kumparan
8 Agu 2019 12:41 WIB

Lebih Peduli Isu Sampah Plastik Melalui Pameran #BijakBerplastik

Kelly Tandiono, President Director Danone-AQUA Corine Tap, dan Hamish Daud melengkapi instalasi daur ulang plastik Foto: AQUA-Danone
Sampah plastik menjadi masalah besar bagi bumi dan berefek negatif pada biota laut serta kehidupan manusia. Untuk itu, sebagai merek air minum kemasan paling terkemuka di Indonesia, Danone-AQUA menyelenggarakn pameran #BijakBerplastik di Atrium Mal Gandaria City, Jakarta Selatan mulai 7 hingga 11 Agustus 2019. Pameran ini merupakan hasil kolaborasi Danone-AQUA dengan sejumlah seniman, pelaku bisnis sosial, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli terhadap permasalahan sampah plastik di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dalam pameran #BijakBerplastik, kita akan diberikan edukasi seputar pengolahan sampah plastik menjadi barang yang menarik. Ketika plastik diolah menjadi sebuah aksesori, dekorasi, dan fashion justru jadi terlihat unik dan kreatif. Apalagi ketika melihat aneka karya seniman dari produk hasil daur ulang, plastik seakan menjadi bahan baku yang berharga.
Pameran yang berlangsung selama lima hari ini menampilkan instalasi berbahan dasar wadah plastik bekas dari hasil karya seniman di antaranya; Rebellionik, Ika Vantiani, Alfiah Rahdini, dan TAM ILLI. Lalu dihadirkan pula heySTARTIC dan Precious Plastic Indonesia yang merupakan bisnis sosial yang telah sukses mendaur ulang sampah plastik menjadi produk-produk bernilai, mulai dari dekorasi hingga fashion.
Hiasan dekorasi dari bahan plastik bekas Foto: Irish Tamzil
Selain menampilkan karya-karya seniman dan bisnis sosial yang mendaur ulang sampah plastik, AQUA juga menceritakan perjalanan panjangnya yang berdiri sejak 1973.
ADVERTISEMENT
“Edukasi itu sangat penting, AQUA tidak hanya memenuhi hidrasi tapi juga ingin memberikan edukasi daur ulang sampah plastik pada masyarakat untuk Indonesia yang lebih bersih,” ucap Marketing Manager AQUA-Danone Jeffri Ricardo, saat Konferensi Pers Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih, AQUA, di Atrium Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (7/8).
Selain melihat keunikan daur ulang plastik dan perjalanan AQUA selama 46 tahun ini, pengunjung juga disuguhkan instalasi unik yang dibangun dari botol plastik bekas. Instalasi berbentuk terowongan ini dijadikan pula sebagai spot foto pengunjung. Instalasi ini mengundang partisipasi pengunjung dengan memasukan botol plastik bekas di bagian yang masih berlubang.
President Director Danone-AQUA Corine Tap dan Brand Partner Danone-AQUA Hamish Daud turut mencoba alat pencacah plastik dalam Pameran #BijakBerplastik. Foto: Danone-AQUA
Pameran edukasi ini juga menggandeng pecinta lingkungan dan aktris Hamish Daud dan Kelly Tandiano. Hamish mengungkapkan bahwa ia sangat ingin mengajak masyarakat untuk sadar dalam pemakaian sampah plastik, mendaur ulang plastik bekas agar tidak semakin menumpuk karena plastik membutuhkan waktu urai selama puluhan hingga ribuan tahun.
ADVERTISEMENT
“Kita semua harus gotong royong dan komitmen mengumpulkan plastik untuk didaur ulang. Ini menjadi gerakan positif untuk kita dan bumi,” jelas Hamish,
Tertarik untuk datang, Ladies? Selain melihat karya daur ulang plastik, kita juga bisa mengikuti Makerspace Class untuk berkreasi membuat barang dari botol plastik bekas. Pameran #BijakBerplastik ini berlangsung di Atrium Mal Gandari City hingga Minggu, 11 Agustus ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·