kumparan
14 Agu 2019 19:49 WIB

Femilift, Prosedur Peremajaan Vagina untuk Optimalkan Organ Kewanitaan

Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock
Pernahkah Anda mendengar istilah Peremajaan Vagina atau Vaginal Rejuvenation? Prosedur ini menjadi salah satu prosedur 'kecantikan' yang tengah populer di kalangan perempuan Indonesia. Ya, prosedur ini bisa mengoptimalkan fungsi vagina, juga mempercantik tampilannya.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki masalah otot vagina yang biasanya mengendur karena berbagai faktor. Tak hanya itu, Peremajaan Vagina juga bisa meningkatkan kehidupan seksual seseorang.
Peremajaan Vagina adalah perawatan di area kewanitaan meliputi vagina; baik itu rongga vagina, dinding vagina, seluruh otot, dan mukosa (lapisan kulit dalam) yang ada di vagina. Peremajaan Vagina ini bisa dilakukan secara optimal dengan sebuah perawatan bernama Femilift yang menggunakan teknologi laser Alma's CO2 Pixel.
Ilustrasi Vagina Foto: Shutterstock
"Seiring dengan berjalannya waktu, organ-organ tersebut mengalami perubahan bentuk dan fungsi akibat proses kehamilan, melahirkan, berat badan, gaya hidup, hormon, hingga menopause," papar dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp. OG dalam acara diskusi media bersama RS Pondok Indah - Puri Indah di Mister Sunday, Jakarta Selatan, Rabu (14/8).
ADVERTISEMENT
Prosedur untuk organ kewanitaan ini juga bisa diaplikasikan pada area eksternal vagina, seperti labia mayora, minora, klitoris, dan pubis. Peremajaan Vagina boleh dilakukan pada setiap perempuan yang sudah berhubungan seksual tanpa memandang usia, status penikahan, jumlah kehamilan, hingga cara melahirkan.
Satu yang perlu diketahui, Peremajaan Vagina dengan teknologi laser ini bersifat sementara atau tidak permanen. Dengan treatment sebanyak minimal tiga kali dalam satu bulan, prosedur ini harus diulang untuk 6-12 bulan ke depan.
Cara kerja
Prosedur laser Femilift ini adalah tindakan non-invasif atau tanpa bedah potong. Prosedur ini memberikan rangsangan rasa panas dan menginjuksi mukosa (lapisan kulit dalam) sehingga protein akan keluar, dan menimbulkan reaksi pertumbuhan kolagen baru. Hasilnya, area mukosa di dalam vagina pun akan kembali kenyal karena adanya collagen remodelling.
ADVERTISEMENT
"Jadi alatnya dimasukkan ke dalam vagina sampai batas tertentu, ditembakkan secara 360 derajat ke seluruh area dalam vagina dan bisa mengubah bentuknya menjadi lebih cantik," papar dokter yang akrab disapa dr. Yeni ini.
Ia menambahkan, prosedur ini aman, nyaman, singkat, tanpa komplikasi, dan tanpa masa down-time.
Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock
Manfaat Peremajaan Vagina
Peremajaan Vagina dapat mengatasi disfungsi seksual dan meningkatkan sensasi seorang perempuan saat berhubungan seksual. "Prosedur ini bisa meningkatkan kualitas orgasme dan mengembalikan sensasi seksual yang bagi sebagian perempuan terasa hilang," jelas dr. Yeni.
Selain untuk meningkatkan sensasi seksual, tampilan vagina pun terlihat lebih kencang dan cantik. Tak heran, peremajaan vagina ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seorang perempuan.
Ditambah lagi, peremajaan Vagina dengan teknologi Femilift ini bisa menyembuhkan kebocoran kandung kemih atau dengan istilah medis SUI (stress incontinence urine), kondisi saat seorang perempuan mudah 'ngompol' secara spontan.
ADVERTISEMENT
Persiapan sebelum prosedur
Meski bisa dilakukan kepada setiap perempuan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan prosedur Peremajaan Vagina ini. Salah satunya, tidak dianjurkan untuk perempuan yang sedang hamil. Selain itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk mengecek apakah pasien memiliki riwayat atau memiliki penyakit tertentu secara menyeluruh dengan mencari faktor risiko.
"Perlu diperhatikan dulu apakah pasien memiliki risiko kesehatan vagina, seperti infeksi serviks, penyakit HIV, herpes, dan lainnya. Jika ada, itu harus diobati terlebih dahulu. Jangan sampai dengan prosedur ini kita malah membuka luka baru yang bisa memperparah infeksi tersebut," tegasnya.
Keputihan pada vagina. Foto: Shutterstock
Sehingga, bisa disimpulkan bahwa treatment ini harus dilakukan pada perempuan yang memiliki organ kewanitaan sehat tanpa masalah. Meski demikian, prosedur bisa tetap dilakukan setelah menyelesaikan setiap masalah kesehatan yang ada.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, prosedur Peremajaan Vagina ini juga akan lebih efektif untuk perempuan yang tidak merokok. "Hasil treatment dari perempuan perokok dan tidak perokok ada perbedaan. Bisa dikatakan bahwa hasil akhirnya tidak akan terlalu maksimal bagi perempuan perokok," tambahnya.
Harga dan tempat
Tertarik melakukan prosedur Peremajaan Vagina dengan teknologi laser Alma's CO2 Pixel ini? Anda bisa mendapatkannya di RS Pondok Indah – Puri Indah, Jakarta Barat, dengan kisaran harga Rp 5 juta per sesi atau Rp 15 juta untuk tiga kali treatment.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan