Pencarian populer

Mengenal 5 Jenis Yoga Kekinian yang Perlu Anda Coba

Ilustrasi yoga. Foto: Thinkstock
Yoga alias latihan olah tubuh, napas, dan meditasi sudah menjadi suatu gaya hidup yang akrab dengan masyarakat urban masa kini.
ADVERTISEMENT
Dengan melakukan yoga, dipercaya dapat membuat kondisi tubuh lebih seimbang dan membuat pikiran lebih tenang serta terhindar dari stres. Sayangnya olahraga yang mengusung ketenangan jiwa dan raga ini sering dianggap membosankan karena hanya terbatas di suatu ruangan dengan gerakan yang begitu sederhana.
Nah bagi Anda yang ingin mencoba sensasi yoga yang sedikit berbeda dan eksperimental. kumparanWoman pun telah merangkum lima pilihan tren yoga terbaru yang dapat Anda coba. Apa saja?
1. Acroyoga
Acroyoga Foto: dok.Shutterstock
Acroyoga merupakan jenis yoga yang terdiri dari beberapa gerakan akrobat seperti jungkir balik, terbang dan lain-lain. Selain berfungsi untuk menyehatkan tubuh, acroyoga juga bermanfaat untuk pembentukan tulang belakang menjadi lebih tegak.
Acroyoga sendiri biasanya dilakukan oleh dua orang dan dalam melakukan acroyoga orang yang berada di bawah disebut sebagai pondasi atau base dan yang di atas disebut dengan flyer. Untuk orang yang ingin melakukan acroyoga diwajibkan terlebih dahulu untuk latihan yoga selama empat minggu. Karena yoga yang satu ini membutuhkan kelenturan, konsentrasi, serta kekuatan ekstra dibandingkan yoga biasa.
ADVERTISEMENT
2. Floating yoga
ilustrasi floating yoga Foto: dok.Shutterstock
Ingin melakukan yoga yang cukup menantang? Anda bisa mencoba floating yoga, yakni jenis yoga dengan prinsip utama melawan gravitasi. Saat melakukan floating yoga, Anda akan menggunakan alat bantu yang dikenal dengan istilah swing, yakni alat yang terbuat dari kain lembut dan menggantung pada langit-langit dan siap menopang tubuh Anda.
Nah bagi Anda yang ingin memperbaiki postur tulang belakang, floating yoga dapat menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, gerakan floating yoga pada umumnya adalah membungkukkan dan meregangkan tubuh. Untuk hasil terbaik, Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan berat setidaknya selama dua jam sebelum sesi latihan.
3. Aqua yoga
ilustrasi floating yoga Foto: dok.Shutterstock
Jenis yoga yang satu ini sebenarnya merupakan bentuk variasi dari latihan acroyoga namun dilakukan dalam air.
ADVERTISEMENT
Aqua yoga sendiri berfungsi untuk melatih pernafasan. Sehingga cocok buat mereka yang nafasnya kurang panjang, karena tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas oksigen di dalam tubuh.
Dari segi gerakan, aqua yoga memiliki gerakan yang serupa dengan yoga yang ada di darat hanya mediumnya saja yang berbeda yakni di dalam air. Namun yang menjadi tantangan dari yoga jenis ini adalah bagaimana melakukan pernafasan dengan benar di dalam air serta bagaimana memberatkan tubuh agar bisa menapak ke dasar kolam.
4. Goat yoga
Suasana kelas yoga bersama kambing di Golden Road Pub, Los Angeles, California. Foto: AFP/MARK RALSTON
Pada dasarnya yoga yang satu ini tidak memiliki gerakan yang jauh berbeda dengan yoga yang biasa dilakukan pada umumnya. Yang membuatnya berbeda adalah adanya sensasi hadirnya kambing-kambing yang berkeliaran di sekitar Anda saat melakukan yoga, bahkan turut serta melakukan beberapa gerakan. Dalam hal ini kambing bisa diperlakukan sebagai 'pasangan' yoga Anda.
ADVERTISEMENT
Olahraga yang sempat dicoba oleh bintang Dark Phoenix, Sophie Turner ini pun dapat membantu menghilangkan stres, membuat pikiran lebih santai, dan menjadi lebih bahagia. Melansir Guardian, interaksi dengan hewan sendiri dapat membantu manusia melepaskan hormon kortisol yang ada dalam tubuh. Hormon inilah yang memicu rasa bahagia saat melakukan goat yoga.
5. Rage yoga
Ilustrasi yoga. Foto: Shutterstock
Jika Anda berlatih yoga tapi masih belum merasakan kedamaian batin, Anda bisa mencoba rage yoga alias yoga kemarahan. Yoga yang satu ini mencoba mendobrak stereotip bahwa yoga adalah olahraga ketenangan yang membosankan.
Di sini Anda akan ditawarkan cara lain dalam menemukan ketenangan dengan melepaskan emosi Anda melalui sumpah serapah, berteriak, minum alkohol dan lain-lain. Tren yang awal mulanya berkembang di Alberta, Kanada, ini kemudian menyebar ke tempat lain. Bahkan saat ini kelas rage yoga juga menyediakan kelas daring yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mencoba sensasi yoga yang tidak biasa.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80