Pencarian populer

My Beauty Routine: Puteri Indonesia 2002 & Presenter Melanie Putria

Melanie Putria Foto: Dok. Melanie Putria
Puteri Indonesia 2002 Melanie Putria memiliki perawatan kecantikan yang sederhana. Untuk menjaga kesehatan kulitnya, perempuan yang kini berprofesi sebagai presenter itu berlangganan dengan dokter kulit sejak usia 19 tahun. Sejak saat itu Melanie tidak banyak mencoba skin care karena khawatir akan membuat wajahnya yang sensitif muncul banyak jerawat.
ADVERTISEMENT
Perempuan yang hobi olahraga lari ini yakin, dengan rutin berolahraga, ia dapat mengeluarkan toksin dalam tubuh yang membuat kulit kusam. Meski demikian, menggemari olahraga lari dan beraktivitas outdoor menjadi tantangan tersendiri baginya untuk menjaga kulit dari efek buruk sinar matahari dan polusi. Karena itulah, ia tidak pernah melupakan sunblock sebagai pelindung kulitnya.
Selain itu, pekerjaannya sebagai pembawa acara menuntutnya untuk tampil segar dengan makeup yang flawless. Demi memenuhi tuntutan karier, perempuan 37 tahun ini memilih base makeup yang membuat kulitnya terlihat flawless ketika menggunakan makeup.
Jadi, apa saja perawatan kecantikan Puteri Indonesia 2002 yang hobi olahraga ini? Kepada kumparanWOMAN Melanie mengungkapkan skin care, makeup, dan produk favorit perawatan kecantikannya. Simak ceritanya dalam My Beauty Routine berikut ini:
ADVERTISEMENT
Rutinitas pagi hari
Biasanya kalau pagi hari itu saya langsung olahraga lari. Menurut saya, kulit yang tidak sehat itu karena banyak sel kulit mati. Ketika berolahraga, kita berkeringat dan pori-pori terbuka sehingga mengeluarkan toksin, selain itu kita juga terpapar vitamin D dari matahari. Jadi menurut saya, itu bisa membuat kulit bersih.
Kulit saya itu sensitif jadi saya tidak berani mencoba berbagai skin care yang sedang tren. Saya selalu memakai krim pagi dari dr. Titi Moertolo SpKK, sejak saya berusia 19 tahun. Sebelum berolahraga, untuk menjaga kulit dari efek buruk matahari, saya pakai pelembap dari dokter dan sunblock Shiseido Anessa Perfect Sunscreen Skincare Milk SPF 50+ PA++++.
Shiseido Anessa Perfect Sunscreen Skincare Milk SPF 50+ PA++++. Foto: tc_infinity
Setelah selesai olahraga, saya bersihkan wajah lagi dengan cleansing milk dan sabun wajah dari dokter. Karena kan saya olahraga di luar ruangan, wajah jadi terkena polusi dan debu. Supaya kulit tidak bermasalah saya selalu rajin bersihkan wajah.
ADVERTISEMENT
Rutinitas malam
Perawatan kulit di malam hari hampir sama, saya bersihkan wajah dengan cleansing milk. Kalau habis memakai makeup, untuk menghapus makeup waterproof seperti maskara dan lipstik itu saya menggunakan L’oreal Gentle Lip and Eye Makeup Remover for Waterproof Makeup. Habis itu bersihkan lagi dengan sabun wajah dan pakai krim malam dari dokter.
L’oreal Gentle Lip and Eye makeup remover for waterproof makeup Foto: L'oreal
Saya tidak pernah lupa memakai krim malam, penting sekali untuk menjaga kesehatan kulit saat tidur usai beraktivitas di luar ruangan dan memakai makeup.
Rutinitas memakai masker
Saya suka sekali maskeran, rutin satu kali dalam satu minggu. Biasanya saya pakai sheet mask karena praktis. Saya pakai masker sheet mask dari The Saem Pure Natural Snail atau masker yang dari Jepang itu Queen’s Premium Mask. Terkadang kalau habis Car Free Day seharian, sampai rumah saya bersihkan wajah lalu pakai masker itu, supaya rileks.
