boleh menghakimi hubungan orang lain, namun, mungkin hal-hal ini dapat membantu kita untuk lebih bijaksana dalam bertindak. Apa saja?
1. Selesaikan masalah dengan pasangan hingga tuntas
Ku Hye Sun dan Ahn Jae Hyun Foto: tvN
Isu perceraian antara Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun menjadi pelik karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun yang tidak satu suara.
ADVERTISEMENT
Hal ini menunjukkan bahwa ada masalah yang belum selesai di antara mereka. Meski seharusnya perceraian adalah hal yang sudah disepakati bersama, keduanya tidak sependapat soal hal tersebut. Kemudian, belakangan, Goo Hye Sun semakin banyak menunjukkan adanya selisih pendapat di antara mereka. Misalnya, soal kepemilikan hewan peliharaan dan hal-hal lainnya.
Dari sini, kita bisa belajar bahwa bila ada masalah, apapun bentuknya, harus diselesaikan dengan sejelas-jelasnya bersama pasangan. Jangan sampai, ketika sudah waktunya membuat keputusan--apalagi keputusan yang berat seperti perceraian--masih ada hal-hal yang mengganjal dan akhirnya merugikan kedua belah pihak.
Selain itu, dalam menyelsaikan masalah bersama pasangan, kita juga perlu berusaha agar solusi dalam masalah itu dapat diterima oleh kedua belah pihak. Jangan sampai ada satu pihak yang merasa diberatkan, yang akhirnya membuat hubungan kita dengan pasangan menjadi memburuk.
ADVERTISEMENT
2. Tak perlu umbar masalah ke hadapan publik
Ku Hye Sun dan Ahn Jae Hyun Foto: Instagram/@kookoo900 @aagbanjh
Saat memiliki masalah, kita mungkin merasa ingin membagikannya kepada banyak orang, agar kita merasa didengar dan sedikit terhibur. Namun, Ladies, kita juga harus bijak dalam memilah apa yang bisa dibagikan kepada orang lain dan apa yang tidak. Bila masalah yang kita alami melibatkan pasangan, maka ada baiknya kita berusaha menyelesaikan masalah itu dengan pasangan terlebih dahulu dan tak usah mengumbarnya kepada publik.
Sebab, salah satu hal yang memperparah konflik perceraian Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun adalah terungkapnya detail masalah mereka kepada publik. Setelah Goo Hye Sun mengumumkan kabar perceraian mereka, kini sang aktris juga mengungkap berbagai detail lain.
Hal ini hanya memperparah persepsi publik dan tidak membantu pasangan tersebut menyelesaikan masalah mereka. Ditambah lagi, meski awalnya banyak orang yang memihak Goo Hye Sun, kini justru banyak yang bersimpati dengan Ahn Jae Hyun karena merasa Goo Hye Sun terlalu obsesif. Ini pun menambah masalah baru, yaitu berubahnya persepsi publik atau tercemarnya nama baik kedua selebriti itu.
ADVERTISEMENT
Dari sini kita bisa belajar bahwa bila memiliki masalah, selesaikan bersama pasangan dan tak usah mengumbarnya ke publik. Itu hanya akan menimbulkan masalah baru.
3. Jangan jadikan hubungan orang lain sebagai referensi
Ku Hye Sun Foto: Instagram/@kookoo900
Kita mungkin memiliki kecenderungan untuk membandingkan hubungan dengan orang lain. Apalagi, dengan kehidupan percintaan para selebriti yang seolah selalu tampak ideal.
Namun, sebenarnya, kita tidak perlu melakukannya. Kita tidak perlu merasa lebih inferior dibandingkan pasangan lain dan kita juga tidak perlu merasa lebih baik daripada mereka. Sebab, pada akhirnya, setiap pasangan pasti memiliki masalahnya masing-masing. Yang tersisa hanyalah bagaimana cara kita menyikapinya dengan sebaik mungkin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan