Pencarian populer

Ini Manfaat Penting Meletakkan Tanaman dalam Ruangan

Manfaat tanaman dalam ruangan. Foto: Shutterstock
Ladies, kabar baik datang untuk Anda yang menyukai tanaman. Beberapa tahun belakangan ini, tanaman memang tengah menjadi tren dalam urusan dekorasi rumah. Jika biasanya hanya bunga saja yang diletakkan dalam satu ruangan, kini berbagai jenis tanaman hijau juga bisa menjadi opsi untuk mempercantik setiap ruangan dalam rumah Anda.
ADVERTISEMENT
Pemilihan tanaman sebagai salah satu dekorasi rumah ternyata bukan tanpa alasan. Sebuah studi baru menyatakan bahwa menambahkan tanaman di dalam rumah bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya.
Penelitian yang dilakukan oleh University of Melbourne dan RMIT University ini meninjau 101 penelitian lain yang serupa dan menemukan fakta bahwa meletakkan satu tanaman di sebuah ruangan kecil bisa meningkatkan kualitas udara sebanyak 25 persen. Sedangkan meletakkan dua tanaman dalam satu ruangan bisa memperbaiki kualitas udara hingga 75 persen dan meningkatkan kesejahteraan mental sebesar 45 persen. Penelitian tersebut menyebutkan semakin banyak tanaman dalam sebuah ruangan semakin baik.
Tanaman gantung bisa menjadi opsi dekorasi rumah. Foto: Shutterstock
“Manfaat dari tanaman terbagi menjadi dua kategori. Pertama adalah bisa membuat seseorang menjadi lebih produktif, lebih rileks, tidur malam menjadi lebih baik, dan bisa mengatasi segala permasalahan dalam hidup dengan lebih baik,” ungkap Dominique Hes, seorang pimpinan penelitian seperti dikutip dari Home Beautiful Australia.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Dominique juga menjelaskan bahwa efek baik tersebut disebabkan karena pada dasarnya otak dapat berevolusi di alam. Oleh karena itu, ketika manusia terhubung langsung dengan alam, maka otak menjadi lebih rileks, lebih kreatif, intuitif, dan mengalami berbagai efek positif lainnya.
“Manfaat kedua dari tanaman adalah dapat meningkatkan kualitas udara, mendetoks racun, partikel-partikel kecil, dan debu di udara,” lanjutnya.
Pilihan tanaman yang bisa diletakkan dalam setiap ruangan rumah. Foto: Shutterstock
Penelitian tersebut juga menemukan bahwa cara Anda meletakkan tanaman dalam ruangan juga bisa memiliki efek yang signifikan bagi kesehatan tubuh dan mental. Maka dari itu, mulai saat ini Anda bisa menjadikan tanaman sebagai opsi untuk mendekorasi rumah.
Tanaman yang dipilih bisa beragam, mulai dari tanaman gantung, kaktus, pohon bonsai, hingga bunga-bunga indah yang menjadi favorit Anda. Jika merasa bosan, Anda tak perlu mengganti tanamannya, tetapi ganti potnya saja. Agar lebih praktis lagi, Anda bisa sesekali menukar tanaman dari satu ruangan ke ruangan lain untuk mendapatkan suasana yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86