Perawatan masker Melanie Putria Foto: The Saem & Queen's Premium Mask
Mengatasi jerawat
ADVERTISEMENT
Kebetulan dokter kulit yang saya percayakan tidak mempunyai obat totol jerawat. Jadi kalau sedang timbul jerawat saya pakai Acne Treatment Kate Somerville by Eradi Kate. Kalau dulu, saya bermasalah dengan jerawat itu pada usia 19 tahun, karena saya suka pencet jerawat dan akhirnya jadi semakin parah. Obat jerawat di pasaran sudah tidak mempan lagi, akhirnya saya ke dr. Titi Moertolo SpKK dan masih perawatan dengan beliau sampai sekarang.
Acne Treatment Kate Somerville by Eradi Kate. Foto: Kate Somerville
Perawatan tubuh
Perawatan tubuh saya sederhana juga, seminggu sekali atau habis seharian olahraga di luar ruangan saya scrub tubuh dengan Shinzu’i Skin Lightening Body Scrub, yang penting kulit matinya terangkat. Sunblock untuk tubuh saya pakai apa saja, Vaseline Healthy Sunblock SPF 30 pun saya pakai. Sebenarnya saya suka juga dengan body lotion dan sabun yang wangi dari Bath & Body Works dengan varian Happy Vibes.
Perawatan tubuh Melanie Putria Foto: Bath and Body Works & Vaseline
Perawatan rambut berwarna
ADVERTISEMENT
Rambut saya yang diwarnai ini harus dirawat ekstra agar tidak kering. Saya pakai sampo dan kondisioner Shiseido The Haircare Luminogenic Colored Hair, dan hair tonic dari Rudi Hadisuwarno Ginseng plus Phytantriol ini wanginya enak sekali, tidak keras seperti toner ginseng pada umumnya. Untuk sehari-hari supaya rambut tetap lembap, saya pakai Pantene Perfec+on yang selalu saya bawa kemana-mana.
Perawatan rambut Melanie Putria Foto: Shiseido, Pantene, Rudy Hadisuwarno
Menjaga kecantikan kuku
Saya selalu rutin manikur dan pedikur, kalau melihat kuku sudah ‘berantakan’ saja sebal. Namun saya tidak ada salon khusus untuk perawatan. Biasanya saya pakai gel polish supaya awet, tapi tidak pakai nail art, cukup cat kuku biasa saja yang penting terlihat bersih.
Makeup favorit
Mac Prep + Primer Skin Base Visage itu bisa bikin muka jadi glowing dan shimmery. Satu lagi andalan saya YSL Top Secret Ultra Moisture Glow, kalau ini membuat wajah jadi lebih poreless dan lebih halus.
Base makeup favorit Mac & YSL Foto: Mac & YSL
Lipstik favorit
ADVERTISEMENT
Saya itu punya lipstik banyak sekali, warnanya bisa mirip-mirip tapi dari berbagai brand. Tapi sekarang ini saya lagi suka Anastasia Beverly Hills Matte Lipstick - Kiss, ini saya sudah beli tiga kali. Suka sekali.
Anastasia Beverly Hills Matte Lipstick - Kiss Foto: Anastasia Beverly Hills
Parfum favorit
Favorit saya Chloé Eau De Parfum, tidak bisa pindah ke lain hati. Karena saya sering pusing kalau mencium wangi parfum sendiri, kalau yang ini saya tidak pusing memakainya.
Chloé Eau De Parfum Foto: Chloe
Produk yang tidak bisa ditinggalkan
Shading dari Make Up For Ever, saya pakai di bagian tulang pipi dengan brush lalu di cuping hidung. Satu lagi hand sanitizer, kalau tidak ada itu saya merasa ada yang kurang. Saya suka hand sanitizer dari Bath & Body Works, terkadang stok sampai 10 buah karena di Indonesia sering kehabisan. Saya lebih suka yang aroma Japanesse Cherry Blossom atau yang ada aroma coconut.
Japanese Cherry Blossom Bath & Body Works Foto: Bath & Body Works
Produk yang membuat obsesi
Detox Dry Shampoo dari Drybar Foto: Bright on
Detox Dry Shampoo dari Drybar itu wanginya juga enak dan rambut benar-benar seperti habis keramas setelah memakai itu. Lalu sabun mandi yang wangi seperti Bath & Body Works.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86